Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Betapa Eksotisnya Jalan Tembus Cemoro Sewu - Sarangan I https://mariyadhies.blogspot.com



Lagu Dalan Tembus Cemoro Sewu Sarangan

Lokasi Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan



Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan atau masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan “Dalan Tembus”. Dalan dalam bahasa Jawa artinya Jalan, sedangkan Tembus artinya jalan lintasan yang menghubungkan dua daerah. Jalan tembus Cemoro Sewu Sarangan sadalah sebuah jalan yang terletak di lereng Gunung Lawu tepatnya di Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan Kab. Magetan yang memiliki ketinggian sekitar 1000 m dpl. Jalan ini berjarak kurang lebih 15 km ke barat dari kota Magetan yang menghubungkan Lokasi wisata Sarangan dengan Lokasi Wisata Tawangmangu. Jalan ini dinamakan Jalan Tembus Cemoro Sewu Sarangan karena dia melewati jalur pendakian gunung Lawu yang terkenal yaitu Jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Jalan ini dapat dilalui sepeda motor maupun mobil serta kndisi jalan yang sangat lebar dan nyaman dilalui melalui kendaraan apapun.


Pembangunan Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan



Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan adalah proyek kerja sama antara Kab. Magetan (Jawa Timur) dengan Kab. Karanganyar (Jawa Tengah). Proyek jalan sepanjang 10,7 km ini dibagi menjadi dua yaitu 5,3 km dikerjakan oleh Kab. Magetan dan 5,4 km dikerjakan oleh Kab. Karanganyar.
Proyek jalan ini dilaksanakan pada tahun 2001 dan selesai tahun 2008 dengan anggaran mencapai Rp. 72, 5 Miliyar. Pembangunan jalan yang melintas di kawasan hutan pinus milik KPH Lawu. Pembangunan jalan ini dilaksanakan engan menggempur tebing – tebing yang ada di lereng gunung Lawu.


Tujuan dibangunnya Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan
Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan adalah proyek kerja sama antara Kab. Magetan (Jawa Timur) dengan Kab. Karanganyar (Jawa Tengah) yang bertujuan untuk memperpendek jarak tempuh dari Kab. Magetan menuju Kota Surakarta. Dahulu apabila dari Magetan ke Surakarta harus berputar melewati Ngawi dan Sragen tetapi sekarang bisa lebih dekat  dengan adanya Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan ini.


Di  sepanjang jalan ini kita dapat menikmati sejuknya udara pegunungan yang fresh dan indhnya pemandangan yang membuat kita seolah ogah untuk pulang. Mulai dari hutan pinus, cemara, teh, lahan pertanian yang terhampar luas dengan tanaman sayuran yang ijo royo-royo menggambarkan betapa negara kita ini Gemah Ripah Loh Jinawi.


 Kondisi Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan sekarang

Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan yang semula hanya bertujuan sebagai jalan alternative untuk memperpendek rute jalan Magetan – Surakarta tidak sengaja berkembang menjadi obyek wisata baru bahkan dapat diandalkan bagi Kab. Magetan.


 Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan menawarkan pemandangan yang luar biasa. Mulai dari pepohonan pinus yang lebat, udara dingin dan sejuk, bongkahan batu tebing bekas galian yang apik, bahkan kalau kita beruntung kita bisa mendapatkan suasana kabut tebal yang indah disertai kicauan burung-burung Lawu yang sangat merdu.





Di Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan juga terdapat wisata kuliner yaitu sate kelinci, jagung bakar dan aneka minuman hangat. Di sepanjang Jalan Tembus Cemoro Sewu - Sarangan berjejer warung – warung yang menyediakan berbagai kuliner tersebut. Pengunjung disuguhi pemandangan Telaga Sarangan yang indah yang dapat dilihat dari warung – warung ini. Keunggulan lainnya pengunjung tidak harus membayar untuk menikmati wisata di Jalan Tembus Cemoro Sewu – Sarangan ini alias gratis.








Berlangganan via Email