Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Senam Pramuka Jilid 2 Versi Lomba




Senam Pramuka Jilid 2 Versi Lomba. Senam murupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan gerakan inti pada gerakan tubuh. Kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan tubuh tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat teratur dan enak dilihat. Senam dibedakan menjadi beberapa jenis seperti senam lantai, senam menggunakan palang dan balok untuk keseimbangan.





Jenis-jenis senam tersebut telah ada sejak zaman dahulu kala, dan merupakan jenis-jenis latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk keperluan seni pertunjukan.

Sementara itu, senam juga dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya senam aerobik, senam lantai, senam pramuka, dan lain sebagainya. Senam telah masuk sebagai salah satu kurikulum dalam pendidikan olahraga sejak tingkat sekolah dasar dan telah diajarkan oleh para guru, contohnya senam pramuka dan senam kesegaran jasmani.


Di zaman modern seperti sekarang ini, senam kembali digemari dan bertujuan untuk bermeditasi, melatih kebugaran, pembentukan tubuh dan menenangkan diri contohnya senam aerobik.
Senam Pramuka Jilid 2 Versi Lomba
Senam pramuka juga merupakan salah satu bentuk dari senam aerobic. Baik senam pramuka dan senam aerobik termasuk dalam jenis senam irama yang merupakan perpaduan antara kreativitas seni dan kerja keras olahraga. Hal ini dimaksudkan agar aktivitas olahraga tidak monoton dan memiliki sisi hiburan sehingga menyenangkan untuk dilakukan.


Tonton Peragaan Senam Pramuka Jilid 2 Versi Lomba dengan cara klik tombol Tonton dibawah ini:



Gerakan-gerakan senam pramuka biasanya sangat mudah dan mengasyikkan, sehingga dapat dilakukan oleh semua orang, tidak hanya bagi para pramuka saja. Senam ini bisa dilakukan oleh setiap orang di setiap golongan usia dan dapat dilakukan di mana saja. Bagaimanapun, karena senam pramuka memang dikenal di kalangan pramuka, maka biasanya senam pramuka ini dilakukan di alam terbuka untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh karena udara segar yang dihirup di alam terbuka sangat baik dikombinasikan dengan gerakan senam ini.



Musik mempunyai jiwa untuk membangkit semangat manusia sehingga keberadaan musik di dalam senam pramuka dapat membantu anggota pramuka menikmati gerakan-gerakan dalam senam sesuai irama yang ada. Selain itu, penggunaan tongkat dalam senam pramuka adalah bagian dari kreatifitas dalam membentuk suatu gerakan sekaligus kombinasi antara tongkat dengan gerak tubuh.


Gerakan senam pramuka dan senam aerobik pada dasarnya memiliki prinsip yang sama. Senam ini diiringi oleh irama musik yang biasanya memiliki ketukan cepat. Hal ini digunakan agar peserta dapat merasa gembira selagi melakukan olahraga ini. Senam ini juga biasanya terbagi dalam 3 tahap, yaitu tahap pemanasan, tahap inti, dan tahap pendinginan. Meskipun senam ini sering dilakukan dengan tangan kosong, namun ada juga beberapa jenis senam pramuka yang menggunakan media lain saat dilakukan seperti tongkat, bendera, dan lain-lain.




Senam pramuka ini memiliki tujuan untuk melatih koordinasi gerak tangan dan kaki, melatih kelincahan anggota gerak, melatih persendian dan otot-otot tubuh, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, membentuk postur tubuh yang baik, dapat menguasai irama musik dengan lebih baik, serta menenangkan jiwa dan raga. Senam pramuka ini diperkenalkan pada bulan Juni 2002 dan diharapkan dapat membentuk generasi yang sehat demi istilah yang telah lama dikenal “mensana in corpore sano”, di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Selain tujuan diatas, terdapat beberapa tujuan dari senam pramuka. Tujuan tersebut adalah:

1.   Menjaga Kebugaran Tubuh
Senam pramuka memiliki gerakan senam yang dibentuk dengan mengkombinasikan antara peregangan kebugaran, serta pelemasan. Jadi senam pramuka adalah bagian dari olahraga. Contohnya adalah jalan di tempat, gerak jalan, dan lain sebagainya.

2.   Melatih Kekompakkan dalam Tim
Biasanya dalam kegiatan pramuka, anggota pramuka terbagi dalam beberapa grup atau tim. Setiap grup memiliki keterikatan antara anggota grup saat melakukan senam pramuka. Hal ini secara tidak sadar akan melatih keaktifan, keserasian, kekompakkan, serta tanggung jawab dalam tim.

3.   Melatih Kemampuan Motorik
Tujuan lain dari senam pramuka adalah bisa melatih kemampuan motorik meliputi gerakan menangkap, melempar, melompat, dan lain sebagainya. Karena senam pada dasarnya bersifat olahraga yang menyenangkan, maka gerakan-gerakan dalam pramuka diatur dengan irama musik yang bertujuan untuk bisa melatih ketangkasan gerak, kekuatan, kecepatan, serta konsentrasi terhadap setiap gerakan yang dilakukan.

4.   Menjadi Suatu Kegiatan yang Menyehatkan
Kegiatan senam pramuka termasuk dalam suatu kegiatan dalam pramuka yang cukup menyenangkan karena kombinasi dalam setiap gerakan dilakukan dengan tangkas, kreatif, serta berirama. Sehingga anggota pramuka tidak merasa bosan dan malas terhadap aktivitas atau kegiatan pramuka.



Seperti yang diutip dari situs resmi http://kemenpora.go.id/ memalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda melalui Asisten Deputi Kepanduan IGP Raka Pariana melaksanakan Rebranding Gerakan Pramuka yaitu kegiatan Sosialisasi Senam Pramuka Jilid II 2015 di Hotel New Grand Park Surabaya, Jawa Timur tanggal 1 s/d 3/10). Kegiatan senam pramuka ini di ikutinoleh Pembina/Pelatih dari perwakilan Kwarda wilayah pulau Jawa menjelaskan bahwa dalam sambutannya Raka Pariana menyanpaikan dalam UU no.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, pemerintah bertugas menjamin kebebasan berpendapat, berkarya, membimbing, mendukung dan memfasilitasi serta membantu dalam pendidikan kepramukaan.

"Senam pramuka jilid II adalah wijud kontribusi pemerintah kepada Gerakan Pramuka, karena organisasi ini memiliki struktur yang baik dari tingkat Daerah, Nasional hingga Internasional, serta sebagai tempat berkumpulnya kaum muda untuk melatih potensi dan kepribadian pramuka," kata Raka.

"Pramuka dan Olahraga memiliki suatu kesamaan yaitu dapat membentuk karakter, watak, akhlak dan budi pekerti. Pemerintah ingin menampilkan citra yang baru dalam hal ini Rebranding Gerakan Pramuka agar lebih diterima oleh masyarakat luas," tambahnya.


Demikian penjelasan mengenai Senam Pramuka Jilid 2 Versi Lomba.

Mungkin anda suka




Tonton Juga










SENAM MAUMERE





SENAM MAUMERE SDN SEKARJATI 1 KARANGANYAR





SENAM PGRI





SENAM PGRI SDN SEKARJATI 1





Baca: