ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEMBACA NONSASTRA: Meringkas Isi Teks





MEMBACA NONSASTRA: Meringkas Isi Teks

G. Meringkas Isi Teks
Ringkasan Materi
Meringkas adalah memperpendek tulisan atau teks dengan tetap mempertahankan tulisan asli dari pengarang. Ciri-ciri ringkasan yaitu tidak meninggalkan urutan dasar karangan, kerangka dasar masih tampak jelas, memangkas gagasan utama menjadi lebih ringkas.
Cara meringkas isi teks :
1) Baca keseluruhan teks!
2) Catat gagasan utama tiap paragraf!
3) Susun atau gabungkan gagasan-gagasan itu menjadi kalimat baru!

Contoh soal:
1. Cermatilah kutipan teks berikut!
Anoa merupakan hewan khas Indonesia. Satwa ini berasal dari Sulawesi. Terdapat dua jenis spesies anoa, yaitu anoa pegunungan (Nubalus quarlesi) dan anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis). Habitat anoa yaitu hutan tropika dataran atau savana. Savana merupakan hamparan padang rumput yang luas. Di savana juga terdapat pohon-pohon yang letaknya saling berjauhan.
Ringkasan teks tersebut adalah …
A. Anoa merupakan  hewan khas Indonesia yang tinggal di hutan savana.
B. Anoa berasal dari Sulawesi dan tinggal di dataran rumput.
C. Anoa dataran tinggal di Sulawesi di dekat pohon-pohon di savana.
D. Habitat anoa di dataran rumput dan dibedakan menjadi dua.

Pembahasan:
Ringkasan merupakan perangkaian gagasan pokok dengan tetap mempertahankan urutan dan sudut pandang penulis . Gagasan pokok paragraf pertama adalah anoa merupakan hewan khas Indonesia, gagasan pokok paragraf kedua adalah habitat anoa yaitu di hutan savana.
Jawaban: A

2. Bacalah teks berikut!
Generasi Z adalah anak-anak yang terlahir sesudah tahun 1994 yang hidup pada  masa  digital.  Menurut  pakar  pendidikan,  Satrianawati  S.Pd.,  M.Pd. generasi  Z disebut juga Generasi Milenium. Belum diketahui pasti pencetus istilah ini. Karakter yang menonjol pada generasi Z, yaitu suka tantangan.
Generasi Z di mana pun berada memiliki karakter yang sama, yakni kehidupannya selalu terlibat dengan teknologi dan kurang beraktivitas yang melibatkan orang lain secara langsung. Kehidupan sehari-hari anak generasi Z biasanya menggunakan earphone atau mobile phone yang meenmpel di telinganya, baik di rumah, perjalanan, maupun tempat umum. Anak generasi Z tidak lagi terlibat secara fisik dengan orang lain, tetapi lebih banyak melalui dunia maya.
Ringkasan teks tersebut adalah …
A.    Kehidupan   Generasi   Z   selalu   terlibat   dengan   teknologi   dan   biasanya menggunakan earphone atau mobile phone.
B.     Karakter  menonjol  pada  generasi  Z  yaitu  suka  tantangan,  tetapi  kurang beraktivitas yang melibatkan orang lain secara langsung.
C.     Generasi   Z   adalah   anak-anak   yang   terlahir   sesudah   tahun   1994   yang mempunyai karakter menonjol yaitu  suka tantangan.
D.    Generasi Z adalah anak-anak yang terlahir sesudah tahun 1994 yang di mana pun berada memiliki karakter yang sama.

Pembahasan:
Pembahasan:  Gagasan  utama  paragraf  I:  definisi  generasi  Z.  Gagasan  utama paragraf II: karakter generasi Z. Jawaban D adalah gabungan gagasan utama paragraf I dan II.
Jawaban: D

3. Bacalah teks berikut!
Diabetes Melitus merupakan kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik kenaikan kadar glukosa darah yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kelainan kerja insulin, atau kedua-duanya. Gejala penderita penyakit ini antara lain sering buang air kecil, mata kabur, lemah badan, mudah haus dan lapar. Komplikasi Diabetis Melitus adalah penyakit jantung, stroke, buta, gagal ginjal, kerusakan syaraf, dan luka kaki yang sulit disembuhkan.
Diabetes Melitus tidak dapat disembuhkan. Namun, penderitanya tetap dapat melakukan aktivitas seperti orang normal jika dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik.

Ringkasan teks tersebut adalah …
A.    Penderita diabetis melitus harus mengontrol makanannya supaya kesehatan stabil.
B.     Komplikasi  diabetis  melitus  antara  lain  penyakit  jantung  dan  kerusakan syaraf.
C.     C.  Diabetis    melitus    merupakan    penyakit    metabolik    yang    tidak    dapat disembuhkan.
D.    Penderita  diabetis  dapat  beraktivitas  normal  jika  mengontrol  kadar  gula dengan baik.




Pembahasan:
Pembahasan : Gagasan  utama paragraf I:  diabetis melitus penyakit metabolik. Gagasan utama paragraf II : diabetis melitus tidak dapat disembuhkan. Jawaban C adalah gabungan gagasan utama paragrah I dan II.
Jawaban: C

Latihan Soal
1. Bacalah  kutipan teks berikut!
Menurut penelitian, saat berhenti mengonsumsi daging, hal pertama yang akan  terjadi  pada  tubuh  adalah  penurunan  berat  badan.  Orang  yang  berhenti  mengonsumsi daging, berat badannya akan berkurang sekitar lima kilogram tanpa harus memikirkan asupan kalori ataupun berolahraga. Saat berhenti makan daging, risiko kanker justru akan berkurang. Daging olahan dikategorikan WHO sebagai makanan  yang bisa menyebabkan  kanker. Jika kita berhenti mengonsumsi daging, kita juga mengurangi risiko kanker, asalkan diimbangi dengan gaya hidup sehat.
Ringkasan isi teks tersebut adalah …
A.    Berhenti  mengonsumsi  daging  menurunkan     berat  badan  tanpa  harus memikirkan olahraga.
B.     Berhenti makan daging dapat menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kanker.
C.     Gaya  hidup  sehat  dapat  menurunkan  berat  badan  dan  mengurangi  risiko kanker.
D.    Daging olahan merupakan makanan penyebab risiko kanker
2.   Bacalah kutipan teks berikut!
Sangat disayangkan bahwa banyak ilmuwan Indonesia yang memilih berkiprah  di  luar  negeri  karena  terbatasnya  fasilitas  riset  di  Tanah  Air. Bahkan tidak sedikit yang mencetak prestasi mengagumkan. Salah satunya Prof. Dr. Ing. Eko Supriyanto.
Kiprahnya dalam rekayasa Biomedis di Negeri Jiran Malaysia telah membuatnya meraih 12 hak paten, terkait dengan produk rekayasa Biomedis yang ditekuninya. Kini ia pun dipercaya duduk sebagai ketua jurusan Sains Krinikal Universitas Teknologi Malaysia.
Ringkasan isi teks tersebut adalah …
A.    Keterbatasan alat riset di Indonesia menyebabkan para ilmuwan memilih pindah keluar negeri.
B.     Banyak  ilmuwan  Indonesia  yang  berkiprah  di  dalam  negeri  untuk memajukan bangsa dan negara.
C.     Banyak ilmuwan yang kecewa dalam melakukan riset sehingga mereka pindah ke luar negeri.
D.    Banyak   ilmuwan   Indonesia   yang      berkiprah   di   luar   negeri   dan mendapatkan hak paten.

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Jus alpukat sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Terlebih bagi Anda  yang  bergolongan  darah  A,  zat  kandungannya  dapat  mendorong suasana basa di dalam tubuh. Jus ini mengandung lemak tak jenuh yang mudah dicerna oleh tubuh.
Ada   dampak   positif   lemak   alpukat   bagi   tubuh.   Pertama   dapat menurunkan kadar kolesterol darah (LDL). Kedua mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, stroke, dan darah tinggi.
Ringkasan isi teks tersebut adalah …
A.    Jus alpukat mengandung lemak tak jenuh dan mudah diserap tubuh.
B.     Dampak positif jus alpukat dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi
C.     Jus  alpukat  sangat  bagus  dikonsumsi  karena  berdampak  positif  bagi tubuh.
D.    Jus alpukat mengandung vitamin dan mudah dicerna dan diserap tubuh.

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent