Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 10 Pekerjaan yang Diramal Akan diambil Alih oleh Teknologi di Masa Mendatang





Hallo sobat-sobat calon guru, di zaman yang semakin serba canggih ini atau sering disebut era digital ini ternyata selain memiliki manfaat era digital ini ternyata juga memiliki  dampak era digital Lho. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Pekerjaan manusia yang Diramal Akan diambil Alih oleh Teknologi di Masa Mendatang seiring dengan perkembangan teknologi informasi di era digital ini.

Bagi  masyarakat yang memahami akan situasi ini berbondong-bondong mencari informasi tentang pekerjaan yang tidak akan hilang di masa depan, pekerjaan yang akan hilang 5 tahun mendatang, pekerjaan yang akan hilang di tahun 2020, 7 pekerjaan yang akan hilang, pekerjaan yang akan hilang 10 tahun kedepan, pekerjaan yang sudah hilang di Indonesia, pekerjaan yang akan hilang 5 tahun kedepan, pekerjaan apa yang hilang dan pekerjaan apa yang akan muncul untuk tetap menjaga eksistensinya dan dapat bertahan dalam balutan teknologi yang berkembang dengan sangat pesat ini.
Namun sebelum kita membahas topik 10 Pekerjaan manusia yang Diramal Akan diambil Alih oleh Teknologi di Masa Mendatang seiring dengan perkembangan teknologi informasi di era digital ini marilah kita telaah dulu pengertian era digital menurut para ahli.

Era digital adalah masa dimana semua manusia dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun salng berjauhan. Kita dapat dengan cepat mengetahui informasi tertentu bahkan real time. Menurut Wikipedia, era digital bisa juga disebut dengan globalisasi. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi dan internet.

Selanjutnya Revolusi Digital adalah perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital yang telah terjadi sejak tahun 1980 dan berlanjut sampai hari ini. Revolusi itu pada awalnya mungkin dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an.  Analog dengan revolusi pertanian, revolusi Industri, revolusi digital menandai awal era Informasi.
Revolusi digital ini telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih saat ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia, dari mulai membantu mempermudah segala urusan sampai membuat masalah karena tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar. Berikut sejarah singkat mengenai Revolusi Digital dalam perkembangan teknologi dunia.


Di zaman perkembangan teknologi yang sangat pesat ini pelan namun pasti teknologi telah dan akan terus mengambil alih perandan fungsi yang mendominasi seluruh aspek kehidupan manusia.

Dengan adanya teknologi lama-kelamaan layanan yang sebelumnya dapat dilakukan secara konvensional akan digantikan dengan teknologi yang serba mudah, serba cepat dan serba praktis.

Mulai dari kebutuhan akan hiburan,permainan,  pendidikan, hingga kebutuhan makanan kini hampir semuanya sudah bisa didapatkan dari genggaman tangan.. 

Manusia semakin dimudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas dengan teknologi yang kini bisa diterapkan di semua bidang.

Akan tetapi, ternyata kemajuan teknologi tersebut selain memiliki dampak positif diatas juga secara pelan tapi pasti mengambil alih pekerjaan manusia Lho! Berikut adalah 10 Pekerjaan Ini yang Diramal Akan diambil Alih oleh Teknologi di Masa Mendatang dilansir dari berbagai sumber

1. Guru atau Dosen
Inilah 10 Pekerjaan Ini yang Diramal Akan diambil Alih oleh Teknologi di Masa Mendatang
Inilah 10 Pekerjaan Ini yang Diramal Akan diambil Alih oleh Teknologi di Masa Mendatang

AI dan Machine Learning akan diprediksi mengambil peran sebagai tenaga pengajar manusia. Manusia dianggap sebagai tenaga pengajar yang tidak lagi stabil dan efisien. Tenaga pengajar manusia cepat atau lambat bisa digantikan dengan aplikasi atau robot yang dibekali dengan kecerdasan buatan, yang dianggap mampu untuk memenuhi kebutuhan pengajar yang lebih besar dan fleksibel.





Teknologi kecerdasan buatan akan membantu manusia dalam memecahkan masalah pendidikan yang dianggap tidak mampu memenuhi kebutuhan zaman yang begitu cepat. Kampus atau tempat belajar mengajar di masa mendatang bisa jadi tidak akan memiliki dosen untuk mengajar.

2. Kasir
Kasir
Kasir

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh layanan finansial Cornerstone Capital Group, dalam sepuluh tahun ke depan, robot dan teknologi diprediksi akan menggantikan 6 hingga 7,5 juta pekerja ritel.

Angka ini mengancam setidaknya 38% dari pekerja bidang ritel yang ada saat ini yaitu sebanyak 16 juta orang. Akibatnya, porsi pekerjaan yang hilang di ookr ritel bisa lebih besar dari manufaktur. Proses otomasi yang terjadi di ookr ritel ini akan lebih banyak memakai proses pembayaran otomatis sebagai pengganti kasir.

3. Agen Travel
Agen Travel
Agen Travel
 Kini, bepergian bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk bepergian ke dalam atau luar negeri bisa dengan mudah dilakukan, bahkan untuk mencari paket wisata semua bisa dilakukan dalam genggaman tangan. Hal itu yang menjadi ancaman bagi travel agen analog, bila tidak cepat beralih ke ranah digital.
Agen Travel 2
Contoh digital Agen Travel

Di era digital seperti sekarang, ookr 70 persen calon wisatawan dunia melakukan search and share secara digital, dan 30 persennya melakukan booking secara online. Jika tidak diantisipasi dan tidak bertransformasi ke digital, usaha-usaha seperti agen travel manual tidak lama lagi akan hilang.

4. Telemarketing
Telemarketing
Telemarketing

Pekerjaan lain yang terancam eksistensinya di masa depan adalah telemarketing. Para telemarketer sedang dalam perjalanan kalah karena kehadiran teknologi. Banyak prediksi mengenai penggantian telemarketing menjadi kombinasi teknologi dan robot.

Selain itu, pekerjaan ini cenderung menurun hari demi hari karena orang sudah mulai merasa terganggu dengan adanya telepon dari telemarketing, kasus penipuan oleh telemarketing, hingga pencurian database.

5. Pustakawan
Pustakawan
Pustakawan

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, orang-orang tidak perlu bersusah susah payah untuk pergi ke perpustakaan mencari bahan bacaan dan meminjam buku. Semua bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun dengan mendownload e-book dan membacanya lewat smartphone atau laptop.

Harga e-book yang cenderung jauh lebih murah dibandingkan buku secara fisik merupakan ancaman bagi pekerja ini. Selain itu, kemudahan bagi pembaca adalah tidak perlu pergi ke perpustakaan atau ook buku karena cukup membuka e-book dari smartphone.

Meminjam buku di perpustakaan juga tidak lagi membutuhkan penjaga. Cukup dengan menggunakan chips pada buku, orang-orang bisa menggunakan mesin peminjam di perpustakaan yang akan mencatat judul buku dan kapan buku akan dikembalikan.

6. Penerjemah / Translater
Penerjemah / Translater
Penerjemah / Translater

Salah satu penerapan teknologi kecerdasan buatan di dunia alih bahasa adalah fitur baru dalam menerjemahkan bahasa. Kini sudah banyak orang yang menggunakan fitur penerjemah bahasa secara online yang sudah banyak diluncurkan.

Hal ini berdampak pada pengguna jasa penerjemah yang tidak lagi membayar untuk jasa penerjemah, melainkan berpindah pada aplikasi online. Kemudahan ini membuat kebutuhan akan alih bahasa menjadi lebih mudah dan efisien. Semua bisa dilakukan melalui genggaman tangan saja.
Bukan tidak mungkin, aplikasi alih bahasa akan semakin disempurnakan sehingga di masa depan orang-orang bisa menggunakan jasa alih bahasa secara online untuk kebutuhan dokumen-dokumen penting yang membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi.




7. Buruh Pabrik
Buruh Pabrik
Buruh Pabrik

Ternyata, pekerjaan manual yang dulunya hanya bisa dilakukan oleh manusia juga terancam tergantikan oleh tenaga robot. Di dunia industri, kini sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi mesin sebagai tenaga untuk produksi. Dengan mulai diciptakannya inovasi-inovasi mesin pabrik untuk berbagai kebutuhan, bukan tidak mungkin eksistensi para buruh atau pekerja pabrik juga akan hilang di masa depan.

Perusahaan-perusahaan industri akan mempertimbangkan efisiensi dan efektifitas produksi yang dihasilkan dengan tenaga mesin dibandingkan tenaga manusia. Hal ini karena mesin-mesin pabrik sekarang bisa melakukan pekerjaan lebih cepat dan akurat.

8. Jurnalis
Jurnalis
Jurnalis

Dunia kreatif tidak luput dari tantangan teknologi. Sudah ada program AI semacam Wordsmith telah dibuat melalui sejumlah tahap uji coba untuk menulis berita. Program ini dapat melakukan riset dengan cepat dari kolam data yang besar, dan membuat laporan berita secara efisien.

Pada tahun 2014, Associated Press mulai menggunakan software cerdas untuk menulis laporan. Sitem Al yang digunakan oleh Associated Press, hingga kini sudah lebih dari 3.000 laporan ditulis tiap tiga bulan. Kalau satu orang menulis 3.000 laporan dalam waktu tiga bulan bisa-bisa dia enggak tidur sama sekali. Situs website di masa depan bisa jadi penulisnya bukan manusia lagi ya, melainkan robot.

9. Akuntan
Akuntan
Akuntan

Seiring dengan perkembangan teknologi, jenis pekerjaan ini semakin memperoleh kemudahan terutama dengan lahirnya komputer dan perangkat lunak pengolah data keuangan. Produk teknologi ini kemudian mengambil alih tugas-tugas tradisional yang sebelumnya harus dikerjakan secara manual oleh para akuntan.

Banyak program yang didesain untuk membantu pekerjaan akuntan. Bukan tidak mungkin di masa depan pekerjaan ini akan mulai tergantikan oleh kemajuan teknologi komputer.

10. Teller Bank
Teller Bank
Teller Bank

Kantor cabang yang dikelola oleh teller akan tergilas dengan kehadiran teknologi teller. Peran teller telah mengalami penurunan tajam dalam 15 tahun terakhir dan 10 tahun ke depan akan menghilangkan sebagian besar pekerjaan dalam bentuk mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang lebih maju.

Saat ini, nasabah bank dapat mengambil uang tunai, transfer dana, membayar tagihan, hingga membeli pulsa melalui mesin ATM.

Inilah 10 Pekerjaan yang Diramal Akan diambil Alih oleh Teknologi di Masa Mendatang
Tonton di YouTube

Demikianlah artikel saya yang berjudul Inilah 10 Pekerjaan Ini yang Diramal Akan diambil Alih oleh Teknologi di Masa Mendatang. Semoga kita bisa bertahan dan turut memanfaatkan kemajuan teknologi ini.

Baca Juga Manfaat Blog atau Website Untuk Sekolah dan Bisa Menghasilkan Uang