Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trend Menekuni Profesi Generasi Milenial dengan Menjadi YouTuber, berikut adalah Cara Membuat Channel YouTube dan Menghasilkan Uang





Mariyadi.com. Mengapa artikel saya pada kesempatan ini saya beri judul Menekuni Profesi Generasi Milenial dengan Menjadi YouTuber, berikut adalah Cara Membuat Channel  YouTube dan Menghasilkan Uang? Apakah saya sudah berpaling dari profesi lama yaitu seorang Blogger menjadi seorang YouTuber? Apakah penghasilan seorang blogger masih kurang? Penghasilan, entah itu sedikit atau banyak tetap saja yang namanya manusia tidak pernah ada cukupnya. Tinggal bagaimana kita mensyukurinya. Iya khaan? Memang sejak beberapa waktu lalu saya mulai bermain di YouTube, bukan berarti saya sudah meninggalkan dunia perbloggingan. Sobat bisa buktikan dengan cara memantau blog saya maupun cek keaktifan saya di Kaskus Forum, Kompasiana maupun platform lainnya. Disana saya masih bersemangat untuk membagikan konten-konten sang saya harapkan bermanfaat bagi sobat kita pengguna internet, khususnya dalam dunia pendidikan.

www.mariyadi.com
Trend Menekuni Profesi Generasi Milenial dengan Menjadi YouTuber, berikut adalah Cara Membuat Channel  YouTube dan Menghasilkan Uang


A. Dasar-dasar Belajar Youtube untuk Youtuber Pemula

2.    Membuat Ide dan Konsep channel
Membuat Ide dan Konsep channel adalah hal yang sangat penting untuk membangun sebuah channel youtube. Mengapa ini penting, berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya ini bukan siapa-siapa. Saya bukan artis, tokoh maupun politikus kondang yang sehari membuat channel, mengupload 1 atau 2 video vlog di youtube yang beberapa hari kemudian langsung mendapat jutaan subscriber dan jutaan views sehingga langsung bisa lolos monetisasi dan mendapat penghasilan ratusan juta rupiah dari youtube. Sebagai seorang yang bukan siapa-siapa kita harus Membuat Ide dan Konsep channel yang tepat yang menggambarkan “kita” dan video-video apa saja yang kita sajikan dalam channel kita.




Sebaiknya kita membahas satu topic dalam pembahasan di channel kita. Itu akan lebih SEO friendly dan memiliki subscriber yang loyal. Misalnya sobat membahas tentang kerajinan, konten memancing, tutorial android, video pembelajaran, tutorial operator sekolah, dunia pramuka, wisata dan masih banyak lagi. Namun jika kita tidak mampu untuk membahas hanya dalam satu topic pembahasan karena khawatir kehabisan bahan pembahasan kita dapat membahas beberapa topic sekaligus dalam channel youtube kita. Dalam ilmu blog dan youtube hal ini dinamakan blog dan youtube gado-gado. Jika sobat ingin membuat channel gado-gado sebaiknya sobat membuat playlist atau daftar putar. Jika sobat ingin melihat contoh playlist atau daftar putar silakan sobat kunjugi channel YouTube Calon Guru. Atau tonton video dibawah ini.
Membuat Playlist atau Daftar Putar Channel YouTube

3.    Melakukan Pengaturan Channel Youtube dengan Baik dan Benar (Praktek)
Untuk melakukan pengaturan Channel Youtube supaya SEO Friendly silakan simak video dibawah ini:
Cara Setting Channel Youtube supaya SEO Friendly Banyak Subscriber dan Views

4.    Membuat Konten yang menarik dan berkualitas
Banyak pilihan ide-ide konten yang bisa sobat jadikan konten untuk youtube kalian, contohnya seperti Game jalan-jalan dan wisata, Tutorial, Mukbang, Review, Tren sosial dll. Untuk durasi video tidak perlu panjang-panjang cukup 5-20 menit saja biar penonton juga tidak bosen. Namun menurut saya konten apapun akan selalu menjadi menarik asalkan dibuat dengan sungguh-sungguh dari hati dan kontennya berkualitas dan yang paling penting adalah membuat konten sesuai passion dan kemampuan sobat. Jadi jangan sampe buat konten asal-asalan karena itu hanya akan menjadi sampah di youtube dan akan dibanjiri cercaan pengguna youtube.

5.    Membeli Peralatan untuk Videografi dan Editing
Setiap profesi akan memberikan hasil yang berlimpah dan pekerjaan akan terasa ringan dengan memiliki peralatan yang mumpuni. Jika petani memiliki peralatan yang disebut cangkul dan sabit, pedagang memiliki kalkulator, maka seorang youtuber seyogyanya memiliki peralatan yang harus dimiliki sesuai dengan topic yang dia bahas. Misalnya untuk seorang youtuber guru memerlukan peralatan seperti ponsel android, laptop, tripod, greenscreen, microphone dan headphone, kamera spec bagus dan lain sebagainya. Selain peralatan seorang youtuber memerlukan software yang dapat menunjang dengan performa baik dan mudah digunakan. Misalnya aplikasi rekam layar pada ponsel maupun rekam layar pada laptop. Rekam layar diperlukan untuk memvisualisasikan apa yang tidak dapat kita jelaskan melalui kata-kata. Sedangkan untuk editing kita juga memerlukan aplikasi maupun software yang enteng di perangkat dan mudah digunakan. Software ada yang berbayar ada juga yang gratis namun ada watermarknya. Namun sesuai dengan prinsip ekonomi saya lebih memilih untuk memakai software yang gratis namun tidak ada watermarknya. Saya biasanya untuk merekam layar HP Android memakai aplikasi Mobizen dan Plikasi Bandicam untuk PC atau lapotop. Sedangkan untuk keperluan editing video saya menggunakan kine master pro dan FilmoraGo untuk ponsel serta Camtasia untuk editing via PC /Laptop. jika sobat belum memiliki dan belum mengetahui cara edit video menggunakan aplikasi Camtasia no watermark silakan kalian Download Aplikasi Camtasia pada tautan dibawah ini:

Selanjutnya jika sobat belum pernah mencobanya silakan simak video dibawah ini:
Cara Rekam Layar dari HP Android Menggunakan Aplikasi Mobizen
Cara Rekam Layar PC/Laptop Menggunakan Aplikasi Bandicam
Cara Edit Video di HP Android Menggunakan FilmoraGo
Cara Edit Video di PC/Laptop Menggunakan Camtasia 8

6.    Mengupload Video ke YouTube
Jika pengeditan sudah selesai maka langkah berikutnya adalah Mengupload Video ke YouTube. Untuk mengupload video kita tidak boleh asal-asalan. Pada saat sobat ingin upload video ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena percuma kalo konten sudah menarik dan berkualitas tapi dari tampilan tidak menarik untuk ditonton. Jadi sobat harus memperhatikan hal berikut ini:
a.    Judul video memakai judul yang mengandung keyword atau kata kunci, karena bagaimanapun juga sobat harus menerapkan SEO (Search Engine Optimization) supaya video kalian muncul di pencarian yang terkait dengan konten videomu alias direkomendasikan oleh pihak youtube. Sebelum upload video ke youtube sobat sebaiknya melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Jika sobat belum pernah melakukan riset kata kunci silakan simak video dibawah ini;
Cara melakukan riset kata kunci video youtube

b.    Thumbnail video adalah gambar bagian depan video atau cover video sebelum diputar. Usahakanlah membuat thumbnail yang menarik dan bisa mewakili keseluruhan isi video agar menggoda orang-orang untuk nonton video kamu. Saya biasanya menggunakan aplikasi picsart untuk membuatnya. Jika sobat ingin mencobanya silakan simak video dibawah ini:
Cara Membuat Thumbnail Video YouTube Menggunakan PicsArt


Cara Memasang Thumbnail Video YouTube






c.    Membuat Deskripsi video yang jelas, padat, dan mengandung keyword atau kata kunci yang dikaitkan dengan judul dan tag video. Deskripsi ini isinya adalah penjabaran kata kunci dari judul dan tag. Buatlah dengan hati hati dan maksimalkan imajinasimu yaa..
d.   Cantumkan tag yang relevan Jangan lupa selalu cantumkan tag yang relevan dengan video karena tag merupakan semacam pengkategorian video sehingga tag yang bagus dan sesuai dengan konten video mu bisa membawa banyak penonton. Tag harus berisi kata kunci utama sesuai judul dan deskripsi.
e.    Mengatur sebaik mungkin pengaturan lanjutan. Untuk mengetahui cara mengatur pengaturan lanjutan yang baik silakan simak video dibawah ini yaa…
Cara Mengatur Pengaturan Lanjutan Video yang Diupload ke Youtube

7.    Promosi channel dan video
Melakukan Promosi channel dan video youtube kepada teman-teman atau pengguna media social adalah langkah terbaik yang biasa digunakan oleh youtuber pemula. Share atau membagikan video ke media social harus dilakukan dengan baik dan benar. Jika sobat ingin mengetahui Cara Share Video YouTube ke Media Sosial yang Baik dan Benar silakan simak video dibawah ini.
Cara Share Video YouTube ke Media Sosial yang Baik dan Benar

8.    Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber
Sebagai seorang youtuber yang menginginkan jumlah subscriber kita berkembang dengan pesat dan mendapatkan views berlimpah kita wajib hukumnya untuk Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber ini silakan simak video dibawah ini yaa..
Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber

9.    Punya Niat dan Semangat Pantang Menyerah
Bagi youtuber pemula yang bukan artis, kita wajib memiliki semangat yang tinggi dan niat serta tekad sekuat baja. Persyaratan untuk diterima dalam program partner youtube sehingga mendapatkan uang sangatlah berat. Yaitu sebuah channel youtube harus memenuhi persyaratan diantaranya:
a.    Memiliki 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir
b.    Mendapatkan 4.000 jam tayang public dalam 12 bulan terakhir
Banyak youtuber pemula yang merasa putus asa karena tidak mampu mengejar 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang tersebut sehingga akhirnya menyerah. Ada juga youtuber pemula yang menggunakan cara instan untuk mengejar 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang. Ada yang membuat konten prank membahayakan, konten penghinaan, bullying, konten yang menjurus kepada tindakan pornografi dan kekerasan dan lain sebagainya. Namun kita sebagai insan yang arif tentunya harus menghindari itu semua. Disini nanti saya juga akan berbagi tips untuk youtuber pemula yang secara jujur ingin membangun channel youtube supaya segera dapat mendapatkan uang dari youtube.

10.    Monetisasi YouTube Channel
Jika sobat telah Memiliki 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir dan telah Mendapatkan 4.000 jam tayang public dalam 12 bulan terakhir maka saat yang ditunggu-tunggu adalah mendaftarkan channel youtube untuk monetisasi video sobat supaya dapat menayangkan iklan. Darimanakah youtuber mendapatkan uang dari youtube? Sebenarnya bukan hanya dari iklan saja. Bisa melalui endorse, promote channel dan konten, afiliasi dan lain sebagainya. Namun kali ini pendapatan yang saya sampaikan adalah pendapatan youtuber dari google adsense.

Seorang youtuber mendapatkan pendapatan dari google adsense melalui penayangan iklan pada video-video yang dimonetisasi pemilik channel yang sudah dimonetisasi pada channelnya.

Jika sobat baru saja membuat channel youtube dan belum mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang maka langkah untuk memonetisasi channel adalah dengan cara berikut:
a.    Silakan sign in ke akun YouTube sobat,
b.    Pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas
c.    Klik “Creator Studio”.
d.   Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel”
e.    Klik “Status and features”.
f.     Pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada
Atau silakan Simak Video Dibawah ini
Cara Mengaktifkan Fitur Monetisasi Youtube

Jika Channel Youtube sobat sudah mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang maka langkah untuk memonetisasi channel adalah silakan simak video dan lakukan langkah-langkah dengan cara berikut:
Cara Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense (Mengaitkan Youtube ke Google AdSense) untuk Monetisasi 2020


B.  Teknik Meningkatkan Subscriber dan Views
Teknik mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang berjalan beriringan. Untuk meningkatkan jumlah subscriber dan views dengan cepat, sesuai dengan pengalaman saya sebagai seorang youtuber pemula melakukan cara sebagai berikut:
1.    Cara Mendapatkan 1.000 Subscriber dan 4.000 jam tayang youtube Untuk Channel Baru
Untuk mendapatkan 1.000 Subscriber dengan cepat untuk channel baru dan cara mendapatkan 4.000 jam tayang youtube Untuk Channel Baru sobat dapat menerapkan cara berikut:
a.    Dengan cara Sub4Sub
Dari namanya saja tentunya sobat telah memahami apa itu ati sub4sub. Sub4sub dalam dunia youtube dapat diartikan sebagai berikut. Sobat meminta teman kalian sesame youtuber untuk subscribe channel kalian dan sebagai imbal baliknya kalian subscribe ke channel youtube teman kalian. Dengan begitu kalian akan mendapatkan sibscriber baru dan teman kalian juga akan mendapatkan subscriber bagu juga. Disini kalau kita ibaratkan semacam simbiosis mutualisme. Namun ini kurang saya rekomendasikan karena ini tidak disukai oleh youtube. Hehe. Untuk lebih jelasnya silakan simak video dibawah ini;
Apakah Sub4Sub Aman?


b.    Meminta sanak family kalian untuk subscribe ke channel kalian meskipun mereka bukanlah seorang youtuber. Hal ini dimanakan “mengemis subscribe”.
c.    Membuat subscriber sendiri melalui youtube studio dan laptop kalian. Untuk caranya silakan simak video dibawah ini:
Cara Mendapatkan 1000 Subscriber dengan HP Terbaru | Calon Guru


d.   Mencari subscriber dan jam tayang yang banyak secara alami dengan membuat konten bermanfaat dan share video kalian kepada komunitas yang berkepentingan. Untuk contohnya silakan simak video dibawah ini:
Cara Mendapatkan Subscriber Youtube Secara Alami dengan Cepat untuk YouTuber Pemula | Calon Guru

Cara Mengerjakan ARKAS BOS 2020

e.    Mencari subscriber dan jam tayang secara alami dengan cara membuat konten viral dan trending. Sebagai contohnya silakan simak video dibawah ini:
Anak Indigo Cek Fakta Rumah Viral Milik Giman Desa Mengger Kecamatan Karanganyar Pindah Misterius

f.     Membuat konten bermanfaat dengan diniatkan untuk ibadah dan berbagi ilmu. Untuk contohnya silakan tonton video dibawah ini:
Video Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 | Calon Guru





C.  Optimalisasi Channel YouTube untuk Pembelajaran
Bagi sobat yang sedang mencari cara membuat konten pembelajaran, membuat channel youtube pendidikan
tema video edukasi, channel keluarga, channel family friendly, channel youtube edukasi luar negeri serta cara optimalisasi channel youtube untuk media pembelajaran silakan simak point-point dibawah ini:
1.    Memulai channel pendidikan di YouTube
2.    Membangun branding dengan nama channel, judul, tag dan gambar (Profile, Banner, Thumbnail)
3.    Membuat video pembelajaran yang mendidik dan menginspirasi
· ‘Edutainment’ - menggabungkan pendidikan dengan hiburan
· Pendidikan dan jawaban langsung
· Pembelajaran berbasis keterampilan
· Membuat konten berkelanjutan dan tertata rapi
4.    Mewujudkan ide dengan format video pendidikan yang tepat sesuai dengan keahlian
5.    Membuat video pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa atau pelajar
6.    Bangun kredibilitas dan resource
7.    Bereksperimen untuk menemukan yang akan berhasil
8.    Tarik penonton dari awal supaya tetap loyal
9.    Optimalkan metadata supaya video lebih cepat ditemukan
10.    Berinteraksi dengan audience
11.    Temukanlah opsi monetisasi

Atau silakan tonton video Optimalisasi Channel YouTube untuk Pembelajaran Dibawah ini
Cara Optimalisasi Channel YouTube untuk Pembelajaran

D.  Syarat Channel Youtube dapat Dimonetisasi (Proses Akun YouTube Standart Monetize)
Seperti yang telah saya sampaikan diatas bahwa persyaratan kelayakan Program Partner YouTube untuk dapat dimonetisasi adalah:
1.    Mematuhi semua kebijakan monetisasi YouTube.
Kebijakan monetisasi YouTube merupakan kumpulan kebijakan yang memungkinkan sobat untuk melakukan monetisasi di YouTube. Jika kalian adalah partner YouTube, perjanjian Anda yang mencakup kebijakan program partner YouTube mengharuskan Anda mematuhi kebijakan monetisasi agar berpotensi menghasilkan uang di YouTube. Jangan mengupload video atau konten yang dilarang oleh youtube. Apa saja sih konten yang dilarang oleh youtube?
· Konten seksual atau ketelanjangan
· Konten yang mengandung kebencian
· Pelecehan dan cyberbullying
· Ancaman dan pengintaian
· Privasi data pengguna lain
· Video yang mengancam keselamatan anak
· Konten yang merugikan atau berbahaya bagi developer
· Konten kekerasan atau vulgar
· Spam, metadata yang menyesatkan, dan scam yang menyesatkan
· Peniruan Identitas
· Melanggar Hak Cipta

2.    Tinggal di negara atau wilayah tempat Program Partner YouTube tersedia.
3.    Memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir.
4.    Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
5.    Memiliki akun AdSense yang ditautkan.

E.  Pembahasan Tentang Hak Cipta Video YouTube



Berlangganan via Email