Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

(Bagai Negeri di Atas Awan). Eksotisnya Jembatan Nglondan, Widodaren Ngawi

Walikukun, Widodaren, Ngawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Walikukun
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenNgawi
KecamatanWidodaren
Kodepos63256
Luas- km²
Jumlah penduduk-
Kepadatan- jiwa/km²
Walikukun adalah sebuah di kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.
Kota kecil ini berjarak +/- 30 km dari kota Ngawi,terletak di jalur Ngrambe - Widodaren/Gendingan, dengan "Pasar Walikukun" sebagai andalan ekonominya, sehingga kota kecil ini merupakan nadi perekonomian yang sangat vital bagi desa-desa yang ada disekitarnya. Dengan berpenduduk yang rata-rata mempunyai strata pendidikan yang memadai, kota kecil ini sangat diperhitungkan dalam kancah politik Indonesia, apalagi di kota kecil ini pula lahir seseorang yang telah sangat memengaruhi lahirnya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang juga anggota PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yaitu KRT. Radjiman Widjodiningrat.

Ditengah kota kecil ini pula terdapat Stasiun Kereta Api Walikukun yang merupakan stasiun pemberhentian pertama jika akan masuk Provinsi Jawa Timur melalui jalur Selatan (bila datang dari arah barat).

Tak jauh dari Walikukun terdapat Sub-Terminal di jalur jalan raya Surabaya-Surakarta(Solo) yang lebih dikenal dengan nama Gendingan, membuat Walikukun sangat mudah dijangkau oleh angkutan darat, baik melalui jalur "Bus" maupun jalur "Kereta Api" (Jalur Selatan). Dari simpang Gendingan ke Walikukun (+/- 3 km) dapat dicapai dengan naik bus kecil , ojek bahkan juga santai dengan menggunakan dokar/becak . Seterusnya dari pasar Walikukun dapat dilanjut ke kota Ngrambe di kaki gunung Lawu dengan melewati pemandangan sawah dan alam pedesaan yang indah. Dari kota Ngrambe ke barat akan mencapai kota Sragen , sedangkan bila ke arah timur akan mencapai kota kecil Jogorogo dan seterusnya ke Magetan . Dengan hanya berjarak +/- 8 km dari lereng Gunung Lawu, kota ini sangat sejuk dan indah, apalagi dengan masih dikelilinginya kota kecil ini dengan sawah-sawah yang menghijau. Desa walikukun dipimpin yang biasa disebut pak lurah. Memimpin 24 RT.
Di kawasan tersebut terdapat Jembatan Nglondan yang merupakan penghubung antara Kecamatan Widodaren dengan Karanganyar. Jembatan tersebut dinamakan Jembatan Nglondan.

Jembatan sepanjang kira-kira 150 Meter dan Selebar kira-kira 2,5 meter tersebut terbentang dengan gagah menjadi jalur utama penyebrangan Sungai Bengawan Solo.
Pemandangan yang indah dikala pagi diselimuti kabut membuat jembatan tersebut (Bagai Negeri di Atas Awan). Betapa Eksotisnya Jembatan Nglondan, Widodaren Ngawi.

Baca Juga
25 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru yang Paling Hits!
Pesona Kayangan Desa Wisata Brubuh Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi
Menikmati Akhir Pekan di Srambang Park Ngawi (Refrensi Wisata)