Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!





25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!





25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!
(Private images)



25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!. Ngawi merupakan sebuah kabupten yang terletak di provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Ngawi bedekatan dengan kabupaten magetan di bagian selatan, madiun di bagian timur, bojonegoro dan blora di bagian utara, sragen di bagian barat, karanganyar di bagian barat daya. Seperti halnya kabupaten-kabupaten lain disekitarnya, Ngawi juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat recommended bangets. Tahukah sobat semua, Ngawi mempunyai julukan juga Lho…!, bahkan tidak hanya satu julukan, ya kabupaten ngawi mempunyai beberapa julukan diantaranya yaitu kota “kota Bambu”   yang di yakini menjadi asal usul nama Kabupaten ngawi tersebut yaitu awi yang mempunyai arti bambu dan di tambahi dengan ng. Nngawi juga di juluki sebagai Kota “kripik tempe” karena di ngawi terdapat kripik tempe yang khas dan jarang ada di kota lainya. Nah yang terakhir dari julukan kota ngawi yaitu ngawi merupakan kota “Kota Yang Ramah” , julukan tersebut lah menjadi slogan kota ngawi, dan sering disebut Ngawi Kota Ramah.
Ngawi Ramah Merupakan slogan andalan kota ngawi 





Setelah kita membahas tentang letak dan perbatasan kabupaten ngawi serta slogan-slogannya, pada kesempatan ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang 25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits ini. Dengan membaca artikel saya yang berjudul 25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits ini siapa tahu saat sobat sedang suntuk, lelah, capek dan perlu refreshing nanti berkenan untuk berkunjung ke 25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits ini. Karena selain murah, nyaman dan asri 25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits ini merupakan tempat wisata asli milik kabupaten ngawi yang harus kita lestarikan, dan tentunya dengan berkunjung ke 25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits ini sama artinya kita sudah mencintai tanah air dan bangsa serta cinta produk dalam negeri.






1.  Air Terjun Pengantin
25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!
25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!

Salah satu air terjun di ngawi ini mempunyai nama yang unik, pengambilan nama “air terjun pengantin” karena di tempat tersebut terdapat sepasang air terjun yang mempunyai ketinggian yang sama yaitu sekitar 12 meter dari dasar air terjun juga sama kedalamannya. Bagi anda yang tidak suka dengan keramaian atau suka tempat yang damai penuh sensasi alam tempat ini patut anda jadikan refrensi untuk menghabiskan akhir pekan, karena air terjun pengantin ini sangat erat dan dekat dengan alam yang masih semi perawan meskipun sudah banyak orang yang mendatanginya meskipun lokasi yang agak jauh, namun akses jalan menuju kesana sudah sangat bagus dengan aspal baru yang mudah diakses melalui kendaraan roda dua maupun mobil pribadi, bahkan bus pun sudah bisa masuk kesana. Adapun lokasi Air Terjun Pengantin yaitu berada di balik perkebunan teh jamus yang merupakan icon Wisata Kota  Ngawi. Wisata Jamus akan dibahas di bagian selanjutnya ya. 

Air terjun ini tepatnya berada di Dusun Mbesek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Untuk menuju lokasi ini di buthkan perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor sekitar 3 jam dari pusat kota ngawi. Namun jangan khawatir sobat semua, meskipun lokasinya agak jauh, namun usaha kalian akan terbayar jika kalian udah menyaksikan sendiri keelokan pemandangan dan betapa freshnya udara dan air di Air Terjun Pengantin.




2.  Perkebunan Teh Jamus Ngawi

KEBUN JAMUS
Perkebunan teh jamus ngawi

Obyek wisata  Perkebunan Teh Jamus Ngawi ini terletak di Dsn Jamus, Ds Girikerto, Kec Sine Ngawi ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan di kota ngawi. Tauhakah kalian, kebun teh ini merupakan peninggalan pada masa penjajahan belanda. Jika anda pergi tempat anda bisa menikmati sejuknya perkebunan the yang terhampas luas dari bukit borobudur yang menjadi bagian kebun teh tersebut. Disebut bukit borobudur karena bentuk landaian-landaian bukit yang menyerupai dengan candi borobudur yang ada di magelang jawa tengah. Berbeda dengan kebun teh pada teh yang lain, di jamus ini banyak pohon teh yang sudah berumur puluhan hingga ratusan tahun.





Selain menyuguhkan pemandangan kebun teh yang mempesona, di lokasi tersbut juga terdapat flying fox dan jernihnya sumber mata air sumbe Lanang di lokasi perkebunan teh. Tidak hanya itu di kebun teh tersebut anda juga bisa melihat proses pembuatan the di pabrik teh dan membawa pulang teh khas jamus yang mempunyai rasa kopi. Satu lagi, di Perkebunan The Jamus terdapat juga berbagai macam jajanan angkringan maupun kaki lima yang harganya merakyat namun rasanya sangat reasonable sesuai sekali di santap di jamus yang udara dan airnya sangat dingin. Jika sobat kesana, saya sangat merekomendasikan kalian untuk mencoba jajanan cilok kuah dan cilok goring Kang Samingun ya…, jika kalian ingin makan siaomay dan rujak silakan mencari pedagang dengan nama mbak yenita. Selain rasanya enak, mereka adalah kawan-kawan penulis semasa sama sama bersekolah di SMA.

Ketauhi lebih banyak tentang wisata jamus dengan Agrowisata perkebunan Teh Jamus (Bagai negeri diatas awan)





Air Terjun Srambang

Wisata selanjutnya yaitu masih mebahas tentang wisata alam. Yaitu air terjun srambang yang agak tersembunyi, karena letaknya yang berada di lereng gunug lawu. Tepatnya berada di Ds Girimulyo, Kec Jogorogo Ngawi. Air terjun ini terletak di anatara hutan pinus sehingga tercipta suasana yang sejuk dan sunyi. Tempat wisata ini di rekomendasikan bagi anda yang suka dengan traveling mengingat dibutuhkan perjalanan yang berliku untuk sampai ke loasi air terjun srambang tersebut. Untuk mencapai lokasi tersebut anda harus menumpuh jarak 25 km dari kota ngawi sampai ke gerbang tiket retribusi. Setelah melewati gerbang tiket retribusi anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki hingga memakan waktu sekitar 30 menit untuk  sampai ke lokasi air terjun. Perjalan yang cukup panjang ya hhh, tapi tenang saja ketika sampai ke lokasi air terjun pasti rasa lelah akan terbayar dengan indahnya air terjun tersebut.


Air terjun di kawasan pergunungan selama ini memang menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi setiap hari libur. Segarnya air dan sejuknya udara khas gunung memang menjadi dua hal yang kerap dirindukan para wisatawan.

Selengkapnya: Air Terjun Srambang Park Ngawi




Destinasi wisata semacam itu juga dimiliki oleh Kabupaten Ngawi, terutama di sisi barat wilayahnya yang merupakan lereng Gunung Lawu setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Salah satu air terjun kawasan pergunungan di Kabupaten Ngawi adalah Srambang, yang tengah naik daun. Kini destinasi ini bernama Srambang Park yang tak hanya menyajikan keindahan air terjun semata, tetapi juga memiliki pesona keindahan bagai taman surga.

Srambang Park yang baru satu tahun dibuka ini tepatnya berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Ngawi adalah sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Rute paling mudah jika dari timur adalah melalui Pasar Jogorogo ke arah barat. Nantinya ada plang penunjuk arah menuju Air Terjun Srambang. Perjalanan pun kemudian meninggalkan jalan utama dan melewati jalan yang lebih sempit. Jarak dari jalan utama Jogorogo sampai area parkir Srambang Park adalah kurang-lebih lima kilometer. Kondisi jalan cukup sempit, naik-turun, dan berkelok khas pergunungan. Namun, kendaraan seperti bus besar masih bisa melintas, meski cukup repot. Keindahan bak taman surga nan instagramable Berdiri di tanah Perhutani seluas 11 hektar, Srambang Park menyajikan keindahan taman nan instagramable di antara sungai, pepohonan, dan air terjun. Kehadiran taman ini semakin mempercantik kawasan Air Terjun Srambang tanpa menghilangkan keasriannya. Di bawah pengelolaan CV Hargo Dumilah, pengunjung akan langsung disajikan oleh keindahan Srambang Park sejak loket masuk. Taman di kanan-kiri jalan setapak terlihat begitu padu dengan pepohonan pinus yang terlebih dahulu ada. Baca juga: Soko Langit, Infinity Pool ala Gunung Lawu Jalan setapak yang ada mengarah ke lokasi air terjun. Keindahan taman pun senantiasa setia menemani sampai ujung jalan dengan beragam tanaman dan penataannya yang serasi dengan aliran sungai di sampingnya. Salah satu spot yang menarik adalah kawasan jembatan bambu yang berada di pinggir jalan. Jembatan bambu itu dibuat di atas taman yang berwarna-warni, lengkap dengan pondokan kecil untuk beristirahat atau berfoto.

Berada di sana seolah membuat siapa pun tak bisa menahan diri untuk mengabadikannya dengan lensa kamera. Keindahannya semakin lengkap dengan gambar “love” yang dibuat dari tanaman berwarna merah di antara rumput hijau sekitarnya. Spot foto juga ada di tengah jalan setapak menuju air terjun, tepatnya di jembatan kayu yang melintang di atas sungai. Bentuknya yang unik dan serasi dengan nuansa alam membuat jembatan kayu ini begitu instagramable. Menjelang sampai air terjun, lokasi menjadi semacam lembah sempit. Ujung lembah yang terlihat seperti celah sempit menjadi titik lokasi Air Terjun Srambang berada. Di sinilah pula asal sungai yang mengalir sepanjang Srambang Park.


Air yang jatuh dari atas pun unik. Aliran air tidak langsung terjun, tetapi mengalir dengan lembut di atas bebatuan yang hampir tegak. Karena berasal dari Gunung Lawu, airnya pun terasa begitu sejuk dan segar. Selain menyejukkan mata, suasana di Srambang Park juga begitu menyejukkan hati. Merdunya suara deru air berpadu dengan kicauan burung dan serangga sangat mendamaikan kalbu.
Srambang Park




Legenda Jaka Tarub dan Sunan Lawu Air terjun ini juga memiliki legenda, yakni tempat pertemuan Jaka Tarub dengan bidadari bernama Nawang Wulan. Dikisahkan mereka juga berpisah di sini. Ketika akan berpisah Jaka Tarub meminta Nawang Wulan agar sering menengok dirinya dan anaknya, Nawangsih. Permintaan Jaka Tarub itulah yang menjadi asal penamaan Srambang pada air terjun ini. Nama Srambang diambil dari bahasa Jawa, nyambangi yang berarti menengok. Selain itu, ada pula kepercayaan kalau di Air Terjun Srambang inilah tempat penguasa Gunung Lawu, Sunan Lawu. Konon Sunan Lawu seringkali menampakkan diri di lokasi air terjun.


Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke Srambang Park dihimbau untuk selalu menjaga sikap dan perbuatan. Hal itu bisa diterapkan pengunjung dengan tetap menjaga tutur katanya dan kebersihan kawasan. Kini setiap hari libur, Srambang Park selalu dipadati oleh wisatawan. Saat libur akhir pekan biasa, pengunjungnya mencapai ratusan orang. Sementara ketika libur panjang, dalam sehari wisatawan yang berkunjung bisa mencapai lebih dari 1.000 orang. Fasilitas penunjang wisata di Srambang Park juga sudah lengkap. Telah tersedia area parkir, warung makan, mushalla, kamar mandi, dan toilet. Tiket masuknya juga cukup terjangkau, yakni Rp 15.000.




4.  Waduk Pondok Ngawi

25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!
Waduk Pondok Ngawi

Waduk Pondok ngawi, merupakan tempat wisata air di ngawi yang menyuguhkan pemandangan waduk dan pegunungan yang indah. Waduk ini terletak di Kec Dampit yang berjarak hanya 6 km dari pusat kota ngawi. Di tempat ini anda dapat bermain jetski, mengelilingi waduk dengan menaiki prahu dan berfoto ria dengan latar pemandanagn yang eksotis.


Wisata Waduk Pondok Ngawi sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti  libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan  Wisata Waduk Pondok Ngawi ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat  atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat  Wisata Waduk Pondok Ngawi di kota ngawi.
Wisata Waduk Pondok dengan hamparan air yang luas yang dikelilingi pohon-pohon yang rindang merupakan tempat rekreasi yang menarik. Hamparan rumput dan pepohonan di sisi kiri dan kanan akan memanjakan mata pengunjung dengan keindahan alam.


Obyek wisata ini juga  menawarkan keindahan panorama air dan perbukitan. Kita juga bisa menyaksikan upacara adat masyarakat setempat karena setiap tahunnya oleh masyarakat setempat diadakan upacara tradisional yang disebut keduk Beji. Bagi yang hobi memancing, kita bisa memancing sepuasnya. Karena secara rutin Dinas Pariwisata mengadakan lomba mancing dalam rangka memperkenalkan keindahan obyek wisata ini.



5.  Museum Trinil Ngawi

25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!
Museum Trinil Ngawi

Bagi anda yang suka dengan wisata benda-benda prasejarah, museum ini patut anda kunjungi. Di museum ini terdapat spesies Phitecantropus erectus yang merupakan fosil yang populer. Fosil tersebut di temukan di daerah ngawi seinggasehingga di bangunlah sebuah museum yang bernama Trinil. Museum Trinil terletak di Dsn Pilang, Ds Kawu, Kec Kedunggalar Ngawi. Tempat tersebut berjarak sekitar 14 km dari jantung kota ngawi. Di museum tersbut, anda dapat mengamati berbagai macam fosil seperti fosil manusia purba, tumbuh-tumbuhan dna hewan. Selain itu anda juga dapat mengetahui jejak jejak kehidupan manusia purba dengan mengamati sejumla fosil yang ada di museum trinil.




6.  Benteng Pendem Van Bosch
Benteng Van Den Bosch

Tempat wisata bersejarah di ngawi selanjutnya yaitu benteng pendem van bosch . Benteng tersebut merupakan benteng peninggalan belanda yang kaya akan nilai sejarah dan eksotis. Benteng ini mempunyai daya tarik yang berbeda dengan benteng-bentang lainya, yaitu dengan tembok tembok yang terlihat usang dan kusam. Walaupun terlihat seperti itu, tapi benteng ini masih kuat dan kokoh berdiri. Bagi anda yang hobi foto dengan latar bangunan tua, tempat ini sangat cocok untuk di jadikan obyek foto yang keren dengan ciri khas bangunan tua dan arsitetur yang indah. Benteng Pendem van Bosc berlokasi di titik pertemuan anatar begawan madiun dan bengawan solo.

Obyek wisata di ngawi yang pertama adalah Benteng pendem. Wisata bersejarah yang satu ini berdiri dari zaman penjajahan kolonial belanda zaman dulu yang masih kokoh sampai saat ini. Benteng pendem ini berada di Desa Pelem, Kec Ngawi Kota.

Benteng Pendem mempunyai ukuran luas tanahnya sekitar 15 hektar dan luas bangunan 165 m x 80 m persegi. Lokasinya sangat strategis dan mudah untuk anda temukan karena hanya berjarak 1 Km dari Kantor Pemkab Ngawi.

Bangunan benteng ini di beri nama benteng pendem karena letaknya seperti ada di dalam tanah karena di bangun lebih rendah dari daratan tanah yang ada di sekitarnya. Abad 19 kota Ngawi dulunya di jadikan Dermaga Pelayaran perdagangan di wilayah Jawa Timur. Benteng ini di gunakan sebagai pusat pertahanan Kolonial Belanda pada masa kepenjajahannya. Guna melawan perang gerilya yang di komandani oleh Pangeran Diponegoro pada tahun 1825-1830 masehi. Dengan tujuan mempertahankan kekuasaannya di kota Ngawi, Kolonial Belanda membangun Benteng Van Den Bosch. Yang selesai di bangun pada tahun 1845.

Benteng ini dulunya di lengkapi dengan 250 personil tentara Belanda dengan senjata api lengkap. 6 buah alat peledak meriam api. Serta 60 Orang kavaleri belanda yang di komandoi oleh Van Den Bosch sendiri.

Di dalam benteng pendem juga terdapat Makam dari K.H Muhammd Nursalim. Seorang Kyai pengikut pangeran Diponegoro yang tertangkap oleh Kolonial belanda. Dan di kubur hidup-hidup karena kesaktiannya yang konon susah untuk di bunuh. Di tembak tidak mempan dan kesaktian ilmunya yang tinggi.


Jadi wisata sejarah di ngawi yang satu ini sangat menarik untuk di kunjungi, apalagi bagi anda yang suka akan sejarah.



7.  Pesanggrahan Srigati


Pesanggrahan Srigati (Petilassan Majapahit)

Salah satu dari 25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits selanjutnya yaitu Pesanggrahan srigti. Tempat ini yang sarat akan sejarah dan juga menyimpan nilai mistis. Pesanggrahan ini berlokasi di Ds Babadan, Kec Paron yang berjarak sekitar 12 km dari jantung kota ngawi. Menurut cerita yang ada, di samping menjadi pesanggrahan Raja Brawijaya, tempat ini juga menjadi keraton bagi kerajaan mahluk ghaib. Dengan begitu banyak orang yang memanfaatkan tempat tersebut untuk ngalap berkah dan mencari ilmu ghaib. Namun hal tersebut tentunya tidak di bolehkan dalam agama. Namun, ternyata tempat ini berhubungan dengan sejarah kota ngawi. Ole karena itu patut anda kunjungi sebagai wisata sejarah yang ada di kota ngawi. Dan anda tidak perlu takut akan cerita-cerita yang beredar selama ini asalkan anda tidak berbuat macam macam di tempat itu. Di pesanggrahan ini ada beberapa tempat yang sekiranya sangat menarik untuk di kunjungi seperti sendang drajat, selodakan, pelenggahan soekarna. Pelenggaan agung srigati dan sendang tempuran silogonggo dan masih banyak lagi.




8.  Waterboom Tirto Nirmolo di Ngawi Jawa Timur
25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!
Tirtonirmolo Ngawi

Tak kalah dengan kota dan kabupaten lain, wisata di ngawi juga ada wisata bertemakan air atau permainan air, yaitu waterboom Tirto Nirmolo yang lokasinyaberada di pusat Kota Ngawi. Tempat yang selalu ramai di kunjungi ini ada di Jalan Raya Madiun kilometer 6 yang sangat strategis dan mudah di jangkau.

Lokasi tepatnya berada di Desa Tempuran, Kec Paron, Ngawi Jawa Timur. Anda bisa menikmati wanawisata air beserta fasilitas permainan yang tersedia di tempat ini. Seperti Perahu air, Kereta gantung dan yang lainnya.


Di Waterboom ini juga tersedia food court yang menyediakan berbagai macam menu makanan. Tempat yang sangat tepat untuk destinasi liburan keluarga anda di ngawi. Tempat ini cocok di jadikan sebagai tempat wisata keluarga di ngawi.




9.  Pemandian Tawun di Ngawi Jawa Timur
Tawun Ngawi

Salah satu objek wisata di ngawi yang satu ini merupakan destinasi wisata murah meriah yang ada di kota Ngawi. Tempat ini menawarkan fasilitas arena bermain, sarana Olahraga dan tempat yang representatif untuk berlibur anda dan keluarga. Lokasi tempat ini ada di Desa Tawun, Kec Kasreman, Ngawi Jawa Timur. Berjarak sekitar 7 Km dari pusat kota Ngawi. Obyek wisata ini juga memiliki beberapa koleksi binatang yang bisa anda jumpai. Seperti beberapa jenis burung, Monyet, dan kura-kura.


Di dalam obyek wisata ini terdapat Mata Air yang di gunakan untuk menyuplai pasokan air untuk kolam renang dan irigasi persawahan. Setiap tahun tempat ini digunakan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan upacara adat yang di kenal dengan Keduk Beji Tawun. Upacara adat ini di lakukan pada hari selasa Kliwon guna membersihkan Mata air yang ada di tempat ini.




10.     Monumen Soerjo di Ngawi
Monumen Soerjo Ngawi

Wisata sejarah di ngawi yang selanjutnya adalah monumen soerjo. Monumen ini di bangun guna mengenang Jasa Gubernur Jawa Timur Ke-1 pada kekejaman PKI tahun 1948.


Lokasi monumen serjo ini ada di jalan utama Solo-Ngawi, jadi lokasiinya sangat strategis dan mudah di jangkau. Lokasi monumen yang ada di tengah pepohonan yang rimbun dan teduh membuat suasana di wisata yang satu ini sangat nyaman. Dan juga cocok sebagai tempat istirahat setelah anda berkunjung ke berbagai tempat wisata di ngawi.




11.     Kerajinan Jati Gembol di Ngawi Jawa Timur


jatigembol
Kerajinan

Diantara banyak keunikan yang ada, salah satu keunikan Ngawi yaitu adanya perngrajin Gembol Jati yang unik dan artistik. Bagi anda pecinta seni kerajian, tempat ini adalah tempat yang tepat untuk destinasi wisata anda di kota Ngawi Jawa Timur. Seni kerajinan bernilai seni artististik yang unik dan berseni tinggi akan anda temukan di lokasi ini.


Barang-barang produksi dari tempat ini juga sudah merambah pasar Internasional. Banyak kolektor benda antik yang membelinya untuk koleksi dan pajangan. Lokasi sentra Kerajinan ini berada di Kec Nngawi, Kec Bringin, Kec Widodaren dan Kecamatan Mantingan. Jadi anda akan banyak menjumpai sentra pengrajin Seni ini di wilayah-wilayah tersebut.



12.     Sentra Industri Gamelan di Ngawi Jawa Timur


Gamelan

Wisata ngawi selanjutnya adalah sentra industri gamelan. Di tempat ini anda akan menjumpai industri musik Jawa yang sangat melegenda yaitu Gamelan. Sentra pengrajin alat musik yang satu ini ada di Desa Mojo, Kec Bringin Ngawi Jawa Timur.


Gamelan ini di buat dari bahan logam Perunggu kualitas terbaik dan logam kuningan super. Gamelan di tempat ini biasanya di pasarkan di daerah-daerah Jawa. Bahkan sudah keluar pulau jawa dengan omset penjualan yang sangat fantastis.



13.     Wisata Sejarah di Rumah Dr. Radjiman Widyodiningrat

Rumah Dr. Radjiman di Widodaren Ngawi

Dr. Radjiman Widyodiningrat ini adalah tokoh BPUPKI pada masa sebelum kemerdekaan RI tahun 1945. Rumah beliau yang berada di Desa Kauman, Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi Jawa Timur, bisa sekaligus anda kunjungi sebagai tempat wisata.


Di dalam rumah peninggalan beliau, masih tersimpan rapi beragai benda peninggalan bersejarah yang bisa anda temui.

Meski telah berusia lebih dari 134 tahun, rumah tua yang terletak di Dusun Dirgo, Desa Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, tersebut masih berdiri kokoh. Beberapa sudut bangunan terlihat baru saja direnovasi, namun tidak meninggalkan bentuk aslinya.

Warga desa setempat menyebut rumah tua itu dengan "Kanjengan", yakni rumah kediaman dr Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat, sang pahlawan bangsa yang tak terlupakan.

Saat berkunjung ke rumah Dr Radjiman Wedyodiningrat kami harus menunggu sang juru kunci yaitu Bp. Sagimin, karena ia mempunyai kepentingan. Kami harus menunggu beliau kurang lebih selama 2 jam. Tak sia-sia kami menunggu, karena bisa mempelajari sejarah Situs Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat.

Untuk memasuki kawasan situs, para pengunjung akan melewati sebuah gerbang yang besar. Pada gerbang itu terdapat tulisan "Situs Radjiman Wedyodiningrat". Setelah itu, pengunjung akan melewati jalan sepanjang 500 meter untuk menuju bangunan utama Kanjengan.

Banyak foto-foto yang terpajang di dinding Rumah Situs Dr. Radjiman Wedyodiningrat,  itulah yang menjadi saksi bisu bahwa Dr Radjiman memiliki peran penting bagi Bangsa Indonesia. Dan juga memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden RI yang pertama yaitu, Ir Soekarno.




14.     Wisata Air Terjun Teleng yang Mempesona

Teleng Waterfall

Wisata air terjun di ngawi yang satu ini masih sangat alami dan sayang sekali jika anda melewatkannya dalam waktu berlibur anda di Kota Ngawi Jawa Timur. Lokasi obyek wisata air terjun teleng ini berada di Ngrayudan. Pemandangan yang hijau asri dan indah akan membius anda untuk betah berada di obyek wisata alam ngawi ini.


obyek wisata ngawi ini masih belum di kelola jadi anda bisa menikmati pesonanya tanpa di pungut biaya masuk. Benar-benar alami bukan? Pastinya anda akan menyesali liburan anda jika tidak mengunjungi pesona air terjun teleng yang indah ini. Jadi tunggu apalagi gaes ayo segera data di wisata alam ngawi yang masih sepi ini.

Air Terjun Teleng Kab Ngawi terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di Hutan Jogorogo, Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63262. Terdapat 28 tempat wisata di Kab Ngawi. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut, silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.




15.     Agro Techno Park Potret Destinasi Wisata Daerah Ngawi

Pesona Agro Technopark Ngrambe Ngawi

Ngawi mempunyai Tempat Wisata baru bernama Agro Techno Park atau lebih dikenal ATP. Wisata ini terdapat di Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Wisata ini sangat tepat sebagaitempat berlibur bersama keluarga, dengan biaya masuk yang sangat relatif murah.Wisata Agro Techno Park merupakan bagian dari Balai Pelatihan Pertanian Pemerintah Kabupaten Ngawi yang masih dalam pengembangan dan dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus edukasi berbagai hal tentang pertanian.
Agro Techno Park


Kesan saya setelah mengunjungi wisata ini yaitu Tempat wisatanya hits mudah diakses, di pinggir jalan raya, tempatnya nyaman dan suara gemricik air dari aliran sungai yang begitu luar biasa.

Ketahui lebih banyak terntang tempat wisata ini dengan cara Telusuri lebih lanjut mengenai Agro Techno Park Ngrambe




16.     Air Terjun Suwono

25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!
Air Terjun Suwono

Lokasinya yang cukup tersembunyi akan mengajakmu untuk sedikit berpetualang. Menapaki jalan setapak diantara rimbunnya hutan pinus akan memberikan sensasi liburan yang berbeda. Perjalanan yang melelahkan akan segara berganti dengan decak kagum melihat keindahan air terjun nan eksotis di depan mata.

Di tempat ini kamu bisa menikmati secuil ketenangan yang akan membuat hatimu merasa nyaman, menyatu dengan alam. Lebih dari itu, kamu juga bisa menjelajahi keindahan hutan pinus di kawasan ini dan berburu spot foto terkeren buat pamer di Instagram.

Lokasi: Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.



17.     Taman Hutan Segawen


Pesona Ngawi

Nuansa alam yang masih asri dan sejuk akan memanjakanmu dengan segala keindahannya. Destinasi wisata alam dengan konsep kekinian ini sangat menarik untuk disambangi saat liburan. Dengan luas sekitar 3 hektare, taman ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Seperti gazebo, gardu pandang, rumah pohon, ayunan dll yang akan membuat momen liburanmu semakin berkesan.


Lokasi: Gagar, Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

18.     Bukit Kerek Indah


Instagramable Hill

Dari atas Bukit Kerek Indah kamu akan diajak untuk menikmati keindahan Kota Ngawi dengan landscape alam perbukitan dan Sungai Bengawan Solo yang sejuk dipandang. Ada beberapa spot foto yang bisa kamu explore agar liburanmu semakin greget dengan koleksi foto yang keren. Seperti jembatan kayu, love, ayunan, taman bunga, plang jalan dengan kata-kata lucu, dll.
Lokasi: Poncol, Desa Kerek, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.



19.        Omah Watu Ngawi, Arsitektur Kuno yang Akan Membuat Anda Terpukau
Omah Watu Ngawi, arsitekture kuno yang akan membuat anda terpukau. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar omah watu? Salah satunya pasti bangunan rumah kuno yang terbuat dari susunan batu. Benar. Selama ini dikenal beberapa peninggalan arsitektur kuno berbahan dasar batu. Sebut saja Candi Borobudur, Candi Prambanan, arca dan lain-lain. Jangan salah, kalian masyarakat Jawa Timur harusnya bangga. Ternyata ada bangunan batu yang tidak kalah unik, namanya Omah Watu Ngawi. Dinamakan Omah Watu Ngawi, karena 100% bangunannya terbuat dari batu. Omah Watu Ngawi terletak di Kecamatan Ngrambe. Letaknya strategis dan dekat dengan wisata alam lainnya, Omah Watu Ngawi ini tidak ada salahnya untuk dijadikan salah satu tujuan wisata. Banyak wisatawan dari berbagai daerah datang ke Tempat ini untuk menyaksikan keindahan arsitektur Omah Watu Ngawi.
Stone House

Omah Watu Ngawi berada di Dusun Bulurejo 2 Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Lokasi wisata ini tidak jauh dari SD Hargomulyo 4 dan Wisata Kebun Teh Jamus. Bangunan ini tercatat sebagai salah satu situs sejarah di Kabupaten Ngawi yang bisa menjadi daya tarik wisatawan. Omah watu ini terletak di lereng gunung Lawu.

Omah Watu Ngawi hanya ada satu pintu masuk, bentuknya menyerupai pintu. Bisa disebut pintu depan maupun samping karena bentuk bangunan yang mulai tidak utuh. Tahukah anda apa yang membuat anda akan terpukau ketika tiba disini? Ya, pasti arsitekturnya. Bangunan ini terdiri dari beberapa sekat. Sekat tersebut dibentuk dari tumpukan batu, yang fungsinya sebagai pembatas ruangan. Ada salah satu ruangan kecil, luasnya sekitar 3×2 meter, didalamnya ada satu batu yang bentuknya lonjong besar sebagai tempat duduk. Tentunya banyak hal yang akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke situs sejarah ini, salah satunya melihat keindahan arsitektur bangunan yang luar biasa. Tunggu apa lagi, saat kalian berkunjung ke Ngawi jangan lupa mampir ke Omah Watu Ngawi. Ada banyak sisi unik yang bisa kalian dapatkan disini.

Keindahan Arsitektur Omah Watu Ngawi. Bangunan yang keseluruhannya menggunakan batu dan tanpa semen, dan batu yang disusun sedemikian rupa. Benar. Omah watu ini menjadi bukti gaya arsitektur klasik. Meskipun bentuknya masih belum beraturan bangunan ini tidak menggunakan semen, hanya batu bata yang disusun. Uniknya, yang menjadi bahan bangunan bukan hanya batuan kali yang besar melainkan batu kerikil juga. Batu kerikil ini berfungsi mengganjal bentuk batu yang tidak mudah disusun. Konon katanya arsitek bangunan ini telah meninggal sehingga tidak ada lagi orang yang bersedia meneruskan. Tidak ada info secara pasti mengenai waktu pendirian omah watu ini. Namun, menurut Dinas Pariwisata Kabupaten Ngawi, batu-batu ini mulai disusun pada tahun 1977 dan membentuk sebuah bangunan setengah rumah. Luasnya kurang lebih 400 m2. Meskipun masih menjadi misteri, ada kemungkinan sang arsitek adalah warga sekitar bangunan tersebut.
Penampang Dalam

Beberapa sumber menyebutkan, batu-batu itu disusun tanpa menggunakan bahan lain selain batu alam. Berbekal peralatan sederhana, batu-batu alam tersebut dipotong dan disusun hingga terbentuklah rumah batu ini. Didukung suasana alam yang asri, Omah Watu ini layak menjadi pilihan wisata rekreasi yang asyik.

Omah Watu Ngawi atau yang biasa disebut Rumah Batu Hargomulyo ini menarik. Pasalnya, meskipun terbilang sederhana jika diresapi keindahannya ada unsur eksotis didalamnya.

Banyak sekali objek wisata yang ada di kabupaten Ngawi. Mulai dari wisata rohani, wisata alam, wisata sejarah maupun kuliner. Buat kalian yang sudah mengunjungi Omah Watu Ngawi, dan berniat meneruskan travelling ke berbagai objek lainnya bisa. Tenang. Ngawi siap memberi solusi. Di dekat Omah Watu Ngawi ada objek wisata yang terkenal, salah satunya Air Terjun Pengantin. Buat kalian pecinta film nasional nama ini tentu tidak asing lagi.

Air Terjun Pengantin identik dengan sebuah film misteri yang beredar beberapa tahun silam. Air terjun ini berada di Desa Hargomulyo, Ngawi. Lokasinya masih satu daerah dengan Omah Watu Ngawi. Tempat wisata ini sangat recommended banget untuk dikunjungi. Buat kalian pecinta wisata rohani, ada kompleks makam  Patih Ronggolono, yaitu Patih Bupati Ngawi yang pertama. Terletak di bukit Jabal Kadas, Desa Hargomulyo. Makam ini berada di atas bukit. Dari puncak bukit akan nampak hamparan sawah yang luas dan puncak gunung lawu yang megah. Hal ini didukung oleh udara yang sejuk dan pesona alam yang menarik.
Add caption


Kebun Teh Jamus. Buat kalian yang berkunjung ke Omah Watu Ngawi jangan lupa mampir ke Kebun Teh Ngawi. Jamus adalah wilayah kecamatan Sine. Kontur tanah yang tidak rata dan pemandangan alam yang eksotis akan menjadikan perjalanan anda menyenangkan. Rute tracking yang dilewati menarik dan recommended banget. Rutenya dari arah Ngrambe ke selatan melalui Desa Wakah, Desa Tawangrejo dan Desa Hargomulyo. Di Desa Hargomulyo bisa singgah sebentar di Jabal Kadas dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Kebun Teh Jamus.




20.     Wisata Watu Jonggol


Watu Jonggol Sine

Terletak di kaki Gunung Lawu, pemandangan di tempat ini sangat indah dan asri dengan udara sejuk yang begitu segar, membuat pikiranmu kembali fresh setelah lelah beraktivitas. Disebut Watu Jonggol karena di tempat ini terdapat batu besar yang sebagian tertutup oleh tanah.

Di taman wisata ini terdapat kolam renang yang bersumber dari mata air alami sehingga sangat menyegarkan. Berenang sambil menikmati pemandangan alam yang begitu indah akan membuat liburanmu semakin tak terlupakan.

Lokasi: Sedonomulyo, Desa Pandansari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.




21.     Taman Wisata Banyu Redjo Park

25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!
Banyu Redjo Park

Mini waterboom ini baru dibuka pada bulan Februari 2019 dan menjadi salah satu spot wisata menarik yang akan membuat liburanmu semakin seru. Selain menyediakan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, taman wisata ini juga dilengkap dengan sefie zone yang instagrammable, taman, free WiFi dan mini cafe.

Dengan tagline “Wisata mewah,harga murah, akses mudah, pemandangan indah, dan pelayanan ramah,” liburanmu di tempat ini pasti seru dan menyenangkan.

Lokasi: Jalan Raya Kedunggalar km. 3, Jenggrik, Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.



22.     Sensasi Hutan Pinus Embung Kuniran


embung kuniran

Mau lebih tenang? Pingin memancing? Coba pergi ke Wisata Embung Kuniran. Embung atau bendungan yang digunakan untuk irigasi warga setempat ini dikelilingi oleh hutan pinus. Kamu bisa duduk santai dengan teman-temanmu di pinggir embung. Keteduhan tempat ini dijamin bikin kangen!


23.     Waduk Pandean


Waduk pandean juga instagrammable Lho
(Dok. Warga Setempat)

Waduk Pandean Ini merupakan salah satu obyek wisata desa Pandean yang bermanfaat untuk rekreasi, irigasi serta memancing. Namun Waduk Pandean yang dibangun kurang lebih tahun 2011/2012 diutamakan fungsinya yaitu sebagai pengairan untuk pertanian di desa Pandean dan sekitarnya.




24.     Gunung Liliran di Ketanggung Sine

Gunung Liliran Sine

Gunung Liliran adalah salah satu obyek yang bisa anda temukan di  Desa Ketanggung, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Gunung Liliran menurut penduduk lokal adalah merupakan obyek wisata alam dan spiritual juga. Hal ini dikarenakan Gunung Liliran mempunyai latar belakang panorama alam yang mempesona. Jika anda mencapai puncak bukit, anda akan disuguhkan panorama yang elok dan indah berupa sawah-sawah yang terbentang luas dan sungai yang mengalir ke arah utara menuju ke Bengawan Solo. Selain itu di sana ada fenomena yang menjadi agensa rutin, yaitu pada tanggal 1 Muharram atau 1 Syuro, Gunung Liliran banyak dikunjungi oleh orang-orang yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Ada yang berziarah dan sebagian dari mereka ada yang bersemadi di dekat Makam Joko Budug.
Makam Joko Budug

Legenda Joko Budug sangat terkenal di kalangan masyarakat Ngawi. Ceritanya jaman dahulu ada seorang putri raja yang bernama Putri Ayu Rara Kemuning sakit parah. Raja pun membuat sayembara, barangsiapa yang dapat menyembuhkan sang putri maka akan bersanding dengannya. Dengan kesaktiannya, Joko Budug mampu menyembuhkan sang putri namun kemudian ia dibunuh oleh patih raja. Sebelum meninggal ia bersumpah hanya mau dikuburkan apabila telah dinikahkan dengan sang putri. Sang putri yang berduka melarikan diri dari istana, dan akhirnya menghembuskan nafas di gunung Liliran. Akhirnya sepasang kekasih tersebut dimakamkan di Gunung Liliran. Sejak saat itulah masyarakat menganggap tempat ini sebagai tempat keramat mengingat latar belakang sejarahnya.

Entah benar atau tidak cerita rakyat tersebut, obyek wisata Gunung Liliran cocok untuk menjadi destinasi liburan anda bila anda berencana mengunjungi kota Ngawi. Alamnya yang indah mampu menarik pengunjung untuk datang dan kembali lagi karena di tempat ini anda bisa melakukan banyak hal, seperti mendaki sampai ke puncak Gunung Liliran, berkemah, bermain di sungai yang ada di sana, berziarah ke makam Joko Budug, atau hanya sekedar hunting foto.

Karena tempatnya yang berada di pegunungan, anda bisa memastikan bahwa anda tidak bisa menemukan banyak fasilitas-fasilitas penunjang bagi pengunjung seperti di tempat wisata lainnya. Namun anda masih bisa menggunakan beberapa fasilitas yang ada seperti;
Area berkemah, Toilet umum, Lahan parkir, Warung

Di area Gunung Liliran, anda mungkin tidak bisa menemukan banyak warung atau tempat makan, hanya sekitar satu atau dua saja. Jadi lebih baik bila anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Hunting Foto di Gunung Liliran
Bagi anda yang sangat menyukai seni fotografi, anda bisa membawa kamera anda baik kamera handphone atau kamera profesional saat anda mengunjungi obyek wisata ini. Karena seperti yang disebutkan di atas, Gunung Liliran tidak hanya mempunyai pemandangan yang cantik namun juga beberapa area menarik seperti goa dan makam Joko Budug. Pemandangan yang ada di lokasi ini juga sangat cocok untuk anda jadikan target bidikan kamera. Dan jika anda membawa kamera yang tahan air, anda bisa mengabadikan berbagai momen seru bersama keluarga atau teman-teman saat anda sedang bermain di sungai. Kegiatan yang cocok untuk anda jadikan target foto lainnya adalah saat anda sedang menikmati api unggun bersama teman-teman anda.
Akses Jalan Menuju ke Gunung Liliran

Bagi anda yang ingin menuju ke tempat obyek wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan langsung saja arahkan kendaraan anda  kesulitan untuk menemukan lokasinya, anda bisa menyalakan aplikasi gps anda untuk menuntun anda menuju ke Desa Ketanggung, Kecamatan Sine, yaitu lokasi Gunung Liliran.




25.     Selo Ondo (Wisata Bumi Perkemahan yang Tepat untuk Berlibur)

Bumi Perkemahan Selo Ondo terletak di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, berjarak 30 Km dari pusat kota Ngawi. Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat Selo Ondo memberikan hawa yang sangat sejuk dan nyaman.

Selo Ondo berasal dari kata selo (jawa) yang mempunyai arti batu dan ondo(jawa) yang mempunyai arti tangga, Selo Ondo berarti tangga batu, namun banyak juga yang menyebutnya Selondo. Kawasan ini biasa digunakan sebagai Bumi Perkemahan (buper) oleh berbagai komunitas. Pemandangan yang indah berlatar belakang hutan pinus serta kesejukan udara pegunungan mendukung kegiatan adventure dan penjelajahan serta out bond.

Selo Ondo


Medannya yang naik turun cocok untuk menguji kekuatan fisik para pengikut organisasi kemanusiaan maupun kemasyarakatan. Terdapat pula sebuah sungai yang indah dengan jembatan layang yang membelah sungai tersebut, terdapat pula area rock climbing bagi yang punya nyali dan bernuansa meningkatkan adrenalin.

Dalam satu area Wisata Bumi Perkemahan Selo Ondo Desa Wisata Ngrayudan ini terdapat beberapa hal menarik yang juga bisa kamu kunjungi, seperti :

  • Situs Mosinan Kijang
  • Sanggar Tari Budaya Ngrayudan
  • Sendang Keputren
  • Watu Bungkus,dan
juga Taman Wisata Hutan Segawen serta River Tubing Kali Cunthang yang tidak jauh dari Selo Ondo.

Karena pemandangannya yang indah, Wisata Bumi Perkemahan Selo Ondo seringkali digunakan dalam mengisi liburan dan kenangan lulusan sekolah – sekolah di Kabupaten Ngawi dan juga luar wilayah Ngawi. Wisata Bumi Perkemahan Selo Ondo dengan pesona alamnya ini mampu menarik wisatawan baik dari daerah Ngawi maupun dari luar kota Ngawi.

Adapun beberapa fasilitas di Wisata Selo Ondo ini adalah sebagai berikut:

  1. Kolam Renang Selo Ondo
  2. Bumi Perkemahan
  3. River Tubing Anak
  4. Air Terjun
  5. Pemandangan Hutan Pinus
  6. Spot Foto Tulisan Selo Ondo

Lokasi ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Selain fasilitas – fasilitas itu, di kawasan Bumi Selo Ondo ini sudah ada home stay / guest house yang siap untuk memberikan layanan penginapan untuk Anda.

Baca Juga Monumen Soerjo Ngawi Menuju Wisata Cagar Budaya Kabupaten Ngawi Hits Millenial

Berlangganan via Email