Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak-anak jangan Keluyuran dan Orang Tua Wajib Awasi Anak , Masa Belajar di Rumah Kabupaten Ngawi diperpanjang hingga 22 April 2020





Seperti yang telah disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Drs. M Taufik Agus Susanto dalam surat edaran nomor 420/380/404. 101/2020 perihal perpanjangan pelaksanaan kebijakan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease atau Covid-19 di Kabupaten Ngawi yang ditujukan kepada Kepala SMP negeri/swasta se Kabupaten Ngawi, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Se-Kabupaten Ngawi serta Penilik PAUD/Dikmas Ngawi bahwa secara resmi masa belajar di rumah bagi siswa diperpanjang hingga 22 April 2020.
Anak-anak jangan Keluyuran dan Orang Tua Wajib Awasi Anak , Masa Belajar di Rumah Kabupaten Ngawi diperpanjang hingga 22 April 2020
Masa Belajar di Rumah Kabupaten Ngawi diperpanjang hingga 22 April 2020
(Foto: Bu Sri Wahyuni, Bapak Mariyadi, Bu Siti Khomsiyatun)

Salah satu poin penting dari surat tersebut terkait peserta didik jenjang TK, SD dan SMP di Kabupaten Ngawi adalah masa belajar dari rumah yang semula dilaksanakan sampai dengan tanggal 5 April 2020, diperpanjang sampai dengan tanggal 21 April 2020 dan kembali belajar di sekolah pada tanggal 22 April 2020.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebijakan Masa Belajar di Rumah Kabupaten Ngawi diperpanjang hingga 22 April 2020 ini adalah berdasar pada Surat Gubernur Jawa Timur Nomor: 420/2010/101.1/2020 Tanggal 30 Maret 2020 tentang Perpanjangan Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Ngawi.




Apa yang harus dilakukan siswa?
Dengan dikeluarkannya surat edaran tentang Masa Belajar di Rumah Kabupaten Ngawi diperpanjang hingga 22 April 2020 ini tentunya ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh siswa di rumah masing-masing yaitu tetap #StayAtHome, #BelajarDiRumah untuk memutus persebaran pandemi Virus Korona yang meresahkan. Berikut adalah kegiatan yang direkomendasikan oleh penulis selama siswa belajar di rumah:
1.    Perbanyak membaca dan belajar secara mandiri
2.   Mengerjakan pembelajaran dan penugasan daring oleh Bapak Ibu Guru
3.   Melakukan pembelajaran secara online dari situs-situs maupun aplikasi Edukasi, misalnya Zenius, Ruangguru, Ruang Belajar Kemdikbud dan lain sebagainya.
4.   Membantu pekerjaan orang tua dirumah.
5.    Melakukan olah raga ringan dirumah
6.   Melakukan social distancing dengan tidak keluyuran kesana kemari.
7.    Menjaga kebersihan.

Apa yang harus dilakukan Orang Tua?
Kita semua menyadari bahwa kebijakan pemerintah agar kita belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah adalah semata-mata demi kebaikan kita bersama supaya kita tidak terpapar virus berbahaya yang saat ini sedang merebak dan meresahkan dunia ini. Dengan kebijakan tersebut seyogyanya orang tua benar-benar mengawasi putera puterinya untuk benar-benar belajar dirumah dan tidak membiarkan anak-anaknya keluyuran kesana kemari. Berikut adalah rekomendasi penulis yang dapat dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anak yang belajar dirumah:
1.    Membimbing anak dalam melakukan pembelajaran dirumah, disinilah saatnya orang tua berkesempatan untuk mencoba menjadi guru bagi anak-anaknya.
2.   Memberikan stimulus kepada anak supaya mengindahkan perintah guru manakala diberi pembelajaran maupun tugas secara online.
3.   Mengontrol pergaulan anak, memastikan anak-anak tidak melakukan mobilitas yang mengarah kepada kerumunan dengan teman-temannya.
4.   Memberikan pekerjaan maupun tugas rumah kepada anak untuk melatih kemandiriannya namun harus tetap memperhatikan kemampuan anak.
5.   Membatasi anak dalam penggunaan gadget yang mengarah kepada hal-hal yang negative.
6.   Tidak mengajak anak bepergian keluar rumah jika tidak dalam kondisi yang mendesak.
7.    Memastikan anak aman dan nyaman belajar dirumah.





Sebagai wujud kontribusi penulis untuk mendukung program pemerintah terkait Masa Belajar di Rumah Kabupaten Ngawi diperpanjang hingga 22 April 2020 ini saya sudah menyediakan berbagai macam Bank Soal baik tingkat SD, SMP, SMA serta petikan materi pelajaran lengkap yang dapat diakses melalui tautan dibawah ini:


Penulis juga menyadari bahwa dengan adanya pandemi covid-19 ini banyak sekali agenda penting dalam dunia pendidikan yang batal, maka dari itu saya mencoba untuk membuat beberapa Latihan soal online maupun Try Out Online yang dapat anak-anak coba untuk mengerjakannya. Untuk dapat mengaksesnya silakan mencobanya denga cara klik tautan dibawah ini:


Penulis juga memahami bahwa pada era digital seperti sekarang ini ada banyak sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran dari rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa selama pendemi Covid-19 ini Bimbel Online terbesar di Asia Tenggara telah berkontribusi untuk menggratiskan biayaberlangganan kepada putra-putri bangsa dan di dukung oleh internet provider yang juga menggratiskan 30GB kuota internet untuk akses Aplikasi Ruangguru serta Ilmupedia. Mungkin kalian ada yang belum mengetahui tentang fasilitas tersebut atau mungkin belum mengerti bagaimana caranya silakan kalian putar video panduan dibawah ini:

Tutorial Cara Akses Ruangguru dan pendaftaran Kuota ilmupedia Gratis



Seperti yang telah saya sampaikan diatas, bahwa selama masa belajar dirumah ini ada banyak hal yang dapat kita lakukan. Termasuk Website Edukasi sederhana yang beralamatkan di www.mariyadi.com buatan penulis yang dapat kalian akses dimanapun dan kapanpun baik melalui HP android maupun Laptop untuk dapat digunakan mencari latihan soal dan kunci jawaban, try out online, mencari materi pelajaran dan lain sebagainya. Berikut dibawah ini penulis adalah video berisi cara mengakses Blog Penulis melalui HP dan melalui Laptop ataupun Komputer:

Fitur dan Cara Akses Website Edukasi www.mariyadi.com




Demikianlah artikel berjudul Anak-anak jangan Keluyuran dan Orang Tua Wajib Awasi Anak , Masa Belajar di Rumah Kabupaten Ngawi diperpanjang hingga 22 April 2020 yang dapat saya tulis semoga bermanfaat. Marilah kita jaga kebersihan, keep social distancing, tetap produktif dirumah.

Artikel Rekomendasi




Berlangganan via Email