ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEMBACA NONSASTRA: Mengomentari isi teks






MEMBACA NONSASTRA: Mengomentari isi teks

K. Mengomentari isi teks
Ringkasan Materi
Mengomentari  adalah  memberikan  ulasan  atau  tanggapan  atas  teks  yang dibacanya (untuk menerangkan atau menjelaskan isinya). Isi komentar dapat berupa tanggapan, sanggahan, pendapat, pertanyaan, penolakan, dan persetujuan. Isi komentar dipandang tepat apabila sesuai dengan isi teks. Komentar atau tanggapan adalah sambutan terhadap peristiwa, masalah, ucapan, pendapat, atau gagasan yang berupa kritik. Tanggapan dapat berupa pernyataan setuju,tidak setuju, suka, tidak suka, atau menambahkan pendapat.
Tanggapan yang dikeluarkan harus bersifat objektif dan disertai alasaan logis. Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan ketika kita mengemukakan tanggapan. Cara mengemukakan tanggapan sebagai berikut :
1.   1.   Tanggapan   berhubungan   atau  sesuai   dengan   peristiwa,   masalah,  ucapan, pendapat, atau gagasan yang sedang dibicarakan.
2.   Tanggapan  dapat  mempercepat  pemahaman  masalah,  penemuan  sebab,  dan pemecahan masalah.
3.   Tanggapan tidak mengulangi pendapat yang pernah disampaikan peserta lain.
4.   Tanggapan disampaikan dengan kata dan kalimat tepat.
5.   Tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka dan sopan.

Contoh Soal
Bacalah teks berikut!
Rencana pembangunan megaproyek jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatra diharapkan tidak sampai menelantarkan ekosistem hutan yang ada di sekitar lokasi pembangunan. Pembangunan jembatan tersebut kemungkinan besar akan mengonversi lahan pertanian di Banten serta berpotensi pada pembabatan hutan dan perusakan lingkungan di Sumatra. Hendaknya pemerintah mengadakan  kesepakatan  kerjasama  secara  terbuka  dengan  masyarakat  untuk tidak merusak hutan, mempertahankan lahan pertanian, dan memperhatikan industri maritim.
Tanggapan logis terhadap isi paragraf tersebut adalah…
A.    Sudah hal biasa jika ada pembangunan yang menyangkut kepentingan umum
B.     Wajarlah jika ekosistem yang ada di dalam hutan akan rusak akibat proyek pembangunan jembatan.
C.     Kesepakatan antara masyarakat dan pemerintah tidak perlu diadakan karena walaupun ada kesepakatan pasti dilanggar.
D.    Pembangunan jembatan penghubung hendaknya memerhatikan kelestarian dan keberadaan lingkungan sekitar.

Pembahasan:
Isi paragraf tersebut adalah   tidak  menelantarkan ekosistim hutan dalam pembangunan megaproyek jembatan. Dengan demikian, komentar yang sesuai dengan isi adalah Pembangunan jembatan penghubung hendaknya memerhatikan kelestarian dan keberadaan lingkungan sekitar. Opsi lain bukan komentar yang sesuai dengan isi paragraf.
Jawaban: D

Latihan Soal
1.    Cermatilah teks tanggapan kritis berikut!
Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) jilid dua, wacana pembelian pesawat presiden kembali muncul. Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp114 miliar per tahun.Sekretaris Negara mengklaim bahwa jauh lebih murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri daripada menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia seperti selama ini dilakukan. Sistem carter ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan, biaya terus meningkat. Pada tahun 2006  misalnya,  anggaran  lawatan  dinas  Presiden  Rp75  miliar,  tahun  2007 melonjak menjadi Rp175 miliar, dan tahun 2009 naik lagi ke angka Rp180 miliar.

Alasan berikutnya jelas, Indonesia adalah negara kepulauan yang mau tidak mau Presiden harus memiliki pesawat sendiri. Tidak mungkin Presiden menggunakan pesawat komersial karena jadwalnya sangat terbatas. Pandangan bahwa memiliki pesawat kepresidenan bukan merupakan prioritas juga dapat dibantah karena saat ini perekonomian Indonesia sudah stabil. Pertumbuhan cukup baik sehingga operasional dapat ditutupi. Pembelian pesawat kepresidenan juga bukan hal yang menghilangkan kepekaan terhadap rakyat.
Tanggapan logis  teks tersebut adalah ....
A.    Dua  paragraf  belum  padu  dengan  ditandai   penggunaan   hubungan antarparagraf.
B.     Dua   paragraf   sudah  padu   dengan ditandai  penggunaan   hubungan antarparagraf.
C.     Dua  paragraf  belum  padu  dengan  tidak  terdapat  penggunaan  hubungan antarparagraf..
D.    Dua  paragraf  sudah  padu  dengan  tidak  ditandai  penggunaan  hubungan antarparagraf.

2.    Bacalah teks berikut!      
            Pemerintah RI melalui Kementerian Sosial menaikkan dana bagi kesejahteraan keluarga Pahlawan Nasional  yang semula Rp22,5 juta menjadi Rp50 juta per keluarga setiap tahunnya. Dana tersebut diberikan kepada perwakilan keluarga Pahlawan Nasional hingga generasi kedua melalui program tali asih. Ia juga mengatakan setiap keluarga Pahlawan Nasional juga akan memperoleh jaminan kesehatan melalui program yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. (antaranews.com)
Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah....           
A.    Keluarga  pahlawan  sudah  lama  menantikan  perhatian  pemerintah  terhadap jasa-jasa pahlawan nasional.
B.     Jaminan kesehatan merupakan hak warga negara, tidak terkecuali keluarga para pahlawan nasional.
C.     Sebaiknya  pemerintah  mengajukan  permohonan  dana  tambahan  tunjangan pahlawan nasional kepada DPR karena program ini membutuhkan biaya besar.
D.    Sebaiknya  program  ini  dilanjutkan  karena  merupakan  bukti  perhatian pemerintah terhadap jasa-jasa pahlawan nasional.   
                       
3.    Cermatilah teks berikut!  
            Menurut Anton J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi Persepatuan Indonesia), pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepada para pengusahanya untuk melakukan  ekspansi  bisnis  dan  investasi.  Para  pengusaha  dan  asosiasi  di Indonesia justru sibuk menyikapi kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...
A.    Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina agar perekonomian Indonesia meningkat.
B.     Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan dukungan kuat kepada pemerintah Indonesia.
C.     Sebaiknya, pemerintah Indonesia tidak perlu mencontoh kebijakan pemerintahCina.
D.    Sebaiknya,  para  pengusaha  Indonesia datang  ke  Cina  untuk  mencari modalnya.




4.    Bacalah teks berikut!
Setiap orang mempunyai standar kebahagiaan masing-masing. Mungkin hari ini yang membuatnya bahagia adalah ketika bisa menyelesaikan tugas lebih cepat dari biasanya. Akan tetapi,  di kesempatan lain, kebahagian bisa diperoleh saat mendapatkan tantangan baru yang menjanjikan prestasi lebih baik. Jauh di seberang sana, mereka yang hidup sederhana sudah merasa bahagia luar biasa ketika mendapatkan sepiring nasi dan lauk, meskipun belum ada jaminan esok hari bakal mendapat makan layak.
Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah …
A.    Kebahagiaan boleh jadi menjadi milik semua orang.
B.     Bahagia bukan milik orang kaya dan orang yang kuasa.
C.     Kebahagiaan terletak pada cara menyikapi kenyataan hidup.
D.    Orang yang iri kepada orang lain cenderung tidak berbahagia.

5.    Bacalah teks berikut!
Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama kesalahan para pemudik biasa kurang sabar. Mereka sering mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk  juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalu jauh akan mengakibatkan sopir lelah sehingga cenderung terjadi  tabrakan dengan kendaraan lain.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
A.    Jarak terlalu jauh mengakibatkan pengemudi kurang sabar.
B.     Bila sopir berhati-hati, kecelakaan tidak mungkin terjadi.
C.     Para pengemudi biasanya mengebut dan mendahului.
D.    Banyak  faktor penyebab kecelakaan  di jalan raya.

6.    Bacalah laporan berikut dengan cermat!
Disebut Ketep Pass karena terletak di sebuah bukit di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Ketep Pass terletak di antara  Gunung  Merapi  dan  Merbabu,  tepatnya  di  sebelah  barat  daya  lereng Gunung Merbabu pada ketinggian  1.200 m. Lokasinya yang berada di antara kedua gunung itu menjadi makin strategis karena  dari  tempat  itu  kita  dapat  menikmati  pemandangan  alam  yang  indah. Orang  bisa  menyaksikan  puncak  Gunung  Merapi  dan  Merbabu,  kedahsyatan aliran  lahar  yang  meleleh  dari  puncak  Merapi.  Udara  yang  sejuk  menambah nikmat pandangan mata saat menyaksikan hamparan hutan yang menghijau di sekitarnya.
Tanggapan yang tepat untuk laporan tersebut adalah…
A.    Ketep Pass memiliki keunikan sehingga saya merekomendasikan sebagai tempat tujuan wisata.
B.     Ketep Pass sebagai salah satu tujuan wisata sebaiknya tetap dijaga kelestarian lingkungannya.
C.     Ketep Pass sangat menarik untuk dikunjungi karena udara sejuk dan pemandangan memesona
D.    Ketep Pass sebagai tempat menyaksikan puncak Gunung Merapi dan Merbabu.

7.    Bacalah teks berikut!
Sebaiknya, kita sebagai orang tua mengawasi atau memantau penggunaan ponsel pintar yang dipakai oleh anak-anak di bawah umur. Hal ini dimaksudkan agar tidak   terjadi hal-hal yang berdampak negatif pada mereka.  Penggunaan telepon genggam tersebut justru harus dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak dibawah umur.
Tanggapan tentang isi teks tersebut   adalah ....
A.    Diperlukan  perhatian khusus orang tua  terhadap  penggunaan ponsel pintar pada anak di bawah umur.
B.     Kecerdasan anak  tergantung pada sering tidaknya menggunakan ponsel pintar.
C.     Penggunaan ponsel pintar berpengaruh buruk pada perkembangan anak.
D.    Penggunaan ponsel pintar membuka cakrawala dunia anak-anak.

8.    Bacalah teks berikut!
Sakura atau cherry blossom merupakan bunga nasional Jepang. Bunga ini terdiri atas ratusan jenis. Periode berbunganya singkat, satu hingga dua minggu. Bunga sakura berbunga pada musim semi antara bulan Maret sampai Mei.
Di Jepang dikenal kiasan „tujuh hari bunga sakura‟. Artinya sakura mulai mekar lalu layu kembali dalam tujuh hari. Jika dihitung sejak bunga pertama mekar hingga bunga terakhir layu membutuhkan waktu setengah bulan.
Tanggapan  terhadap isi teks tersebut adalah ….
A.    Sakura bunga dari Jepang yang mekar hanya pada musim semi antara bulan Maret sampai Mei.
B.     Sakura, bunga khas Jepang, mempunyai aneka ragam yang mekar pada musim tertentu.
C.     Sakura  merupakan  bunga nasional Jepang mempunyai waktu mekar selama tujuh hari.
D.    Sakura atau cherry blossom merupakan bunga nasional Jepang.

9.    Cermati paragraf berikut!
Saat ini banyak kaum wanita ingin cantik. Sebagian dari mereka menggunakan kosmetik yang dengan cepat menjadikan mereka cantik meskipun mengandung bahan berbahaya. Kosmetik tersebut mudah didapat di pasar dengan harga murah. Mereka  tidak  menyadari  bahwa  penggunaan  kosmetik  jenis  ini  dalam  jangka waktu lama akan menyebabkan iritasi kulit dan kanker kulit.
Tanggapan positif yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A.    Wanita yang ingin cantik harus rajin membeli kosmetik.
B.     Produk kosmetik mahal banyak ditemukan di pasar dan salon kecantikan.
C.     Seharusnya kita memakai kosmetik yang mahal sesuai dengan pesan iklan.
D.    Sebaiknya pemerintah menarik peredaran kosmetik murah yang mengandung zat berbahaya.

10.  Bacalah paragraf berikut!
Tubuh sangat memerlukan air. Tidak ada yang mendebat hal itu. Tetapi wajib diketahui, tidak semua air minum memenuhi syarat kesehatan yang dibutuhkan tubuh. Persoalan tersebut di bahas dalam seminar “Peran Vital Air Minum bagi Tubuh” di RS Penyakit Tropik Infeksi (RSPTI) Universitas Airlangga, Surabaya.
Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah…
A.    Masyarakat menggunakan beberapa sumber air untuk dikonsumsi.
B.     Dalam proses produksi air minum diperlukan persyarat berstandar  kesehatan.
C.     Masyarakat  belum  cermat  dalam  memilih  air  kemasan  karena tidak  semua air  memenuhi kesehatan.
D.    Pemerintah  bekerja sama dengan  perusahaan  asing untuk  memproduksi  air minum.

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent