Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI Kemendikbud | Cocok Untuk Pelajar PAUD SD SMP SMA yang Sulit Jaringan Internet





Sudah berjalan beberapa pekan terakhir Kemdikbud meminta untuk Siswa PAUD, SD, SMP dan SMA untuk belajar di rumah sebagai salah satu usaha preventif akan pandemic Covid-19 atau Coronavirus Disease. Dengan diberlakukannya belajar di rumah ini Kemdikbud memerintahkan untuk siswa dan guru tetap melakukan kegiatan belajar mengajar. Karena antara guru dan siswa terpisah antara jarak dan tak memungkinkan adanya tatap muka dan interaksi, maka satu-satunya metode pembelajaran yang dapat dilakukan adalah pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) atau pembelajaran Online.
 
Jadwal Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI Kemendikbud | Cocok Untuk Pelajar PAUD SD SMP SMA yang Sulit Jaringan Internet
Jadwal Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI Kemendikbud | Cocok Untuk Pelajar PAUD SD SMP SMA yang Sulit Jaringan Internet
Seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk melakukan pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) atau pembelajaran Online ini memerlukan kuota internet. Bagi sebagian peserta didik dan orang tua, pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) atau pembelajaran Online ini dinilai memberatkan mereka karena perlu anggaran rumah tangga yang lebih untuk membeli kuota internet dan salah satu kendala lain yang populer untuk kelangsungan pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) atau pembelajaran Online ini adalah sulitnya jaringan internet dimana tempat peserta didik tinggal, mengingat topografi Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan terdiri dari kenampakan alam seperti Gunung, Pegunungan, daerah pantai serta pedesaan mungkin untuk kekuatan sinyalnyapun juga berbeda.

Salah satu terobosan Kemdikbud untuk mengatasi hal tersebut supaya tetap ada pemerataan pelayanan pendidikan meskipun pembelajaran dilakukan di rumah adalah Kemendikbud Luncurkan Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI. Program Kemendikbud Luncurkan Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI ini. Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI Kemendikbud diperuntukkan bagi Pelajar PAUD, SD, SMP hingga SMA. Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI Kemendikbud ini sangat Cocok Untuk Pelajar yang Sulit Jaringan Internet.




Jadwal Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI Kemendikbud
Siaran program belajar ini guna membantu para pelajar belajar di rumah selama wabah COVID-19 ini akan ditayangkan mulai Senin 13 April 2020 hingga tiga bulan ke depan.

Menurut Pelaksana Tugas Direktur Utama TVRI Supriyono dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Jumat 10 April 2020, mengatakan bahwa program tersebut mencakup penyiaran materi pelajaran tingkat pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas.

Siaran program belajar kerja sama antara TVRI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga meliputi penayangan materi pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru.

Pelaksana Harian Direktur Program dan Berita TVRI Usrin Usman menyatakan program tersebut merupakan bagian dari upaya untuk membantu warga dengan akses internet terbatas mengakses program belajar sesuai rekomendasi Komisi X DPR ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rapat pada 27 Maret 2020.

"Konten pembelajaran yang disajikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, penumbuhan karakter, dan kecakapan hidup peserta didik yang disampaikan secara ringan dan menghibur," katanya.

Menurut dia, program belajar akan ditayangkan Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 hingga 23.00 WIB.





Secara lebih rinci mengenai Jadwal Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI adalah sebagai berikut:

Senin-Jum’at
· 08.00-08.30 WIB Materi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
· 08.30-09.00 WIB Materi Sekolah Dasar untuk Kelas 1, 2, 3
· 10.00-10.30 WIB Materi Sekolah Dasar untuk Kelas 4, 5, 6
· 10.30-11.00 WIB Materi Sekolah Menengah Pertama
· 14.00-14.30 WIB Materi Sekolah Menengah
· 14.30-15.00 WIB Materi Pengasuhan dan Pendidikan Anak
· 19.00-23.30 WIB Film Indonesia Terbaik

Sabtu-Minggu
· 08.00-23.00 Tayangan Kebudayaan dan Film Indonesia Terbaik

Untuk program minggu I adalah sebagai berikut:
Jadwal Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI Kemendikbud | Cocok Untuk Pelajar PAUD SD SMP SMA yang Sulit Jaringan Internet
Jadwal untuk program minggu I


Demikianlah Jadwal Program Belajar di Rumah Lewat Siaran TVRI Kemendikbud | Cocok Untuk Pelajar PAUD SD SMP SMA yang Sulit Jaringan Internet yang dapat saya sampaikan. Mari kita belajar dimanapun kita berada. Semoga bermanfaat.

Baca Juga