ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Menulis Dengan Ilustrasi


Menulis Dengan Ilustrasi

H. Menulis Dengan Ilustrasi
Ringkasan Materi
Menulis dengan ilustrasi tertentu adalah menyajikan satu bentuk tulisan dalam bentuk paragraf singkat  berdasarkan penjelasan-penjelasan tertentu . Sajian ilustrasi tertentu yang berupa fakta-fakta/informasi tertentu diubah menjadi sajian baru berupa teks laporan/berita. Yang harus diperhatikan dalam menyusun tulisan itu adalah tulisan harus sesuai dengan data/fakta/informasi yang disajikan.

Contoh :
1. Bacalah kalimat fakta berikut!
1) Objek wisata Waduk Kedungombo (WKO) di Grobogan tutup.
2) WKO sudah tutup setahun.
3) Ada banyak alasan benutupan.




4) Broto seorang pedagang mengeluh sepinya dagangan
Teks berita yang tepat berdasarkan fakta tersebut adalah ....
A. Selasa, 23 September 2019, Objek Wisata Kedungombo ditutup setahun. Broto pedagang asong di WKO‟ mengeluhkan sepinya pengunjung. Ada banyak alasan penutupan WKO.
B.  Broto  seorang  pedagang  asong  di  objek  wisata  Kedungombo  mengeluhkan sepinya pengunjung WKO. Kedungombo ditutup 23 September 2019. Alasan penutupan Kedungombo karena kurangnya pasokan air.
C.  Objek wisata Waduk Kedungombo (WKO) di Kabupaten Grobogan kini tinggal cerita. Sudah hampir setahun, wisata di salah satu waduk terbesar di Asia Tenggara tersebut ditutup untuk umum. Ada banyak alasan, dari temuan BPK hingga faktor keamanan. Broto seorang pedagang asong di Waduk Kedungombo mengeluhkan sepinya pengunjung akibat penutupan itu.
D. Selasa 23 September 2019. Sudah hampir setahun, wisata di salah satu waduk terbesar di Asia Tenggara tersebut ditutup untuk umum. Ada banyak alasan, dari temuan  BPK  hingga  faktor  keamanan.  Objek  wisata  Waduk  Kedungombo (WKO)  di  Kabupaten  Grobogan  kini  tinggal  cerita.  Broto  seorang  pedagang asong di Waduk Kedungombo mengeluhkan sepinya pengunjung akibat penutupan itu.

Kunci jawaban  : C
Menulis suatu teks berdasar ilustrasi harus sesuai dengan ilustrasinya, baik dalam isi maupun urutannya.

2. Perhatikan fakta berikut!
1. Bendungan  Katulampa kering
2. Musim kemarau panjang
3. Bebatuan di dasar sungai terlihat
Teks yang sesuai dengan fakta tersebut adalah ...
A.    A.  Bendungan  Katulampa, Bogor, kering kerontang. Menyusutnya debit air di sana lantaran     musim     kemarau     yang     belum     berakhir.     Debit     air     di Bendungan  Katulampa hanya nol sentimeter. Bahkan bebatuan di dasar sungai terlihat.
B.     Bendungan  Katulampa di Bogor dalam keadaan kering. Hal ini disebabkan hujan yang tak kunjung turun di Bogor dan sekitarnya. Keadaan ini meyebabkan penggali batu mendapat rezeki.
C.     Sudah beberapa pekan ini Bogor tidak diguyur hujan. Hal ini menyebabkan Bendungan  Katulampa kering kerontang. Akibatnya pasokan air ke Jakarta berkurang. Namun, pasokan batu melimpah.
D.    Kemarau panjang menyebabkan beberapa bendungan kekeringan. Akibatnya pasokan air ke beberapa kota besar terganggu. Namun, keadaan inii menjadi berkah bagi penambang batu karen batu dapat diperoleh dengan mudah.

Kunci jawaban : A

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent