ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEMBACA SASTRA: Menentukan Makna Kata dalam Cerpen dan Fabel






MEMBACA SASTRA: Menentukan Makna Kata dalam Cerpen dan Fabel

A. Menentukan Makna Kata dalam Cerpen dan Fabel
Ringkasan Materi
Makna kata dalam cerpen dan fabel dapat ditentukan apabila kata itu berada dalam  konteks  kalimat.  Kata  yang sama dalam  sebuah  kalimat  dapat  memiliki makna yang berbeda. Penentuan makna itu dengan memperhatikan rangkaian kata yang membentuk kalimatnya.
Makna kata atau kalimat ada dua jenis,  yaitu makna leksikal dan makna gramatikal. Makna leksikal adalah makna kata seperti yang terdapat dalam kamus. Contohnya: Batin (hati), belai (usap), cela (cacat). Makna gramatikal adalah makna kata yang di peroleh dari hasil peristiwa tata bahasa. Makna gramatikal sebagai hasil peristiwa tata bahasa ini sering di sebut juga nosi. Misalnya : nosi pada kata gantungan adalah alat.

Contoh Soal dan Pembahasan
1.   Bacalah teks berikut!
Meskipun  kedua  burung  itu  bersahabat,  mereka  memilliki tabiat yang sangat berbeda. Merak selalu kelihatan rapi, sedangkan gagak tampak begitu jorok. Gagak jarang membersihkan tubuh dan makan apa saja. Merak rajin sekali membersihkan tubuh dan hanya makan buah dan sayur segar. Merak selalu menjaga kebersihan sarangnya. Berbeda dengan merak, gagak tak peduli dengan sarangnya yang penuh dengan sampah.
Makna kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah ....
A.  tingkah laku
B.  cara makan
C.  cara berjalan
D.  cara berbusana

Kunci Jawab: A
Pembahasan:
Berdasarkan konteksnya, kata tabiat berarti tingkah laku. Hal ini didasarkan pada cerita kutipan, yaitu Merak selalu kelihatan rapi, sedangkan gagak tampak begitu jorok. Gagak jarang membersihkan tubuh dan makan apa saja.

2.   Bacalah teks berikut!
Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini. Jasad ibuku masih belum kututup. Membujur di depan kamarku dengan kelu. Ia baru saja pergi, setelah berbulan melawan sakit dan derita.
Kutatap terus wajahnya yang pucat tapi pasrah itu. Matanya tidak terlalu rapat mengatup. Seakan-akan masih ada sisa kenangan di sana. Seakan-akan masih ada sesuatu yang dilihatnya. Tapi tidak. Kupikir cukuplah ia hidup dengan penderitaan-penderitaan yang menyekap di hampir seluruh umurnya.
Maksud kalimat “Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini” pada kutipan cerpen tersebut adalah…
A.    Penderitaan telah mencapai puncak klimaksnya kemudian mendapat pertolongan dari Tuhan (percaya adanya Tuhan).
B.     Penderitaannya akan berubah menjadi kebahagiaan.
C.     Penderitaan di dunia akan dibalas nanti di akhirat.
D.    Penderitaan di dunia telah berakhir.

Kunci jawab: A
Pembahasan: Kalimat tersebut bermkan penderitaan sudah mencapai puncak.




Latihan Soal
1.   Bacalah teks berikut!
Nasib orang tidak pernah diduga. benar kata orang bijak, jodoh, mati, bahagia, dan celaka itu rahasia Tuhan. Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang  menentukan.  Namun,  bukan  berarti  harus  pasrah.  Berusaha  adalah  jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba setelah sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu telah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah berdiri bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi tangan kanan pimpinan perusahaan itu.
Makna ungkapan tangan kanan pada kutipan cerita tersebut adalah….
A.  orang kesayangan
B.  orang kepercayaan
C.  orang kebanggaan
D.  kekeluargaan
(sumber: UNKP tahun 2018)

2.   Bacalah teks berikut!
Di  ruangan  kedap  suara  sederhana berukuran  4x4  meter, Yohana Sepriana Puling (16), atau biasa dipanggil Rina, tampil bak penyiar radio profesional. Ia begitu percaya diri menyapa para pendengar radio komunitas 'Suara Kenari' FM 107,7 MHz yang menjangkau radius tujuh kilometer. Makna kata kedap suara pada teks di atas adalah ...
A.  dapat dimasuki suara
B.  tidak dapat dimasuki suara
C.  suara terdengar menggelegar
D.  suara terdengar besar

3.   Bacalah teks berikut!
Sengaja Pingkan berlama-lama di kamar. Dia mengindari Tom sejak kemarin sore. Dia tidak mau bertemu. Walaupun Rara sahabatnya meyakinkan bahwa Tom sangat menyesalinya. Tapi Pingkan masih takut kalau Tom memarahinya atau jangan-jangan wajah Tom masih murung seperti kemarin. Kedua keadaan ini sangat tidak menegankkan. Pingkan merasa seperti pengecut. Lantas, apa bedanya dengan Tom? Ia selalu bermuka dua. Ah, Pingkan menulis surat sedih yang ditujukan untuk Uni. Ia kini mengerti bagaimana rasanya sebatang kara di negeri orang.
Makna kata yang bercetak miring pada kutipan teks tersebut adalah….
A. tidak berpendirian
B. tidak menarik
C. tidak kuat
D. tidak dipercaya
(Sumber: Soal UNKP tahun 2019)

4.   Bacalah kutipan cerpen berikut!
Matahari mulai tenggelam, anak katak yang nakal itu tidak juga pulang. Ibu katak sangat khawatir. Ia kemudian mencari anak katak. Ternyata anak katak masih asyik bermain  dengan  teman-temannya.  Ibu  katak  mengajak  anaknya  pulang.  Dengan berat hati, Katak menyudahi dan mengikuti ibunya pulang.
Kata “matahari yang mulai tenggelam” tersebut mengandung makna ….
A.  hari hampir sore
B.  hari hampir pagi
C.  hari hampir malam
D.  hari hampir siang

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent

Website ini Dilindungi oleh DMCA