Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Monumen Soerjo Ngawi Menuju Wisata Cagar Budaya Kabupaten Ngawi Hits Millenial





Salah satu Tempat Wisata Ngawi yang termasuk paket wisata ngawi dekat kabupaten magetan selain wisata mangkleng ngrambe ngawi, srambang park ngawi, wisata madiun, wisata rembang ngawi wisata di magetan tiket masuk srambang ngawi paket wisata ngawi wisata ngawi magetan wisata mangkleng ngrambe ngawi srambang park ngawi wisata madiun wisata rembang ngawi wisata di magetan tiket masuk srambang ngawi adalah Monumen Soerjo Ngawi yang merupakan Wisata Cagar Budaya yang dikelola oleh Kabupaten Ngawi yang merupakan tempat wisata Hits Millenial ini menyajikan informasi pembahasan monumen suryo, sejarah gubernur suryo dan dibangunnya monumen Surabaya yang dekat dengan lokasi pasar burung monumen suryo ngawi yang menjadi salah satu dari tempat wisata ngawi yang menyajikan patung yang ada di ngawi yang menggambarkan tragedi soerjo dan pembahasan monumen suryo serta sejarah monumen suryo di ngawi yang berlokasikan di dekat pasar burung monumen suryo setara dengan sejarah benteng pendem ngawi.

Monumen Soerjo Ngawi Menuju Wisata Cagar Budaya Kabupaten Ngawi Hits Millenial
Monumen Soerjo Ngawi Menuju Wisata Cagar Budaya Kabupaten Ngawi Hits Millenial

Monumen Soerjo Ngawi atau Monumen Suryo Ngawi merupakan salah satu dari tugu tugu di indonesia dan penjelasannya yang merupakan gambar monumen dan seniman yang membuatnya memiliki bagian bagian monas di dalam monas terdapat yang menggambarkan peristiwa bersejarah bangsa indonesia dengan teknik pembuatan monas monumen terbesar di indonesia monumen kretek indonesia monumen di surabaya.
Misteri monumen suryo menguak sejarah gubernur suryo gubernur pertama jawa timur yang menjadi korban pembantaian pki ngawi di dekat pasar burung monumen suryo ngawi kini dijadikan cagar budaya dan menjadi tempat wisata wisata ngawi.

Sejarah Soerjo Ngawi
Monumen Suryo, sebuah lokasi wisata di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur menjadi salah satu tempat wisata terfavorit bagi masyarakat lokal. Meskipun hanya monumen saja, bangunan monumen ini penuh dengan sejarah yang tidak mungkin akan dilupakan dengan mudah khususnya oleh masyarakat Ngawi. Monumen Suryo ini dibangun sebagai tanda hormat masyarakat Kabupaten Ngawi pada khususnya dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya pada seorang tokoh Gubernur pertama Jawa Timur, RM. Soerjo meninggal akibat adanya insiden PKI pada tahun 1948. Gubernur Pertama Jawa Timur ini menjadi salah satu target penculikan oknum PKI dan dibunuh dengan sadis di tengah Hutan Kedungalar, Ngawi. Monumen Suryo diresmikan pada 28 Oktober 1975 oleh Pangdam VIII/Brawijaya, Mayjen TNI Witarmin.




Sementara singkat cerita bahwa, sejarah berdirinya monumen Soerjo (Suryo) tak lepas dari kebiadaban PKI. Pena sejarah tercatat ketika pada tanggal 10 September 1948, Gubernur Jawa Timur pertama, Raden Mas Tumenggung Aryo Soerjo (RMT-A Suryo) serta 2 perwira polisi di hadang pasukan pemberintak dari Partai Komunis. Ketiganya lantas ditelanjangi dan kemudian dibunuh di dalam hutan, Baru keesokan harinya, jasadnya ditemukan oleh seorang pencari kayu bakar. Lokasi wisata yang tergolong sebagai wisata alam ini tidak hanya menyuguhkan cerita sejarah yang terintepretasikan melalui Monumen Suryo saja, melainkan ada daya tarik wisata lainnya yang tak boleh anda lewatkan. Sebut saja atmosfer alam yang masih asri dan asli. Lokasi wisata ini juga menyuguhkan keindahan panorama alam yang sangat indah. Siapa pun akan merasakan suasana tenang dan damai saat berada di tempat wisata ini.
Monumen Soerjo Ngawi Menuju Wisata Cagar Budaya Kabupaten Ngawi Hits Millenial
Akhir Jalan

Untuk tetap menjaga keasrian lingkungan sekitar monumen, pihak pengelola tempat wisata Monumen Suryo telah menghiasi monumen dengan 23 jenis tanaman langka seperti citradora, Sawo kecik, Sonokeling, Cendana, dan masih banyak jenis tanaman langka lainnya. Ada juga koleksi burung yang disangkarkan seperti burung Podang, Perkutut, Bekisar, dan lain sebagainya. Demi kenyamanan pengunjung, di kawasan wisata ini telah disediakan berbagai fasilitas dasar seperti mushola, ruang informasi, taman bermain, dan sebuah pendopo. Para pengunjung tidak dipungut biaya masuk untuk menikmati segala fasilitas dan daya tarik wisata alam yang satu ini

Fasilitas Monumen Soerjo Ngawi
Kira-kira apa sih Fasilitas Monumen Soerjo Ngawi? Fasilitas Monumen Soerjo Ngawi sangat lengkap. Mulai dari lokasi strategis yang berada di pinggir jalan Raya Solo-Ngawi tepatnya berada di Dusun Banjarejo, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi dan Monumen Soerjo Ngawi ini dilengkapi dengan puluhan gazebo terbuat dari kayu jati yang dipoles dengan vernis mengkilap, ribuan tanaman hias dan bunga yang siap memanjakan para pengunjungnya, fasilitas MCK yang bersih dan banyak, dekat dengan lokasi pasar burung monument suryo, tempat parker yang luas, fasilitas kolam renang dan waterboom yang akan segera dibangun pada waktu dekat ini.

Baca Juga


Untuk lebih jelasnya tentang Monumen Soerjo Ngawi Menuju Wisata Cagar Budaya Kabupaten Ngawi Hits Millenial ini silakan simak video dibawah ini:





Berlangganan via Email