ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Ide Pokok dan Menentukan Kalimat Utama


MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Ide Pokok dan Menentukan Kalimat Utama

D. Menentukan Ide Pokok dan Menentukan Kalimat Utama
Ringkasan Materi
Ide Pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf.
Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Ide pokok juga biasa disebut sebagai pokok paragraf, gagasan pokok, gagasan utama, pikiran utama, pokok pikiran, dan lain halnya.  Ide pokok  terdapat pada kalimat utama. Kalimat Utama merupakan kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah ide pokok. Kalimat utama adalah kalimat yang mempunyai cakupan paling luas di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada sebuah paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Sedangkan kalimat penjelas yaitu kalimat yang menjelaskan kalimat utama.
Ciri kalimat utama :
1.   Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut
2.   Biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri




3.   Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain
4.   Dapat dibentuk tanpa kata sambung atau transisi
5.   Pada paragraf induktif, kalimat utama sering kali ditandai kata-kata kunci seperti :
a.    Sebagai kesimpulan….
b.   Yang penting….
c.    Jadi, ….
d.   Dengan demikian….

Ide pokok dalam suatu paragraf bisa terletak di awal atau di akhir paragraf. Ide pokok yang letaknya di awal paragraf disebut dengan paragraf deduktif, sedangkan ide pokok yang letaknya di akhir paragraf disebut dengan paragraf induktif.

1. Contoh Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif
Banjir sudah menjadi hal yang biasa di Kota Jakarta yang  disebabkan oleh banyak  faktor.  Pertama, sungai atau saluran-saluran  irigasi tidak  berfungsi dengan  baik. Kedua,  pendangkalan  sungai  dan  sulitnya  proses  normalisasi sungai.   Ketiga,   kurang   pedulinya   warga   dan   para   pengusaha   terhadap lingkungan dengan budaya mereka membuang sampah dan limbah di sungai. Terakhir, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan  lainnya yang membuat tanah susah menyerap air, selain itu pepohonan hijau juga menjadi berkurang dan menyebabkan keseimbangan alam terganggu sehingga menjadi banjir.

Ide Pokok: Penyebab masalah banjir di Ibukota
Kalimat  Utama:  Banjir  sudah  menjadi  hal  yang biasa  di  Kota  Jakarta  yang disebabkan oleh banyak faktor.

Kalimat Penjelas:
Pertama, sungai atau saluran-saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik.
Kedua, pendangkalan sungai dan sulitnya proses normalisasi sungai.
Ketiga,  kurang  pedulinya  warga  dan  para  pengusaha  terhadap  lingkungan dengan budaya
Terakhir, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan lainnya yang membuat tanah susah menyerap air, selain itu pepohonan hijau juga menjadi berkurang dan menyebabkan keseimbangan alam terganggu sehingga menjadi banjir.

2. Contoh Paragraf Induktif
Setelah hasil tes ulangan semester dibagikan, nilai mata pelajaran Zainal sangat beragam. Matematika mendapatkan nilai 89, bahasa Indonesia 95, PKn 95, bahasa Inggris 94, PAI 89, PJOK 87. Tidak ada stu  mata pelajaran pun  yang harus diulang Zainal. Bisa dikatakan Zainal adalah anak yang pandai di kelasnya.
Ide Pokok : Zainal merupakan anak yang pandai.
Kalimat Utama: Bisa dikatakan Zainal adalah anak yang pandai di kelasnya.
Kalimat Penjelas: Setelah hasil tes ulangan semester dibagikan, nilai mata pelajaran Zainal sangat beragam. Matematika mendapatkan nilai 89, bahasa Indonesia 95, PKn 95, bahasa Inggris 94, PAI 89, PJOK 87. Tidak ada satu mata pelajaran pun yang harus diulang Zainal.




Contoh Soal
1. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Perayaan tahun baru yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. Satu di antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. Kerusakan taman ini seperti terlihat di Monas Jakarta. Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.
Ide pokok bacaan di atas adalah ... .
A.    taman kota di Jakarta rusak
B.     tanaman hias rusak diinjak-injak
C.     perayaan tahun baru berlangsung meriah
D.    masalah yang muncul setelah perayaan tahun baru

Pembahasan:
Kalimat(1)  paragraf tersebut merupakan pernyataan umum yang diperjelas oleh kalimat-kalimat berikutnya. Artinya kalimat(1) mempunyai cakupan lebih luas atau umum dibandingkan kalimat yang lain. Inti dari kalimat tersebut adalah Perayaan tahun baru di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan.. Jika inti kalimat tersebut diubah menjadi klausa, maka menjadi masalah yang muncul setelah perayaan tahun baru. Klausa tersebut merupakan ide pokok.
Jawaban: D

2. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
(1) Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal yang mengalami kemajuan. (2) Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam berbagai  aspek kehidupan. (3) Selain itu, secara  ekonomis, masyarakat  juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan. (4) Salah satunya adalah pengolahan jamu pada saat ini sudah menggunakan teknologi. Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Pembahasan:
Pembahasan: Pada teks tersebut kalimat (2), (3), dan (4) menjelaskan kalimat (1). Ini berarti kalimat (1)   mempunyai cakupan topic lebih luas atau umum dibandingkan kalimat  yang lain pada teks atau inti pembahasan (ide pokok) terdapat pada kalimat pertama. Jika ide pokok terletak pada kalimat (1) maka kalimat utama teks tersebut adalah kalimat (1).
Jawaban: A

3. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Pohon berperan sebagai sumber makanan, obat, dan bahan industri. Salah satu peran pohon yang tidak kalah penting adalah penghasil udara segar. Pohon juga memberi menfaat bagi kesehatan dengan tugasnya menyerap karbondioksida. Ternyata pohon memberikan banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.
Ide pokok paragraf  tersebut adalah ....
A. manfaat pohon bagi kehidupan
B. pohon sebagai penghasil udara segar
C. pohon sebagai sumber makanan
D. Salah satu peran pohon

Pembahasan:
Pembahasan: Kalimat keempat paragraf tersebut merupakan simpulan (berupa
pernyataan umum) dari pernyataan-pernyataan sebelumnya. Artinya kalimat keempat mempunyai cakupan lebih luas atau umum dibandingkan kalimat yang lain.  Inti  dari  kalimat  tersebut  adalah  pohon  memberikan  manfaat  pada kehidupan makhluk lain. Jika inti kalimat tersebut diubah menjadi frasa, maka menjadi manfaat pohon bagi kehidupan. Frasa tersebut merupakan ide pokok.
Jawaban: A

4. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
(1) Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. (2) Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.
Kalimat utama paragraf tersebut berada pada nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Pembahasan:
Penjelasan:  Karena  kalimat  keempat  ini  merupakan  simpulan  dari  kalimat- kalimat sebelumnya. Kalimat 1, 2, dan 3 adalah gagasan penjelas karena isinya memperjelas gagasan kalimat 4. (ini adalah contoh paragraf induktif, yaitu paragraf yang mempunyai kalimat utama di bagian akhir paragraf)
Jawaban: D

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent