Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH DASAR





Modul 2
1.    PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN IPS SD  
Kurikulum adalah alat untuk mencapai pendidikan dan pedoman dalam pelaksanaan pendidikan.Kurikulum disusun berdasarkan Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional(UUSPN).Kurikulum dapat meramalkan hasil pendidikan / pengajaran karena ia mampu untuk menunjukkan apa yang harus dipelajari dan kegiatan apa yang harus dialami oleh peserta didik. Demikian pula Kurikulum dalam Pembelajaran IPS di SD mengalami perkembangan dan perubahan dimasing masing tahun hal ini disesuaikan dengan perkembangan zaman.
Sejak tahun 1964-2006 pembelajaran IPS telah beberapakali mengalami perubahan nama,kurikulum dan ruang lingkup materi yaitu :
a.       Pada tahun 1964 pendidikan IPS di SD bernama “Pengetahuan Kemasyarakatan” yg terdiri dari ilmu bumi, sejarah dan Pengetahuan Kewarganegaraan.namun dalam penyampainnya berdiri sendiri
b.      Pada tahun 1968 pendidikan IPS di SD berubah menjadi Pendidikan Kemasyarakatan.Materi pembelajaran IPS pada kurikulum ini masih berdiri sendiri dan merupakan broad-field antara ilmu bumi, sejarah dan Pengetahuan Kewarganegaraan.
c.       Pada tahun 1975 unsur Pendidikan Kewarganegaraan dipisahkan dari Pengajaran IPS  dan dijadikan bidang pengajaran tersendiri dengan nama Pendidikan Moral Pancasila(PMP)



d.      Pada tahun 1986 Materi Pembelajaran IPS disusun terpadu yang terdiri dari pokok/sub pokok  bahasan dari beberapa disiplin ilmu.namun untuk pengajaran sejarah terpisah dan dikenal dengan Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa(PSPB).
e.       Pada tahun 1994 ruang lingkup materinya masih sama seperti kurikulum 1986 tp mengutamakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Spiral(Pengajarannya dimulai dari lingkungan terdekatdan sederhana sampai ke  lingkungan yang luas dan kompleks.Pada kurikulum 1994 ini menekankan pada enam hal yaitu 1. kemampuan dasar(Membaca,Menulis dan berhitung),muatanlokal,IPTEK,Wawasan Lingkungan,Pengembangan Nilai dan Pengembangan Keterampilan.Penempatan alokasi waktu pada kurikulum ini berdasarkan waktu per catur wulan dan dalam penyampaian materi guru diberi kebebasan selama masih pokok bahasan/ materi itu berada dalam satu satu caturwulan.
f.       Pada tahun 2004 nama IPS berubah menjadi Pengetahuan Sosial dengan Kurikulum KBK.Kurikulum ini menekankan kemampuan kompetensi yang harus dikuasai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran di kelas. Kompetensi tersebut yaitu:Kompetensi Umum dan Kompetensi Dasar.Pada kurilulum ini Pengajaran IPS disatukan dengan Pendidikan Kewarganegaraan sehingga berubah menjadi Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial (PKPS).
g.      Pada tahun 2006 Pembelajaran pengetahuan Sosial di SD dikenal dengan nama Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Pada kurikulum KTSP 2006 ini guru diberikan kebebasan untuk merencanakan pembelajaran  sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa dan sekolah berada serta mengacu pada pendekatan PAKEM. Kurikulum ini menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standart kompetensi yang dipersyaratkan pada setiap kelas. Struktur Kurikulum  2006 ini disusun berdasarkan standart kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.

2.    PENGERTIAN PENDIDIKAN IPS
   a.      Pengertian ilmu sosial
Ilmu sosial adalah keilmuan yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat atau kehidupan sosial. Ilmu sosial ini dipelajari dan dikembangkan ditingkat pendidikan tinggi.Lebih menitikberatkan pada teori dan konsep keilmuan
Norma Mackenzie (1975) mengemukakan bahwa ilmu sosial adalah semua bidang ilmu yang berkenaan dengan manusia dalm konteks sosialnya atau dengan kata lain semua bidang ilmu yang mempelajari manusia sebagai anggota masyarakat.
Aspek-aspek kehidupan manusia sebagai anggota masyarakat, antara lain :
a.    Aspek antar hubungan manusia dalam kelompok
b.    Aspek kejiwaan
c.    Aspek kebutuhan materi 
d.   Aspek norma, peraturan dan hukum
e.    Aspek pemerintahan dan kenegaraan
f.     Aspek kebudayaan
g.    Aspek kesejahteraan
h.    Aspek komunikasi
i.      Aspek kebijaksanaan dan kesejahteraan sosial
j.      Aspek hubungan manusia dengan alam lingkungan
k.    Aspek pengelolaan, pengurusan, pengaturan dan lain-lain
l.      Aspek pendidikan
m.  Dan aspek-aspek lainnya
Semua aspek kehidupan manusia sebagai anggota masyarakat tadi, mengembangkan ilmu masing-masing yang termasuk dalam ilmu sosial :
a.    Sosiologi 
b.    Psikologi sosial
c.    Ilmu hokum
d.   Ilmu politik
e.    Ilmu pemerintahan
f.     Antropologi budaya
g.    Ilmu sejarah
h.    Ilmu geografi  
i.      Ilmu ekomoni
j.      Ilmu manajemen
k.    Ilmu pendidikan

b.        Pengertian studi sosial
Studi sosial adalah bidang pengetahuan dan penelaahan gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan sosial dalam usaha mencari jalan keluar dari masalah tersebut.studi sosial ini dipelajari sejak dari pendidikan rendah /SD sampai SMA
   c.      Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
IPS sebagai bidang studi memiliki bidang garapan yang luas.Bidang garapannya meliputi gejala – gejala masalah kehidupan manusia di masyarakat. Penekanan pada pembelajaran IPS adalah kenyataan kehidupan kemasyarakatan bukan pada teori dan keilmuannya.
 Jadi Pengertian IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan.
Oleh karena itu, sifat IPS sama dengan studi sosial, yaitu praktis, interdisipliner dan diajarkan mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Dengan demikian antara ilmu sosial, studi sosial, dan ilmu pengetahuan sosial ternyata terdapat kaitan satu sama lainnya

3.    TUJUAN DAN MANFAAT PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH DASAR
a.      Tujuan Pendidikan Ilmu IPS di SD
Setiap bidang studi yang tercantum dalam kurikulum sekolah telah dijiwai oleh  tujuan yang harus dicapai oleh pelaksanaan Proses Belajar Mengajar.tujuan itu disebut Tujuan Kurikuler. Tujuan kurikuler yang dimaksud adalah tujuan pendidikan IPS. Secara keseluruhan tujuan pendidikan IPS di SD sebagai berikut :
1.         Membekali anak didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupannya kelak di masyarakat
2.         Membekali anak didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternative pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat   
3.         Membekali anak didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan berbagai bidang keilmuan serta bidang keahlian
4.         Membekali anak didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan tersebut
5.         Membekali anak didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi.   
         
b.      Manfaat Pendidikan IPS di SD
Manfaat mempelajari IPS antara lain :
1.    Mendapatkan pengalaman langsung dari lingkungan sekitar
2.    Mampu mengidentifikasi,menganalisi dan menyusun alternative pemecahan masalah social masyarakat
3.    Mampu berkomunikasi dengan masyarakat
4.    Mampu mengembangkan pengetahuan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
5.    Mampu mempersiapkan diri untuk terjun anggota masyarakat







Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Berlangganan via Email