ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEMBACA NONSASTRA: Membandingkan Penggunaan Bahasa Beberapa Jenis Teks





MEMBACA NONSASTRA: Membandingkan Penggunaan Bahasa Beberapa Jenis Teks

H.  Membandingkan Penggunaan Bahasa Beberapa Jenis Teks
Ringkasan Materi
Tiap  jenis  teks  memiliki  ciri  kebahasaan  tersendiri  sehingga  penggunaan bahasa tiap jenis teks juga berbeda. Teks biografi misalnya, teks ini menggunakan kata ganti, kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas dan tempat, dan kata kerja. Sementara teks ulasan mempunyai ciri kebahasaan, antara lain menggunakan kata sifat, rujukan kata, dan kalimat-kalimatnya cenderung panjang (kalimat kompleks). Oleh karena itu, salah satu yang harus dipertimbangkan dalam membandingkan penggunaan bahasa adalah jenis teks.
Selain untuk jenis teks yang berbeda, membandingkan penggunaan bahasa juga  dapat  diterapkan  pada  jenis  teks  yang  sama.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari  penggunaan  kata  ganti,  kata  hubung,  rujukan  kata,  kata  kerja,  jenis  kalimat (tunggal/majemuk), atau unsur bahasa lain yang digunakan pada kedua teks.

Contoh Soal
1. Bacalah teks berikut!
Teks 1 



Sebagai penyair, Taufiq Ismail telah membacakan puisinya di berbagai tempat, baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Karena menandatangani Manifes Kebudayaan yang dinyatakan terlarang oleh Presiden Sukarno, ia sempat batal dikirim untuk studi lanjutan ke Universitas Kentucky, Florida. Hal itu menyebabkan pula Taufiq Ismail dipecat sebagai pegawai negeri pada tahun 1964. Namun, kenyataan tersebut tidak membuatnya putus asa dan berhenti berkarya.        
Teks 2
Untuk meraih gelar Doktor, Habibie melanjutkan studinya di Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean. Habibie kemudian  menikah  dengan  Hasri Ainun   Habibie   pada   tahun   1962. Hidup Habibie makin keras. Pagi-pagi sekali,  Habibie  terkadang  harus berjalan kaki ke tempat kerjanya yang jauh untuk menghemat kebutuhan hidupnya. Pada tahun 1965, habibie mendapatkan gelar Dr. Ingenieur dengan penilaian summa cumlaude (sangat sempurna) dengan nilai rata- rata 10.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ….
A.    tidak menggunakan kata ganti orang menggunakan kata ganti orang
B.     menggunakan kata hubung pengakibatan tidak menggunakan kata hubung pengakibatan
C.     menggunakan kalimat tunggal dan majemuk hanya menggunakan kalimat tunggal
D.    menggunakan kata hubung penyebaban tidak menggunakan kata hubung penyebaban

Pembahasan:
Pembahasan: Teks I menggunakan kata karena. Kata tersebut merupakan salah satu jenis kata hubung penyebaban, selain kata sebab dan oleh karena, sedangkan teks II tidak menggunakan kata-kata tersebut.
Jawaban: D

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent

Website ini Dilindungi oleh DMCA