Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pidato Tentang Menuntut Ilmu 1 | Kanjeng Mariyadhies Ngawi - https://mariyadhies.blogspot.com

menuntut ilmu harus semangat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan banyak nikmat dan karunianya kepada kita. Mulai dari nikmat sehat, nikmat lapang hingga nikmat yang tiada tara nilainya yaitu berupa nikmat iman dan islam.

Semoga kita senantiasa diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga kita bisa mensyukuri semua nikmat yang Allah berikan kepada kita. Sholawat dan salam juga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang sudah membawa kita menuju agama kebenaran yakni agama Islam.
Bapak ibu dan saudara-saudara sekalian,

Disini saya akan menyampaikan sedikit ilmu saya mengenai menuntut ilmu. sebagaimana firman Allah dalam  QS. AL-Mujadalah ayat 11 yang artinya “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang menuntut ilmu baik itu ilmu dunia maupun akhirat sangatlah diutamakan. Karena dengan mempunyai ilmu,  kita bisa melihat segala sesuatu dari sudut pandang manapun. Selain itu, pikiran kita juga akan selalu jernih dan selalu bijak dalam mengambil segala keputusan.

Contoh kecilnya, ketika kecil hingga sekarang kita disekolahkan agar kita bisa membaca, menulis, berhitung, menganalisa, dan kita juga bisa mempelajari beraneka ragam ilmu akademik atau terapan seperti matematika, fisika, bioligi, sosiologi, akuntansi, pendidikan agama, dan lain sebagainnya.

Dengan kata lain, dengan kita memiliki ilmu, maka wawasan kita akan semakin beragam. Menanamkan ilmu agama juga sangat penting. karena dari ilmu agama kita bisa mengetahui sejarah islam, aqidah akhlak dan bagaimana seharusnya kita berhubungan dengan Allah dan sesama makhluk.

Jika kita hanya berdiam diri tanpa ada niatan untuk mencari ilmu, maka kita akan terlihat buta dari segalannya. Ilmu agama juga sangat penting untuk masa depan akhirat kita nanti. Mendapatkan ilmu agama sangat banyak caranya, kita tidak hanya belajar di sekolah dan kajian ilmu saja. Tetapi, kita juga belajar dari kehidupan sehari-hari kita. Baik itu ketika kita dengan ikhlas membantu orang, beramal, sedekah, sholat dan lain sebagainya.

Sekian  sedikit penjelasan dari saya, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.


Berlangganan via Email