Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online untuk Mendapatkan Kartu Pra Kerja





Halo kawan-kawan yang berbahagia, pada kesempatan ini saya akan menyajikan Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online. Meskipun pendaftaran kartu pra kerja online masih baru akan dibuka pada bulan April tahun 2020 namun sudah banyak sekali yang berburu informasi untuk mengetahui cara daftar kartu pra kerja, cara mendapatkan kartu pra kerja, daftar kartu pra kerja online, cara daftar kartu pra kerja online, cara mendapatkan kartu pra-kerja online, cara mendaftar kartu pra kerja online, cara membuat kartu pra kerja online serta bagi yang belum memahami pengertian kartu pra kerja dan dimana link daftar kartu pra-kerja online atau link daftar kartu pra-kerja online serta aplikasi kartu pra kerja, prakerja go id fungsi kartu pra kerjakartu sembako murah, kartu pra nikahdaftar kartu pengangguranpengertian kartu pra kerja.
 
Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online untuk Mendapatkan Kartu Pra Kerja
Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online untuk Mendapatkan Kartu Pra Kerja
Cara Mendapatkan Kartu Prakerja
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memyampaikan bahwa Kartu Pra Kerja nantinya bisa didapatkan dengan cara melakukan pendaftaran secara online. Sistem online ini lebih dipilih supaya tidak ada duplikasi atau pendaftar ganda dengan dua kartu.

Pengertian Kartu Prakerja
Kartu prakerja merupakan bantuan berupa biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Dikutip dari Prakerja.go.id, Kartu Pra Kerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga untuk buruh, karyawan dan pegawai atau semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online
Cara mendaftar Kartu Pra Kerja bisa melalui portal https://www.prakerja.go.id/. Sebelum mendaftar Kartu Pra Kerja, pendaftar harus membuat akun terlebih dahulu. Daftar akun Kartu Pra Kerja ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pendaftar dapat memakai email atau nomor ponsel yang masih aktif. Pendaftar kartu prakerja wajib mengisi data atau informasi pada Situs prakerja dengan benar. Selain itu, pendaftar harus menggunakan nama dan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang sah.




Membuat Akun Prakerja
Berikut ini adalah panduan membuat akun Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id:
1.    Masukkan email atau nomor ponsel.
2.   Klik Daftar.
3.   Selanjutnya pilih metode verifikasi.
4.   Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.
5.    Pendaftaran berhasil.

Mendaftar Kartu Pra Kerja 
Dengan menyelesaikan pembuatan akun Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id diatas itu artinya kita telah  berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja. Setelah membuat akun tersebut, maka langkah Daftar Kartu Pra Kerja Online adalah sebagai berikut:
1.    Login akun,
2.   Klik Daftar Kartu Pra Kerja.
3.   Isi formulir pendaftaran.
4.   Klik Selanjutnya.
5.    Lakukan Tes Kemampuan Dasar.
6.   Klik Selesai.

Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan mengerjakan tes, pengguna akan menerima notifikasi atau pemberitahuan berikutnya di akun mereka. Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, pendaftar dapat memeriksa status pendaftaran Kartu Pra Kerja melalui akun masing-masing  di situs Kartu Pra Kerja dan klik Cek Status Pendaftaran. Ketentuan yang perlu diketahui calon peserta yaitu anggaran Kartu Pra Kerja sebesar Rp10 triliun untuk 2 juta penerima manfaat program Kartu Pra Kerja selama tahun 2020.

Selanjutnya peserta Kartu Pra Kerja akan menerima sejumlah uang dengan besaran biaya transportasi menjadi Rp650ribu dari yang sebelumnya hanya Rp500 ribu. Rinciannya Rp500 ribu didapat selama dua bulan pelatihan dan Rp150 ribu sebagai tambahan setelah mengikuti survei evaluasi program Kartu Pra Kerja. Di luar itu adalah uang yang dapat digunakan untuk mengakses pelatihan. Seluruh dana tersebut akan diberikan secara non tunai. Penyaluran dana tersebut akan melalui platform Link Aja, OVO, dan Bank Negara Indonesia.

Demikianlah Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Maaf saya belum bisa menampilkan tampilan pendaftaran kartu prakerja ini karena memang program kartu prakerja ini memang belum dibuka. Namun setidaknya nanti setelah pendaftaran kartu prakerja ini sudah dibuka kalian sudah mengetahui Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online.