Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Aplikasi Cek Plagiat Online Gratis




Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai Daftar Aplikasi Cek Plagiat Online Gratis, berikut ini adalah pengertian plagiat, plagiator, dan plagiarisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):
Ø Plagiat diartikan sebagai pengambilan karangan berupa hasil penelitian, pendapat, buah hasil pemikiran maupun karya orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; hasil jiplakan.
Ø Plagiator adalah orang yg mengambil karangan seperti contoh diatas dari orang lain dan disiarkan sebagai karangan milik sendiri; penjiplak.
Ø Plagiarisme = penjiplakan yg melanggar hak cipta.

Sementara itu, Wikipedia mengartikan plagiarisme sebagai “penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan itu merupakan pendapat sendiri.
www.mariyadi.com
Daftar Aplikasi Cek Plagiat Online Gratis
(Picture by Pixabay Free Images)
Tindakan Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari Sekolah/Universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator.


Dalam menulis karya ilmiah; baik itu dalam bentuk jurnal, skripsi, makalah maupun bentuk lain meskipun itu merupakan hasil karya kita sendiri hendaknya kita melakukan pengecekan hasil karya kita tersebut di Aplikasi Cek Plagiat Online Gratis sebelum kita mengumpulkan maupun mempublikasikannya. Hal tersebut adalah supaya kita tidak terkena sanksi karena kita dianggap plagiator. Meskipun itu merupakan buah karya kita, kita harus mengantisipasinya karena dalam menulis karya ilmiah kita tidak akan pernah terlepas dari kegiatan mengutip pendapat orang lain dalam hasil karya orang lain yang sudah terlebih dahulu dipublikasikan.

Baca Juga:
Cara Menulis Kutipan Karya Ilmiah
Cara Menulis Daftar Pustaka



Langsung saja, kita simak apa saja Daftar Aplikasi Cek Plagiat Online Gratis yang bisa kita manfaatkan berikut ini;
1.    Plagiarism Checker dari SmallSEOtools
Aplikasi ini sebenarnya lebih sering digunakan oleh para blogger untuk mengecek kualitas artikel yang mereka hasilkan untuk website yang akan mereka publikasikan. Para blogger biasanya juga terikat oleh keharusan menyediakan konten yang berkualitas, yang bebas dari plagiasi. Itu sebabnya, mereka membutuhkan tools atau alat atau aplikasi yang bisa mendeteksi plagiat.

Kita pun bisa memanfaatkan plagiarism checker dari smallseotools.com untuk mendeteksi karya tulis Kita, atau anak didik Kita, apakah sudah bebas dari plagiat atau belum. Dalam satu waktu pendeteksian, Kita bisa meletakkan hingga 5000 karakter sekaligus.

Cara menggunakannya sangat mudah, dan yang lebih penting, aplikasi pendeteksi plagiat ini gratis. Cukup kunjungi situsnya, pilih bagian plagiarismchecker, copy dan paste-kan bagian tulisan, lalu dapatkan hasilnya. Akan terdapat persentase kemiripan tulisan dengan berbagai tulisan yang telah tersedia di dunia maya.

Silahkan buka link smallseotools.com

2.    Unicheck
Aplikasi unicheck ini banyak digunakan oleh para pendidik, peneliti, peserta didik, penulis, juga editor. Bisa dibilang, web pendeteksi plagiat ini cukup populer. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Kita bisa langsung mengunjungi website unicheck, lalu letakkan tulisanmu pada kotak yang tersedia.

Hebatnya, aplikasi dari unicheck ini mampu memindai teks-teks dari format yang berbeda secara bersamaan, dan hanya dengan waktu 4 detik per teks-pemindaian, tanpa harus disertai penurunan kecepatan. Menarik bukan?

Menariknya lagi, unicheck mampu mengecek bagian terkecil dari hasil tiruan yang Kita berikan. Setidaknya, unicheck mampu memindai hingga 16 miliar halaman dan dokumen di Google dan Bing. Laporan plagiat berupa persentase dan hyperlink menuju sumber aslinya akan diberikan kepada Kita setiap kali selesai memindai.

Sayangnya, untuk menikmati fasilitas ini, Kita harus berlangganan dengan cara membayar ya. Jika memang Kita sering memanfaatkan fasilitas situs ini, biayanya bisa dibilang murah, yakni sekitar us$ 5 saja. Tapi, sebelum memutuskan untuk membayar biaya langganan, Kita bisa melakukan percobaab gratis hingg 275 kata.


Silahkan kunjungi link unicheck.com




3.    DupliChecker
Duplichecker merupakan aplikasi yang menyediakan layanan untuk mendeteksi plagiat yang bisa dimanfaatkan dengan cara mudah. Kita bisa copy paste tulisan dalam kotak yang disediakan, atau bisa juga dengan meletakkan URL nya. Dalam sekejab, akan ada hasil berupa link menuju kontan yang diplagiasi jika memang terdeteksi plagiat.

Namun, Kita harus membayar jika ingin memanfaatkan aplikasi ini sepenuhnya. Jika tidak ingin membayar, Kita bisa memanfaatkan layanan gratis, yang hanya bisa digunakan secara terbatas. Layanan gratis tanpa registrasi ini bisa digunakan hanya satu kali saja dalam satu hari, dan terbatas 1500 kata.

Silahkan kunjungi link www.duplichecker.com

4.    Writecheck
Aplikasi writehack merupakan aplikasi menarik yang akan mendeteksi plagiarism dalam tulisan. Tak hanya itu, hal menarik dari aplikasi writeheck adalah kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam tulisan.

Cara penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Kita bisa upload dokumen yang akan dipindai dalam format Microsoft Word, WordPerfect, PostScript, .pdf, html, dan rtf. Lalu, Kita bisa mendapatkan hasil berupa laporan plagiarisme yang disertai link langsung menuju sumber plagiasi.



Meski dinilai sebagai situs bermanfaat dan menarik, tapi sayangnya Kita tidak bisa mencoba aplikasi yang ditawarkan secara gratis. Kita harus melakukan registrasi dan berlangganan untuk bisa menikmati manfaatnya.

Silahkan buka link en.writecheck.com

5.    Copyscape
Bagi yang ingin aplikasi plagiarism checker gratis, situs ini mungkin bisa jadi pilihan tepat bagi Kita. Kita bisa mengunjungi copyscape dan menjajal bagaimana situs ini bisa mengetes seberapa jauh tulisan Kita terdeteksi plagiat.

Selain akun gratis yang bisa dimanfaatkan, Kita juga boleh juga memilih akun berbayar. Tentunya, akun berbayar menawarkan fasilitas yang lebih kompleks. Bagi para blogger, Kita bisa juga memanfaatkan aplikasi berupa perlindungan situs agar situs Kita bisa dipantau dari tindak plagiasi. Ketika ada situs yang memiliki konten mirip dengan tulisan di situs Kita, maka Kita pun akan mendapat email peringatan. Tertarik?

Silahkan kunjungi link www.copyscape.com

6.    PlagScan
Dengan plagscan, Kita bisa langsung melakukan deteksi plagiat dengan cara copy paste tulisan di kolong yang sudah disediakan. Bisa juga Kita upload file yang akan dipindai dalam format ms word dan pdf. Hasil teks yang dipindai adalah berupa persentase kemiripan tulisan dengan tulisan lain yang tersedia di dunia maya. Ada fasilitas percobaan gratis untuk menjajal situs ini.

Silahkan buka link www.plagscan.com

7.    Viper anti-plagiarism scanner
Cara cek plagiarisme kali ini tidak dilakukan dengan cara langsung mengunjungi situs. Untuk memanfaatkan website pendeteksi plagiat berupa viper anti-plagiarism scanner, Kita bisa mengunduh aplikasinya, lalu diinstal di perangkat komputer. Lalu, lakukan registrasi terlebih dahulu.

Setelah install dan registrasi, Kita bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memeriksa seberapa dalam plagiasi yang ditemukan pada tulisan Kita. Ada sekitar 10 milliar sumber yang tersedia untuk diperbandingkan dengan tulisan Kita.


Silahkan buka link www.scanmyessay.com




8.    PlagTracker
PlagTracker berbentuk aplikasi yang bisa dimanfaatkan secara online. Kita bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memindai seberapa jauh plagiasi yang terdeteksi pada tulisan Kita. Kita bisa mendapatkan laporan hasil plagiasi disertai dengan sumber dari tulisan yang dianggap mirip dengan tulisan Kita.

Kita bisa memanfaatkan aplikasi plagiarisme ini secara gratis, namun hanya hingga 5.000 kata saja. Jika ingin mendapatkan fasilitas lebih, Kita bisa menjadi anggota premium. Sebagai anggota premium, Kita bisa menikmati laporan otomatis terhadap penggunaan tata bahasa dalam jumlah yang tidak terbatas untuk teks yang Kita upload.

Silahkan kunjungi link www.plagtracker.com

9.    PlagiarismChecker.com
Pada situs ini, Kita bisa mendapatkan fasilitas pendeteksi plagiat dari tulisan -tulisan Kita secara gratis dan mudah. Situs ini akan mencari berbagai tulisan yang dideteksi oleh search engine Google dan Yahoo.

Silahkan buka link www.plagiarismchecker.com

10.    Dustball
Dengan menggunakan situs dustball, Kita bisa menikmati layanan untuk mendeteksi apakah tulisan Kita memiliki kemiripan dengan tulisan lain yang tersedia di dunia maya atau tidak. Menariknya, Kita bisa memanfaatkan fasilitas ini secara gratis.

Silahkan kunjungi link www.dustball.com

11. Plagramme.com

Plagramme.com ini digadang gadang sebagai Aplikasi Cek Plagiat Online Gratis terbaik. pendapat para User ini terkait kemampuan aplikasi ini dalam mensubmit file yang tak terbatas. Entah itu 1000 kata, 2000 kata bahkan jutaan kata dalam sekali check.

Untuk memakai aplikasi Plagramme ini silakan masuk ke Plagrame.com


12. Mariyadi.com
Mariyadi.com adalah aplikasi online gratis milik saya sendiri. Aplikasi ini sebenarnya saya buat di halaman statis website saya untuk kepentingan cek plagiasi artikel-artikel yang akan saya posting supaya tidak ada terlalu banyak persamaan kata maupun konten duplikat dengan artikel lain. Namun anda pun kini dapat memanfaatkannya untuk cek plagiasi dengan menggunakan aplikasi plagiasi di Mariyadi.com ini.


Untuk memakainya silakan klik www.mariyadi.com

Baca : Tutorial dan cara pemakaian Aplikasi Plagrame.com

Demikianlah Daftar Aplikasi Cek Plagiat Online Gratis dari situs-situs atau aplikasi cek plagiat yang bisa Kita manfaatkan. Bagi Kita kaum intelektual, atau para penggiat dunia literasi, tentunya situs-situs tersebut akan sangat bermanfaat bagi Kita.


Bagi para dosen, para guru, dan juga para pelajar, Kita bisa mempelajari cara cek plagiat ini dengan baik, lalu memanfaatkannya demi mendorong kemajuan dunia literasi dan pendidikan. Selamat berkarya.


Coba  : Cek Plagiasi di www.mariyadi.com


Tonton Video Cara Cek Plagiasi Tanpa Aplikasi Hasil Akurat Terbaru Gratis dibawah ini:


Tag:


Mungkin Anda Suka:



Berlangganan via Email