Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Belajar YouTuber Pemula (Cara Menjadi YouTuber 2020)





Mariyadi.com. Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu. Sobat-sobat pembaca situs edukasi www.mariyadi.com dan sobat-sobat Calon Guru, pada artikel saya yang berjudul “Panduan Belajar YouTuber Pemula (Cara Menjadi YouTuber)” ini saya akan berbagi pengalaman seputar youtube dan berbagi teknik untuk cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang. Dalam Panduan Belajar YouTuber Pemula ini kita akan kupas tuntas Cara Menjadi YouTuber 2020 dengan baik dan benar serta menghasilkan uang.
 
www.mariyadi.com
Panduan Belajar YouTuber Pemula (Cara Menjadi YoTuber 2020)
Panduan Belajar YouTuber Pemula (Cara Menjadi YouTuber) ini nanti akan membahas materi seputar cara membuat channel youtube, creator academy youtube, cara mendapatkan uang dari youtube, youtube studio, cara berkarya di youtube, menemukan ide konten youtube yang bermanfaat, creator academy youtube, belajar membuat youtube serta seluk beluk youtube. Ada baiknya sebelum kita mulai pembahasan kita sobat untuk membaca daftar isi dibawah ini:

Daftar isi
A.  Dasar-Dasar Belajar YouTube
1. Membuat Channel YouTube
a.    Membuat Channel YouTube melalui Laptop/PC
b.   Membuat Channel YouTube melalui HP Android
2.    Membuat Ide dan Konsep channel (Pentingnya Playlist atau Daftar Putar Channel YouTube)
3.    Melakukan Pengaturan Channel Youtube dengan Baik dan Benar (Praktek)
4.    Membuat Konten yang menarik dan berkualitas
5.    Membeli Peralatan untuk Videografi dan Editing
6.    Mengupload Video ke YouTube dengan Benar
7.    Teknik SEO (Cara melakukan riset kata kunci video youtube)
8.    Promosi channel dan video
9.    Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber
10.     Punya Niat dan Semangat Pantang Menyerah untuk Mengejar Target
11.     Monetisasi YouTube Channel

B.  Optimalisasi Channel YouTube untuk Pembelajaran
C.  Teknik Meningkatkan Subscriber dan Viewers
D.  Proses Akun YouTube Standar Monetize
E.  Hal-Hal tentang Copyright/ Hak Cipta

Menjadi YouTuber di tahun 2020 ini nampaknya menjadi Trend Profesi Generasi Milenial untuk berkarya dalam dunia internet dalam bentuk videografi, berikut kita akan bahas Cara Membuat Channel  YouTube dan Menghasilkan Uang. Mengapa artikel saya pada kesempatan ini saya beri judul Menekuni Profesi Generasi Milenial dengan Menjadi YouTuber, berikut adalah Cara Membuat Channel  YouTube dan Menghasilkan Uang? Apakah saya sudah berpaling dari profesi lama yaitu seorang Blogger menjadi seorang YouTuber? Apakah penghasilan seorang blogger masih kurang? Penghasilan, entah itu sedikit atau banyak tetap saja yang namanya manusia tidak pernah ada cukupnya. Tinggal bagaimana kita mensyukurinya. Iya khaan? Memang sejak beberapa waktu lalu saya mulai bermain di YouTube, bukan berarti saya sudah meninggalkan dunia perbloggingan. Sobat bisa buktikan dengan cara memantau blog saya maupun cek keaktifan saya di Kaskus Forum, Kompasiana maupun platform lainnya. Disana saya masih bersemangat untuk membagikan konten-konten sang saya harapkan bermanfaat bagi sobat kita pengguna internet, khususnya dalam dunia pendidikan.

Saya ingat betul perbincangan saya dengan kawan-kawan blogger di group whatsapp Komunitas Blogger Indonesia. Pada saat itu banyak diantara teman disana yang sedang membahas potensi Blog dibanding YouTube untuk tahun 2020. Menurut survey yang dilakukan melalui google trends terbukti bahwa YouTube yang merupakan sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005 yang memungkinkan pengguna mengunggah video dan menonton video ini trending pencarian teratas. Tak heran, hal itu seiring dengan menurunnya minat baca masyarakat kita. Ternyata masyarakat kita lebih suka menonton daripada membaca. Misalnya anda ingin mencari tutorial cara menggambar, cara mendownload, cara menggunakan, cara-cara, cara membuat youtube channel, cara menggambar rumah atau cara-cara melakukan atau cara membuat sesuatu. Pasti anda cenderung lebih suka menyimak video di YouTube dibandingkan dengan membaca artikel di blog khan, sobat?




Bagi saya pribadi yang telah menekuni dunia perbloggingan sejak beberapa tahun terakhir dan telah merasakan manfaat dari bidang yang saya geluti tersebut merasakan betul akan hal itu. Pengunjung artikel saya yang dalam bentuk tutorial dan cara-cara kian sepi pengunjung. Namun hal tersebut tetap saja tidak menyurutkan tekad saya untuk terus berbagi. Karena ada hal yang tidak dapat dibagikan dalam bentuk visualisasi video. Misalkan contoh latihan soal ujian, contoh perangkat pembelajaran, contoh surat menyurat, contoh proposal, modul dan buku pelajaran digital tetap dapat dibagikan secara efektif melalui blog.

Saya tertarik dalam dunia peryoutuban ini kalau saya ingat mulai muncul ketika sekitar pada akhir tahun 2019 lalu saya diberi tugas oleh atasan untuk membina dan mendampingi para Anggota PMR Mula Kecamatan Karanganyar sebagai Kontingen PMR Mula Karanganyar untuk mengikuti Jumbara PMR di Lapangan Kecamatan Jogorogo Ngawi. Pada kegiatan tersebut salah satu kriteria penilaiannya adalah Kampanye Media Sosial yang mana setiap kontingen harus melaporkan kegiatan dan product kegiatan dalam bentuk artikel liputan dan visualisasi video dan diunggah di YouTube kemudian linknya di share atau dibagikan ke jejaring social facebook dan instagram. Semenjak itu saya memperhatikan analisa dari video-video yang saya unggah di youtube. Ada yang banyak like, ada yang dislike, ada yang berkomentar baik, ada yang berkomentar semaunya, ada yang video yang banyak dilihat dan ada yang sedikit dilihat. Satu lagi, ada yang terkena klaim hak cipta.

Kemudian pada suatu hari ketika pulang bekerja saya menonton televisi yang menyajikan tayangan tentang “Youtuber Terkaya di Indonesia 2020” yang membahas tentang peringkat youtuber dunia 2019, youtuber no. 1 dunia 2020, daftar youtuber terkaya di dunia 2020, urutan youtuber dunia 2020, youtuber terkaya di asia 2019, youtuber nomor 1 dunia 2020, youtuber anak terkaya di dunia saya melihat ternyata dunia YouTuber ini jika ditekuni dan dikelola dengan serius dapat bermanfaat bukan hanya karena bersifat informative namun dapat memperbaiki kemapanan dalam bidang ekonomi. Nyatanya di youtube terdapat Channel-channel yang menurut saya hanya seputar vlog kegiatan sehari-hari, prank, lelucon dan lain sebagainya mendapatkan tempat di hati pemirsa dengan memiliki jutaan subscriber dan memiliki banyak views. Kalau saya membuat channel youtube untuk niatan berbagi seputar dunia pendidikan alangkah senangnya hatiku.

Bukan berniat untuk menggurui, artikel berjudul Panduan Belajar YouTuber Pemula (Cara Menjadi YouTuber 2020) ini saya tulis hanya sekedar berbagi pengalaman pribadi yang saya harapkan dapat membuka mata, hati dan fikiran sobat semua bahwa ternyata di era digital yang mana lapangan pekerjaan semakin sempit ini ternyata kita dapat berkarya dan dapat ambil bagian didalamnya. Dan di YouTube ini adalah salah satu peluang yang terbuka lebar yang nyata bagi kita yang memungkinkan kita untuk mendapatkan manfaat finansial. Sebagai contoh bukti bahwa Youtube ini dapat menghasilkan uang sobat bisa cek channel-channel youtube yang sering sobat tonton dengan menggunakan situs socialblade untuk melihat penghasilan para youtuber. Untuk cara mengetahui pendapatan youtuber melalui socialblade silakan simak video dibawah ini.

Cara Mengetahui Penghasilan Youtuber melalui Socialblade




Setelah sobat mengetahui ternyata gaji youtuber sangatlah besar dalam tanda kutip,”Syarat dan ketentuan berlaku” tersebut sobat apakah tertarik untuk menjadi youtuber? Jika sobat masih pemula seperti saya, berikut ini saya bagikan pengalaman pribadi mulai dari nol sampai mendapatkan uang dari youtube. Artikel Trend Menekuni Profesi Generasi Milenial dengan Menjadi YouTuber, berikut adalah Cara Membuat Channel  YouTube dan Menghasilkan Uang ini saya tulis juga untuk menjawab pencarian terbanyak seputar youtube untuk cara membuat akun youtube yang menghasilkan uang, cara membuat channel youtube di hp menghasilkan uang, cara membuat youtuber, seluler youtube, cara membuat channel youtube di laptop, cara mengaktifkan channel youtube, login akun youtube, cara membuat akun youtube di laptop, cara mendapatkan uang dari youtube tanpa upload video, berapa subscriber untuk mendapatkan uang, cara menjadi youtuber, cara membuat channel youtube, gaji youtuber, cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang, cara mendapatkan uang dari youtube dengan android, cara membuat akun youtube. Berikut adalah langkah-langkah sederhana membangun channel youtube yang saya rangkum kedalam Dasar-dasar Belajar Youtube

A. Dasar-dasar Belajar Youtube untuk Youtuber Pemula
Langkah pertama untuk menjadi seorang youtuber adalah sobat harus membuat channel youtube. Untuk membuat channel youtube sobat dapat melakukannya melalui PC atau Laptop dan HP Android yang kalian punya. Berikut ini adalah langkah-langkah Membuat Channel YouTube:
a.    Membuat Channel YouTube melalui Laptop/PC
·      Langkah 1: Buka youtube.com di browser, di sini sobat tinggal Sign In (kalau belum pernah login sebelumnya) kalau belum pernah punya akun google silakan buat dulu yaa..
·      Langkah 2: Login pakai akun gmail yang sobat punya
·      Langkah 3: Kalau sudah berhasil login, sekarang sobat bisa akses menu profil youtube. Nah untuk membuat channelnya kamu tinggal klik ikon profil di sebelah kanan atas dan pilih menu Settings
·      Langkah 4: Kemudian pada tab Accounts sobat pilih menu Create a new channel
·      Langkah 5: Selanjutnya kamu akan dimintai nama channel yang mau kamu buat. Buatlah nama channel yang menggambarkan dirimu, bisa juga menggunakan namamu. Kalau sudah klik tombol Create Channel
·      Langkah 6: Untuk mempercantik tampilan channel yang baru sobat buat klik tombol Customize Channel. Masukkanlah foto profil kamu yang terbaik dan header banner yang menarik yang menggambarkan channelmu.
Jika sobat ingin menyaksikan demo Membuat Channel YouTube melalui Laptop/PC silakan tonton video dibawah ini:

Cara Membuat Channel YouTube melalui Laptop/PC



b.   Membuat Channel YouTube melalui HP Android
Untuk Membuat Channel YouTube melalui HP Android tak kalah mudahnya dengan Cara Membuat Channel YouTube melalui Laptop/PC. Untuk Membuat Channel YouTube melalui HP Android silakan perhatikan langkah-langkah Untuk Membuat Channel YouTube melalui HP Android dibawah ini:
·      Langkah 1: Sobat bukalah aplikasi youtube. Kalau belum login akun gmail, silahkan login dulu. Kalau sudah login, kemudian tap ikon profil yang berada di pojok kanan atas.
·      Langkah 2: Pilih menu your channel kemudian tap ikon gear untuk atur tampilan profil channel seperti foto profil dan header banner sesuai kengininanmu.
Jika sobat ingin menyaksikan demo Membuat Channel YouTube melalui HP Android silakan tonton video dibawah ini:


Cara Membuat Channel YouTube melalui HP Android


2.    Membuat Ide dan Konsep channel
Membuat Ide dan Konsep channel adalah hal yang sangat penting untuk membangun sebuah channel youtube. Mengapa ini penting, berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya ini bukan siapa-siapa. Saya bukan artis, tokoh maupun politikus kondang yang sehari membuat channel, mengupload 1 atau 2 video vlog di youtube yang beberapa hari kemudian langsung mendapat jutaan subscriber dan jutaan views sehingga langsung bisa lolos monetisasi dan mendapat penghasilan ratusan juta rupiah dari youtube. Sebagai seorang yang bukan siapa-siapa kita harus Membuat Ide dan Konsep channel yang tepat yang menggambarkan “kita” dan video-video apa saja yang kita sajikan dalam channel kita.

Sebaiknya kita membahas satu topic dalam pembahasan di channel kita. Itu akan lebih SEO friendly dan memiliki subscriber yang loyal. Misalnya sobat membahas tentang kerajinan, konten memancing, tutorial android, video pembelajaran, tutorial operator sekolah, dunia pramuka, wisata dan masih banyak lagi. Namun jika kita tidak mampu untuk membahas hanya dalam satu topic pembahasan karena khawatir kehabisan bahan pembahasan kita dapat membahas beberapa topic sekaligus dalam channel youtube kita. Dalam ilmu blog dan youtube hal ini dinamakan blog dan youtube gado-gado. Jika sobat ingin membuat channel gado-gado sebaiknya sobat membuat playlist atau daftar putar. Jika sobat ingin melihat contoh playlist atau daftar putar silakan sobat kunjugi channel YouTube Calon Guru. Atau tonton video dibawah ini.

Membuat Playlist atau Daftar Putar Channel YouTube


3.    Melakukan Pengaturan Channel Youtube dengan Baik dan Benar (Praktek)
Untuk melakukan pengaturan Channel Youtube supaya SEO Friendly silakan simak video dibawah ini:
Cara Setting Channel Youtube supaya SEO Friendly Banyak Subscriber dan Views

4.    Membuat Konten yang menarik dan berkualitas
Banyak pilihan ide-ide konten yang bisa sobat jadikan konten untuk youtube kalian, contohnya seperti Game jalan-jalan dan wisata, Tutorial, Mukbang, Review, Tren sosial dll. Untuk durasi video tidak perlu panjang-panjang cukup 5-20 menit saja biar penonton juga tidak bosen. Namun menurut saya konten apapun akan selalu menjadi menarik asalkan dibuat dengan sungguh-sungguh dari hati dan kontennya berkualitas dan yang paling penting adalah membuat konten sesuai passion dan kemampuan sobat. Jadi jangan sampe buat konten asal-asalan karena itu hanya akan menjadi sampah di youtube dan akan dibanjiri cercaan pengguna youtube.

5.    Membeli Peralatan untuk Videografi dan Editing
Setiap profesi akan memberikan hasil yang berlimpah dan pekerjaan akan terasa ringan dengan memiliki peralatan yang mumpuni. Jika petani memiliki peralatan yang disebut cangkul dan sabit, pedagang memiliki kalkulator, maka seorang youtuber seyogyanya memiliki peralatan yang harus dimiliki sesuai dengan topic yang dia bahas. Misalnya untuk seorang youtuber guru memerlukan peralatan seperti ponsel android, laptop, tripod, greenscreen, microphone dan headphone, kamera spec bagus dan lain sebagainya. Selain peralatan seorang youtuber memerlukan software yang dapat menunjang dengan performa baik dan mudah digunakan. Misalnya aplikasi rekam layar pada ponsel maupun rekam layar pada laptop. Rekam layar diperlukan untuk memvisualisasikan apa yang tidak dapat kita jelaskan melalui kata-kata. Sedangkan untuk editing kita juga memerlukan aplikasi maupun software yang enteng di perangkat dan mudah digunakan. Software ada yang berbayar ada juga yang gratis namun ada watermarknya. Namun sesuai dengan prinsip ekonomi saya lebih memilih untuk memakai software yang gratis namun tidak ada watermarknya. Saya biasanya untuk merekam layar HP Android memakai aplikasi Mobizen dan Plikasi Bandicam untuk PC atau lapotop. Sedangkan untuk keperluan editing video saya menggunakan kine master pro dan FilmoraGo untuk ponsel serta Camtasia untuk editing via PC /Laptop. jika sobat belum memiliki dan belum mengetahui cara edit video menggunakan aplikasi Camtasia no watermark silakan kalian Download Aplikasi Camtasia pada tautan dibawah ini:




Selanjutnya jika sobat belum pernah mencobanya silakan simak video dibawah ini:
Cara Rekam Layar dari HP Android Menggunakan Aplikasi Mobizen

Cara Rekam Layar PC/Laptop Menggunakan Aplikasi Bandicam

Cara Edit Video di HP Android Menggunakan FilmoraGo




Cara Edit Video di PC/Laptop Menggunakan Camtasia 8


6.    Mengupload Video ke YouTube
Jika pengeditan sudah selesai maka langkah berikutnya adalah Mengupload Video ke YouTube. Untuk mengupload video kita tidak boleh asal-asalan. Pada saat sobat ingin upload video ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena percuma kalo konten sudah menarik dan berkualitas tapi dari tampilan tidak menarik untuk ditonton. Jadi sobat harus memperhatikan hal berikut ini:
a.    Judul video memakai judul yang mengandung keyword atau kata kunci, karena bagaimanapun juga sobat harus menerapkan SEO (Search Engine Optimization) supaya video kalian muncul di pencarian yang terkait dengan konten videomu alias direkomendasikan oleh pihak youtube. Sebelum upload video ke youtube sobat sebaiknya melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Jika sobat belum pernah melakukan riset kata kunci silakan simak video dibawah ini;

Cara melakukan riset kata kunci video youtube


b.    Thumbnail video adalah gambar bagian depan video atau cover video sebelum diputar. Usahakanlah membuat thumbnail yang menarik dan bisa mewakili keseluruhan isi video agar menggoda orang-orang untuk nonton video kamu. Saya biasanya menggunakan aplikasi picsart untuk membuatnya. Jika sobat ingin mencobanya silakan simak video dibawah ini:

Cara Membuat Thumbnail Video YouTube Menggunakan PicsArt


Cara Memasang Thumbnail Video YouTube






c.   Membuat Deskripsi video yang jelas, padat, dan mengandung keyword atau kata kunci yang dikaitkan dengan judul dan tag video. Deskripsi ini isinya adalah penjabaran kata kunci dari judul dan tag. Buatlah dengan hati hati dan maksimalkan imajinasimu yaa..
d.   Cantumkan tag yang relevan Jangan lupa selalu cantumkan tag yang relevan dengan video karena tag merupakan semacam pengkategorian video sehingga tag yang bagus dan sesuai dengan konten video mu bisa membawa banyak penonton. Tag harus berisi kata kunci utama sesuai judul dan deskripsi.
e.   Mengatur sebaik mungkin pengaturan lanjutan. Untuk mengetahui cara mengatur pengaturan lanjutan yang baik silakan simak video dibawah ini yaa…

Cara Mengatur Pengaturan Lanjutan Video yang Diupload ke Youtube
(Cara Upload Video yang Benar)


7.    Promosi channel dan video
Melakukan Promosi channel dan video youtube kepada teman-teman atau pengguna media social adalah langkah terbaik yang biasa digunakan oleh youtuber pemula. Share atau membagikan video ke media social harus dilakukan dengan baik dan benar. Jika sobat ingin mengetahui Cara Share Video YouTube ke Media Sosial yang Baik dan Benar silakan simak video dibawah ini.

Cara Share Video YouTube ke Media Sosial yang Baik dan Benar

8.    Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber
Sebagai seorang youtuber yang menginginkan jumlah subscriber kita berkembang dengan pesat dan mendapatkan views berlimpah kita wajib hukumnya untuk Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber ini silakan simak video dibawah ini yaa..
Menjalin Hubungan Yang baik dengan Subscriber Youtube untuk Meningkatkan Views dan Subscriber

9.    Punya Niat dan Semangat Pantang Menyerah
Bagi youtuber pemula yang bukan artis, kita wajib memiliki semangat yang tinggi dan niat serta tekad sekuat baja. Persyaratan untuk diterima dalam program partner youtube sehingga mendapatkan uang sangatlah berat. Yaitu sebuah channel youtube harus memenuhi persyaratan diantaranya:
a.    Memiliki 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir
b.    Mendapatkan 4.000 jam tayang public dalam 12 bulan terakhir

Banyak youtuber pemula yang merasa putus asa karena tidak mampu mengejar 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang tersebut sehingga akhirnya menyerah. Ada juga youtuber pemula yang menggunakan cara instan untuk mengejar 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang. Ada yang membuat konten prank membahayakan, konten penghinaan, bullying, konten yang menjurus kepada tindakan pornografi dan kekerasan dan lain sebagainya. Namun kita sebagai insan yang arif tentunya harus menghindari itu semua. Disini nanti saya juga akan berbagi tips untuk youtuber pemula yang secara jujur ingin membangun channel youtube supaya segera dapat mendapatkan uang dari youtube.

10.    Monetisasi YouTube Channel
Jika sobat telah Memiliki 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir dan telah Mendapatkan 4.000 jam tayang public dalam 12 bulan terakhir maka saat yang ditunggu-tunggu adalah mendaftarkan channel youtube untuk monetisasi video sobat supaya dapat menayangkan iklan. Darimanakah youtuber mendapatkan uang dari youtube? Sebenarnya bukan hanya dari iklan saja. Bisa melalui endorse, promote channel dan konten, afiliasi dan lain sebagainya. Namun kali ini pendapatan yang saya sampaikan adalah pendapatan youtuber dari google adsense.

Seorang youtuber mendapatkan pendapatan dari google adsense melalui penayangan iklan pada video-video yang dimonetisasi pemilik channel yang sudah dimonetisasi pada channelnya.





Jika sobat baru saja membuat channel youtube dan belum mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang maka langkah untuk memonetisasi channel adalah dengan cara berikut:
a.    Silakan sign in ke akun YouTube sobat,
b.    Pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas
c.    Klik “Creator Studio”.
d.   Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel”
e.    Klik “Status and features”.
f.     Pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada, Atau silakan Simak Video Dibawah ini
Cara Mengaktifkan Fitur Monetisasi Youtube


Jika Channel Youtube sobat sudah mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang maka langkah untuk memonetisasi channel adalah silakan simak video dan lakukan langkah-langkah dengan cara berikut:
Cara Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense (Mengaitkan Youtube ke Google AdSense) untuk Monetisasi 2020


B.  Teknik Meningkatkan Subscriber dan Views
Teknik mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang berjalan beriringan. Untuk meningkatkan jumlah subscriber dan views dengan cepat, sesuai dengan pengalaman saya sebagai seorang youtuber pemula melakukan cara sebagai berikut:
1.    Cara Mendapatkan 1.000 Subscriber dan 4.000 jam tayang youtube Untuk Channel Baru
Untuk mendapatkan 1.000 Subscriber dengan cepat untuk channel baru dan cara mendapatkan 4.000 jam tayang youtube Untuk Channel Baru sobat dapat menerapkan cara berikut:
a.    Dengan cara Sub4Sub
Dari namanya saja tentunya sobat telah memahami apa itu ati sub4sub. Sub4sub dalam dunia youtube dapat diartikan sebagai berikut. Sobat meminta teman kalian sesame youtuber untuk subscribe channel kalian dan sebagai imbal baliknya kalian subscribe ke channel youtube teman kalian. Dengan begitu kalian akan mendapatkan sibscriber baru dan teman kalian juga akan mendapatkan subscriber bagu juga. Disini kalau kita ibaratkan semacam simbiosis mutualisme. Namun ini kurang saya rekomendasikan karena ini tidak disukai oleh youtube. Hehe. Untuk lebih jelasnya silakan simak video dibawah ini;
Apakah Sub4Sub Aman?


b.    Meminta sanak family kalian untuk subscribe ke channel kalian meskipun mereka bukanlah seorang youtuber. Hal ini dimanakan “mengemis subscribe”.
c.    Membuat subscriber sendiri melalui youtube studio dan laptop kalian. Untuk caranya silakan simak video dibawah ini:
Cara Mendapatkan 1000 Subscriber dengan HP Terbaru | Calon Guru


d.   Mencari subscriber dan jam tayang yang banyak secara alami dengan membuat konten bermanfaat dan share video kalian kepada komunitas yang berkepentingan. Untuk contohnya silakan simak video dibawah ini:
Cara Mendapatkan Subscriber Youtube Secara Alami dengan Cepat untuk YouTuber Pemula | Calon Guru


Cara Mengerjakan ARKAS BOS 2020


e.    Mencari subscriber dan jam tayang secara alami dengan cara membuat konten viral dan trending. Sebagai contohnya silakan simak video dibawah ini:
Anak Indigo Cek Fakta Rumah Viral Milik Giman Desa Mengger Kecamatan Karanganyar Pindah Misterius


f.     Membuat konten bermanfaat dengan diniatkan untuk ibadah dan berbagi ilmu. Untuk contohnya silakan tonton video dibawah ini:
Video Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 | Calon Guru





C.  Optimalisasi Channel YouTube untuk Pembelajaran
Bagi sobat yang sedang mencari cara membuat konten pembelajaran, membuat channel youtube pendidikan tema video edukasi, channel keluarga, channel family friendly, channel youtube edukasi luar negeri serta cara optimalisasi channel youtube untuk media pembelajaran silakan simak point-point dibawah ini:
1.    Memulai channel pendidikan di YouTube
2.    Membangun branding dengan nama channel, judul, tag dan gambar (Profile, Banner, Thumbnail)
3.    Membuat video pembelajaran yang mendidik dan menginspirasi
· ‘Edutainment’ - menggabungkan pendidikan dengan hiburan
· Pendidikan dan jawaban langsung
· Pembelajaran berbasis keterampilan
· Membuat konten berkelanjutan dan tertata rapi
4.    Mewujudkan ide dengan format video pendidikan yang tepat sesuai dengan keahlian
5.    Membuat video pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa atau pelajar
6.    Bangun kredibilitas dan resource
7.    Bereksperimen untuk menemukan yang akan berhasil
8.    Tarik penonton dari awal supaya tetap loyal
9.    Optimalkan metadata supaya video lebih cepat ditemukan
10.    Berinteraksi dengan audience
11.    Temukanlah opsi monetisasi

Atau silakan tonton video Optimalisasi Channel YouTube untuk Pembelajaran Dibawah ini
Cara Optimalisasi Channel YouTube untuk Pembelajaran

D.  Syarat Channel Youtube dapat Dimonetisasi (Proses Akun YouTube Standart Monetize)
Seperti yang telah saya sampaikan diatas bahwa persyaratan kelayakan Program Partner YouTube untuk dapat dimonetisasi adalah:
1.    Mematuhi semua kebijakan monetisasi YouTube.
Kebijakan monetisasi YouTube merupakan kumpulan kebijakan yang memungkinkan sobat untuk melakukan monetisasi di YouTube. Jika kalian adalah partner YouTube, perjanjian Anda yang mencakup kebijakan program partner YouTube mengharuskan Anda mematuhi kebijakan monetisasi agar berpotensi menghasilkan uang di YouTube. Jangan mengupload video atau konten yang dilarang oleh youtube. Apa saja sih konten yang dilarang oleh youtube?
· Konten seksual atau ketelanjangan
· Konten yang mengandung kebencian
· Pelecehan dan cyberbullying
· Ancaman dan pengintaian
· Privasi data pengguna lain
· Video yang mengancam keselamatan anak
· Konten yang merugikan atau berbahaya bagi developer
· Konten kekerasan atau vulgar
· Spam, metadata yang menyesatkan, dan scam yang menyesatkan
· Peniruan Identitas
· Melanggar Hak Cipta

2.    Tinggal di negara atau wilayah tempat Program Partner YouTube tersedia.
3.    Memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir.
4.    Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
5.    Memiliki akun AdSense yang ditautkan.

E.  Pembahasan Tentang Hak Cipta Video YouTube
Menurut Wikipedia, Hak cipta adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu.

Jenis karya apa yang terikat pada hak cipta YouTube
·    Karya audio visual, misalnya acara TV, film, dan video online
·    Rekaman suara dan komposisi musik
·    Karya tulis, misalnya bahan kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
·    Karya visual, misalnya lukisan, poster, dan iklan
·    Video game dan software komputer
·    Karya dramatis, misalnya drama dan musical

Bolehkah menggunakan karya yang dilindungi hak cipta tanpa melanggar?
Boleh. Asalkan:
·      Penggunaan yang diperkenankan
·      Dengan mendapatkan izin untuk menggunakan konten orang lain di video kita
·      Untuk music saya rekomendasikan mengambil dari music bawaan aplikasi editing video.

Mitos umum tentang hak cipta (Source: support.google.com)
Berikut adalah beberapa kesalahpahaman umum tentang hak cipta dan cara kerjanya di YouTube. Ingat, melakukan hal berikut tidak menjamin konten Anda tidak akan terkena klaim hak cipta.
·      Mitos 1: Dengan memberi kredit kepada pemilik hak cipta berarti Anda dapat menggunakan konten mereka
·      Mitos 2: Dengan menyatakan diri sebagai “nonprofit” berarti Anda dapat menggunakan konten mana pun
·      Mitos 3: Kreator lain melakukannya, jadi Anda juga bisa
·      Mitos 4: Anda dapat menggunakan konten yang Anda beli seperti iTunes, CD, atau DVD
·      Mitos 5: Konten yang Anda rekam sendiri dari TV, bioskop, atau radio tidak menjadi masalah
·      Mitos 6: Menyatakan bahwa “tidak bertujuan melanggar hak cipta”
·      Mitos 7: Tidak akan ada masalah jika menggunakan konten berhak cipta hanya selama beberapa detik