Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Belajar Jeans Piaget





1.  Teori Belajar Jeans Piaget
Jeans Piaget merupakan pakar psikologi dari Universitas Jenewa, Swiss. Piaget berpendapat bahwa pengetahuan dibentuk oleh individu melalui interaksi terus- menerus dengan lingkungan  melalui proses  asimilasi dan akomodasi untuk menghasilkan pengetahuan dengan tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan  pengetahuan  awal  sebelumnya  yang  telah  tersimpan  pada  skemata siswa. Pemrosesan informasi dalam skemata siswa terdiri dari asimilasi yang merupakan  proses  masuknya  informasi  baru  kedalam  skemata  siswa  dan akomodasi yang merupakan proses bergabungnya informasi baru dengan informasi awal dalam skemata siswa membentuk struktur kognitif atau skema yang lebih tinggi tingkatannya (ekuilibrasi). Dengan kata lain, struktur kognitif yang  lebih  tinggi  akan  terbentuk  ketika  terjadi  keseimbangan  (ekuilibrasi) antara proses asimilasi dan akomodasi. Piaget membagi empat tahap tingkat perkembangan  kognitif  individu  menurut  umur  rata-rata  yaitu:  
1)   Tahap Sensori Motor (0-2 tahun);
2)   Tahap Pre Operasional (2-7 tahun);
3)   Tahap Operasi Konkret (7-11 tahun);
4)   Tahap Operasi Formal (11 tahun ke atas).
 
Teori Belajar Jeans Piaget
Teori Belajar Jeans Piaget



Pada tahap sensori motor anak mengenal lingkungan dengan kemampuan sensorik dan motorik menggunakan penglihatan, penciuman, pendengaran, perabaan, dan gerakan. Pada tahap pra-operasional anak belum mengenal operasi atau pikiran logis tetapi lebih mengandalkan persepsi realitas dengan menggunakan simbol, bahasa, konsep sederhana, gambar, dan pengelompokan. Pada tahap operasional konkret anak mulai mengenal operasi atau pikiran logis melalui benda-benda konkret. Sedangkan pada tahap operasional formal anak mulai berpikir secara abstrak dan menggunakan konsep yang rumit atau kompleks. Dengan demikian menurut Piaget, siswa sekolah dasar tergolong pada tahap operasional konkret. Sehingga dalam pembelajaran di sekolah dasar, penyampaian materi yang abstrak hendaknya dimulai dengan objek yang konkret untuk menjembataninya.

Teori belajar Jeans Piaget menghasilkan tiga fase pembelajaran yaitu fase eksplorasi, pengenalan konsep dan aplikasi konsep.

a. Fase eksplorasi
Fase eksplorasi merupakan fase pembelajaran dimana siswa aktif menggali pengetahuan dengan cara mengamati struktur materi pembelajaran berupa pengetahuan faktual (fakta) yang terdiri dari peristiwa, fenomena, simbol, dan fakta lainnya.

b. Fase pengenalan konsep
Fase pengenalan konsep merupakan fase dimana siswa aktif melakukan konseptualisasi  dari  fakta  yang  diamatinya  sehingga  pada  fase  ini  akan terbentuk struktur materi ajar berupa pengetahuan konseptual yang terdiri dari konsep dan prinsip.

c. Fase aplikasi konsep
Fase aplikasi konsep merupakan fase dimana  siswa  mengaplikasikan  atau menggunakan    konsep  yang  telah  dipelajarinya  untuk  mengeksplorasi gejala lain yang ada kaitannya dengan konsep yang telah dipelajari tersebut.

Contoh implementasi teori belajar Piaget dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menerapkan ketiga fase di atas adalah sebagai berikut:
1) Tahap eksplorasi
a)   Guru memberikan apersepsi dengan menayangkan video tentang suatu fenomena
b)   Siswa mengamati tayangan video tentang fenomena di atas
c)   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal- hal yang belum dan ingin dipahaminya tentang fenomena yang terdapat pada tayangan video
2) Tahap pengenalan konsep
a)   Guru menjelaskan materi ajar yang akan dipelajari
b)   Guru  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  bertanya  tentang materi ajar yang tidak dipahaminya
c)   Siswa  mengumpulkan  informasi  dari  berbagai  sumber  tentang  materi yang sedang dipelajari
d)  Setiap siswa mempresentasikan hasil pengumpulan informasinya e) Guru memberikan penguatan terhadap presentasi siswa
3) Tahap aplikasi konsep
a)   Guru memberikan evaluasi untuk menguji pemahaman siswa
b)   Guru  menyampaikan  materi  ajar  dan  rencana  kegiatan  belajar  pada pertemuan berikutnya dengan mengaitkannya dengan materi ajar yang telah dipelajari siswa

Materi tersebut diatas merupakan petikan dari Rangkuman Modul dan Materi PPG Tematik PGSD untuk Modul Profesional 1 Tematik Materi Utama Kegiatan Belajar 2. Selengkapnya silakan baca Modul Profesional 1 Tematik KegiatanBelajar 2 Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD

Link Lampiran Teori Belajar Menurut Para Ahli


Artikel Menarik Lainnya



Berlangganan via Email