ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Makna Kata/Kalimat pada Teks





Materi Persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP MTs Tahun 2020
Materi Persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP MTs Tahun 2020

A.  Menentukan Makna Kata/Kalimat pada Teks
Ringkasan Materi
Makna adalah arti atau maksud yang tersimpul dari suatu kata. Jadi makna kata dengan bendanya saling bertautan dan saling menyatu (Tjiptadi, 1984:19). Ada kata yang maknanya bisa kita pahami secara lugas, tetapi ada juga kata yang maknanya kiasan. Makna kata lugas bisa kita temukan pada kamus dengan membaca memindai, tetapi makna kiasan pemaknaannya harus didasarkan pada konteks kalimat secara keseluruhan.
Contoh :
1.   Beberapa kursi yang berada di deretan  paling depan belum diduduki oleh tamu.
2.   Saat Agresi Militer II Belanda, Ibu kota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta karena Jakarta telah diduduki oleh tentara Belanda.




Kata diduduki  pada kalimat (1) bermakna ditempati, sedangkan diduduki  pada kalimat (2) bermakna direbut. Kata diduduki pada kalimat pertama bermakna lugas, sedangkan kata diduduki pada kalimat kedua bermakna kias.

Contoh Soal
1. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut!
Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah liberalisasi perdagangan yang dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing.
Makna kata globalisasi  dan liberalisasi  perdagangan yang tepat pada kutipan teks tresebut adalah ...
A.    persaingan bebas negara-negara di dunia; kebebasan menjual produk-produk ke negara-negara di seluruh dunia.
B.     proses masuknya ke ruang lingkup dunia, konsep ekonomi yang mengacu pada berlangsungnya penjualan produk antarnegara tanpa dikenai pajak.
C.     Perubahan  kemajuan  negara-negara  di  dunia,  sistem  perdagangan  bebas antarnegara tanpa dikenai pajak.
D.    Pertukaran  kebudayaan  asing  antarnegara,  perdagangan  antarnegara  yang tidak dikenai biaya ekspor maupun impor.

Pembahasan:
Menurut KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia), makna globalisasi adalah proses
masuknya ke rung lingkup dunia dan makna liberalisasi adalah   konsep ekonomi yang mengacu kepada berlangsungnya penjualan produk antarnegara tanpa dikenai pajak. Jawaban: B

2. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut!
Kabut asap yang melayan- layang di udara menyebabkan iritasi pada hidung, kulit, dan mata. Partikel-partikel asap yang terbawa oleh angin tersebut akan mengenai tubuh secara langsung, akibatnya mata menjadi perih, kulit menjadi gatal, dan hidung menjadi berlendir. Dalam  kondisi seperti ini, iritasi   akan semakin parah dan menimbulkan peradangan.
Makna kata iritasi dan kondisi pada teks tersebut adalah ... .
A. situasi,  keadaan
B. luka, dan gangguan
C. gangguan, keadaan
D. mengelupas, situasi

Pembahasan:
Menuruta  KBBI,  istilah  iritasi  mempunyai  arti  kejengkelan,  gangguan,  dan perangsangan. Sesuai dengan konteks kalimat tersebut iritasi   mempunyai arti gangguan.  Kabut asap yang melayan- layang di udara menyebabkan gangguan   pada hidung,  kulit,  dan  mata.  Menurut  KBBI,  istilah  konidisi  mempunyai  arti keadaan.  Jawaban: C

3. Cermatilah teks eksposisi berikut!
Dampak dari penyalahgunaan narkoba tidak hanya mengancam kelangsungan hidup dan masa depan penyalahgunanya saja, tetapi juga masa depan bangsa dan negara, tanpa membedakan strata sosial, ekonomi, usia maupun tingkat pendidikan. Sampai saat ini tingkat peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai level, tidak hanya pada daerah perkotaan saja melainkan sudah menyentuh komunitas pedesaan.

Makna kata dampak dan level pada teks tersebut adalah ...
A.    penyebab terjadinya sesuatu, daerah
B.     yang mendatangkan akibat, sebagian
C.     pengaruh negatif yang sangat menganggu, bagian
D.    pengaruh kuat yang mendatangkan akibat, tingkatan

Pembahasan:



Menurut   KBBI,   istilah   dampak   mempunyai   arti   pengaruh   kuat   yang mendatangkan akibat. Menurut KBBI, istilah level mempunyai arti tingkatan, tataran, atau lapisan. Sampai saat ini tingkat peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai   tingkatan, tidak hanya pada daerah perkotaan saja melainkan sudah menyentuh komunitas pedesaan. Jawaban: D

Latihan Soal
1. Cermatilah teks deskripsi  berikut!
Perahu kajang merupakan transportasi tradisional dan sekaligus menjadi rumah pada masa lampau bagi masyarakat di sekitar Sungai Musi. Alat transportasi tradisional ini berkembang pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Perahu ini berasal dari daerah Kayu Agung di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Menurut keterangan penduduk sejak tahun 1980-an   perahu kajang tidak digunakan lagi seiring dengan merosotnya pemasaran tembikar Kayu Agung ke daerah-daerah lain.
Makna kata transportasi dan tembikar pada teks tersebut adalah ...
A. Pengangkut barang zaman dahulu, barang pecah belah yang bahannya dari kaca
B. Alat pengangkutan barang, barang dari tanah liat yang dibakar dan berlapis gilap
C. Kendaraan umum, alat rumah tangga yang bahannya berasal dari semen
D. Penghubung daerah,  alat rumah tangga yang bahannya berasal dari tanah yang dibakar.

2. Cermatilah  kutipan teks prosedur berikut!
Budidaya  lengkeng yang baik adalah yang berasal dari perbanyakan vegetatif, yaitu  sambung  pucuk,  cangkok,  okulasi,  dan  stek.  Di  antara  perbanyakan vegetatif tersebut, sambung pucuk dan okulasi mempunyai kelebihan perakaran yang lebih kuat dibanding cangkok atau stek karena batang bawahnya dari biji. Makna kata budidaya pada teks tersebut adalah ....
A. usaha yang bermanfaat
B. usaha untuk mengembangkan tanaman
C. cara memperoleh hasil yang banyak
D. cara menanam lengkeng yang baik

3. Cermatilah kutipan  teks diskusi berikut!
Sebagian masyarakat beranggapan bahwa perkembangan teknologi saat ini dapat membantu dan mempermudah segala aktivitasnya. Mereka tidak perlu lagi berjalan  kaki  terlalu  lama  untuk  sampai ke tujuan karena perkembangan teknologi bidang transportasi. Mereka bisa berkomunikasi dengan seseorang yang posisinya jauh dari mereka karena perkembangan tekonologi bidang transportasi.
Makna kata aktivitas dan teknologi pada teks tersebut adalah ....
A. pekerjaan, kemajuan ilmu pengetahuan
B. urusan, ilmu teknik
C. kegiatan, kemajuan zaman
D. kegiatan, ilmu pengetahuan terapan

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent