ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Pendapat Pro/Kontra

MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Pendapat Pro/Kontra
MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Pendapat Pro/Kontra


F. Menentukan Pendapat Pro/Kontra
Ringkasan Materi
Pendapat pro merupakan pernyataan yang berupa persetujuan, dukungan, dan pujian yang mendukung suatu hal atau masalah. Pendapat kontra adalah pernyataan yang berupa penolakan, ketidaksetujuan, dan kritikan yang tidak mendukung suatu hal atau masalah.





Contoh soal
1. Bacalah teks berikut
(1) Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran calon peserta UNBK adalah adanya kemungkinan mati listrik. (2) Hal ini tentu wajar karena komputer yang digunakan untuk UNBK membutuhkan daya listrik agar dapat menyala. (3) Mereka takut apabila  jawaban  yang  sebelumnya  telah  diisi  akan  terhapus.  (4) Akan tetapi, sistem UNBK telah diatur untuk secara otomatis menyimpan hasil pekerjaan sementara sehingga jawaban tidak akan hilang jika mendadak listrik mati.
Pendapat yang menyatakan mendukung pada teks tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Pembahasan:
Pembahasan: Kalimat kedua pada teks tersebut berisi dukungan atau persetujuan kepada permasalahan yang terdapat pada kalimat pertama ( kekhawatiran calon peserta UNBK adalah adanya kemungkinan listrik mati) dengan kata kunci hal ini tentu wajar dan membutuhkan daya listrik agar dapat menyala.
Jawaban: B

2. Bacalah teks berikut!
(1) Dengan melakukan imunisasi, kita tidak hanya menciptakan kekebalan individu, tetapi juga memutus mata rantai penularan penyakit dari anak ke anak yang lain atau orang dewasa. (2) Saat ini ada sekelompok masyarakat yang melakukan  kampanye  anti  imunisasi.  (3)  Mereka  merasa  takut  pada  efek samping yang diberikan daripada penyakit menular yang dapat dicegah dengan imunisasi.  (4) Kenyataannya,  imunisasi  memiliki  manfaat  yang sangat  besar dalam menunjang sistem kesehatan nasional. (5) Antara 80-95%   anak yang mendapat imunisasi terhindar dari berbagai penyakit menular.
Kalimat yang tidak mendukung persoalan adalah kalimat nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

Pembahasan:
Pembahasan:   Permasalahan   dalam   teks   tersebut   adalah   imunisasi   dapat menciptakan kekebalan dan memutus mata rantai penularan penyakit. Isi kalimat (2) dan (3) berupa pernyataan yang menentang permasalahan dengan kata kunci melakukan kampanye anti imunisasi dan takut efek samping imunisasi.
Jawaban: B




3. Bacalah teks berikut!
(1) Pada musim kemarau saat ini, kebakaran hutan dan lahan semakin meluas. (2) Titik panas kebakaran pun semakin banyak setiap harinya. (3) Titik panas  tidak saja terjadi di daerah yang biasa mengalami kebakaran, tetapi daerah baru pun cukup banyak. (4) Keadaan ini harus segera diatasi. (5) Jika tidak diatasi, semua hutan akan terbakar.
Pernyataan yang mendukung masalah terdapat pada kalimat ….
A. (2) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (5)

Pembahasan:
Pembahasan :  Permasalahan pada teks tersebut adalah kebakaran hutan dan lahan yang semakin meluas. Isi kalimat (2) dan (3) berupa pernyataan yang mendukung permasalahan dengan kata kunci titik api kebakaran semakin banyak dan terjadi di daerah yang biasa mengalami kebakaran dan daerah baru.
Jawaban: A

Latihan Soal
1. Bacalah teks berikut!
(1)  Indonesia  kini  memiliki  pesawat  kepresidenan.  (2)  Warna  pesawat  itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. (3) Tulisan Republik Indonesia terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat. (4) Berbagai tanggapan pun terjadi tentang hal ini. (5) Di antaranya ada yang menyatakan bahwa saat ini belum diperlukan dengan alasan ekonomi dan sosial. (6) Namun, dilihat dari segi letak  geografis  Indonesia,  Presiden  tidak  mungkin  tergantung  pada  pesawat komersial sehingga perlu pesawat khusus dalam menjalankan tugasnya. Pernyataan yang mendukung permasalahan ditandai nomor ….
A. (6)
B. (5)
C. (4)
D. (3)

2. Bacalah teks berikut!
(1) Saat ini, konsep kecerdasan sedang booming di masyarakat dan anak yang pintar selalu identik dengan anak yang jago matematika. (2) Padahal, anak yang cerdas itu adalah anak yang memiliki kreativitas tinggi atau anak yang kreatif. (3) Anak yang kreatif umumnya bisa menemukan hal-hal baru atau berhasil menemukan suatu masalah. (4) Jika dilihat lebih jauh ke dalam otak anak yang kreatif, maka sinapsis-sinapsis (pertemuan antara ujung saraf dengan saraf lainnya) akan terlihat ruwet.
Pernyataan yang tidak mendukung permasalahan ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Bacalah teks berikut!
(1) Permainan game online bukanlah hal yang asing  bagi anak-anak sekarang. (2) Padahal, permainan ini dapat memberikan dampak kurang baik bagi anak. (3) Pendapat tersebut bisa dipahami karena banyak game online yang mengusung tema kekerasan yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak. (4) Namun, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi karena banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika bermain game online tidak berlebihan.
Pernyataan yang tidak mendukung permasalahan ditandai nomor ….
4. Bacalah teks berikut!
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

(1) Banyak orang beranggapan bahwa lulusan SMK tidak bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (2) Hal ini salah, mereka tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. (3) Lulusan SMK memiliki keahlian kejuruan yang spesifik, sehingga ketika kuliah mengambil jurusan yang sama dengan saat di SMK. (4) Ini berbeda dari lulusan SMA yang hanya diajarkan kemampuan teoritik saja.
Pernyataan yang tidak mendukung persoalan dalam teks tersebut ditandai nomor
….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

5. Bacalah teks berikut!
(1) Pencemaran sampah di pesisir dan laut di Bali dikhawatirkan berdampak buruk terhadap pariwisata setempat. (2) Wisatawan mulai mengeluhkan banyaknya sampah plastik dan nonorganik di sejumlah lokasi wisata. (3) Konjen Australia di Bali sering menerima keluhan warga australia yang berkunjung di Bali. (4) Senenarnya tidak semua objek wisata di bali tercemar sampah, sampah di laut mungkin saja terbawa arus dari daerah lain. (5) Sebuah   hasil riset menempatkan Indonesia sebagai penghasil sampah laut terbesar kedua di dunia setelah China,
Pernyataan yang mendukung persoalan pada teks tersebut ditandai nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent