ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Bagian Teks

MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Bagian Teks
MEMBACA NONSASTRA: Menentukan Bagian Teks


C. Menentukan Bagian Teks
Ringkasan Materi
Dalam bahasa Indonesia kita mengenal beberapa jenis teks nonsastra   antara lain, teks deskripsi, teks  eksposisi, teks laporan  hasil percobaan,  teks prosedur, teks tanggapan kritis, teks teks persuasif, teks ulasan, dan sebagianya. Setiap   teks dibangun oleh beberapa bagian yang disebut struktur teks. Jenis-jenis teks tersebut memiliki sturktur yang berbeda.





Contoh soal
1. Cermatilah kutipan teks diskusi  berikut!
Era globalisasi ini sangat rentan terhadap perkembangan para remaja. Sangat mudah  bagi  mereka  untuk  masuk  dalam  pergaulan  bebas  dan  melakukan berbagai perilaku menyimpang.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. ulasan
B. deskripsi
C. penilaian
D. konteks

Pembahasan:
Teks diskusi dibangun dari beberapa bagian, yaitu konteks , deskripsi, dan penilaian.
Konteks, merupakan bagian berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.
Deskripsi, merupakan  bagian  memuat  informasi  tentang  data-data  secara lengkap.
Penilaian, merupakan bagian yang berisi ungkapan penilian (pujian dan kritik)
Jawaban: D

2. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut!
Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman serbaguna ini. Antara lain bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati  bekas  luka,  luka bakar dan  luka karena  cedera.  Lidah  buaya  juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah  buaya dapat mencegah  atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, lidah  buaya  merupakan  pencahar  yang  baik  dan  sangat  membantu  dalam berurusan dengan sembelit. Lidah buaya mempunyai efek anti-bakteri dan anti- jamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat, antioksidan yang kuat, menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh. Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. orientas
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan




Pembahasan:
Teks eksposisi  memiliki struktur teks tiga bagian, yaitu tesis, argumentasi (isi), dan penegasan ulang (penutup).
Tesis adalah suatu bagian  yang mempunyai isi berupa sudut pandang dari penulis terhadap setiap masalah yang akan dibahas topiknya. Sebuah tesis pasti
berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan sebuah argumen. Bagian ini sangatlah penting untuk menyusun contoh teks eksposisi dan biasanya muncul di awal teks eksposisi walaupun ada kemungkinan kita bisa menjumpainya di bagian akhir.
Argumentasi adalah suatu bentuk alasan atau bukti yang digunakan dalam mengokohkan atau memperkuat pendapat dalam sebuah tesis, walaupun pada prakteknya argumentasi dapat digunakan untuk menyanggah bahkan menolak sebuah pernyataan. Argumentasi dapat berupa pernyataan umum atau berupa data dari hasil penelitian para ahli yang sumbernya dapat dipercaya.
Penegasan ulang pendapat merupakan sebuah kesimpulan yang menegaskan kembali dari tesis yang dibicarakan di awal teks eksposisi dan penguat argumentasi yang ditunjang oleh fakta.
Jawaban: C

Latihan Soal
1. Cermatilah kutipan teks laporan hasil observasi berikut!
Hiu paus memiliki mulut besar yang lebarnya bisa sampai 1,4 meter. Mulutnya berada di ujung moncongnya, bukan pada bagian bawah kepala seperti ikan hiu pada umumnya. Ia memiliki kepala, lebar datar, moncong bulat, mata kecil, 5 celah insang yang sangat besar, 2 sirip punggung, dan 2 sirip dada (di sisi- sisinya). Hiu paus memiliki 3.000 gigi yang sangat kecil tetapi jarang digunakan. Hiu paus merupakan penyaring makanan (filter feeder) menggunakan insangnya yang besar.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. penegasan kembali
B. pernyataan umum
C. deskripsi bagian
D. simpulan

2. Cermatilah kutipan teks deskripsi berikut!
Untuk  mengolah  sampah  menjadi  pupuk    tidak  membutuhkan  banyak  tempat  dan waktu. Siapkan  ember bekas  lalu buatlah lubang di dasar ember untuk jalan keluar air. Isilah  ember  tersebut  dengan  pasir.  Kemudian  masukkan  sampah-sampah  organik seperti sampah makanan, sisa-sisa rajangan sayuran,  semua. Selain itu juga bisa diberi kotoran ternak atau unggas untuk  menambah unsur hara atau penyubur tanah. Setelah itu ditutup dengan tanah ditimbuni sampah lagi. Sampai kira-kira dua setengah bulah tanah akan berubah menjadi hitam, maka berhasillah pembuatan pupuk tanaman. Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. identifikasi
B. deskripsi bagian
C. simpulan/ kesan
D. orientasi

3. Cermatilah kutipan teks diskusi berikut!
Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan mulai bermunculannya alat elektronik seperti smartphone, tablet, hingga music player. Perkembangan teknologi di negara kita tidak dapat dibendung lagi. Di balik perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, pengaruhnya sangat  dirasakan oleh banyak orang khususnya remaja.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. tesis
B. konteks
C. deskripsi
D. penilaian

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent