ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Manfaat Blog atau Website Untuk Sekolah





Kanjeng Mariyadi Ngawi. Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian. Ada juga yang mengartikan bahwa pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir.
Manfaat Blog atau Website Untuk Sekolah
Manfaat Blog atau Website Untuk Sekolah

Sekolah adalah lembaga untuk para siswa pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa mengalami kemajuan melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar di sekolah.




Blog merupakan singkatan dari web log merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Tujuan Blog Secara Umum
Tujuan Blog Secara Umum, adalah sebagai berikut :
1.    Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
2.    Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
3.    Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
4.    Berkarya atau aktualisasi diri
5.    Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
6.    Berbagi pengalaman
7.    Berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb

Pemanfaatan Blog Secara Umum
Ada  lima  aspek  dalam pemanfaatan, yaitu:
1.    Media sebagai teknologi mesin
2.    Media sebagai tutor
3.    Media sebagai pemotivasi belajar
4.    Media sebagai alat berpikir dan memecahkan masalah
Di   tengah   dunia   yang   semakin modern ini pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan pun tidak dielakkan lagi. Dengan adanya teknologi modern, arus informasi  semakin  tak  dapat  terbendung lagi. Semua orang diseluruh dunia dapat mengetahui apa yang mereka inginkan melalui internet. Internet dapat menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga siapa pun dapat memanfaatkanya.

Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan  telah  gencar  dilakukan diberbagai negara. Bahkan internet sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Blog salah satu produk yang dihasilkan oleh internet dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar karena Blog dapat dibuat oleh siapa pun dengan sangat mudah dan yang paling penting Blog dapat dibuat dengan gratis.

Adapun manfaat Blog bagi pebelajar adalah sebagai berikut:
1.    Meningkatkan pengetahuan
2.    Berbagi sumber diantara rekan sejawat
3.    Bekerjasama  dengan  pengajar  di  luar negeri
4.    Kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung
5.    Mengatur komunikasi secara teratur
6.    Berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional

Di samping itu para pengajar juga dapat memanfaatkan Blog sebagai sumber bahan mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus online dengan metodologi baru, mengakses materi pembelajaran yang cocok  untuk pebelajarnya, serta dapat menyampaikan ide-idenya. Sementara itu pebelajar juga dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan  dan  memperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian.

Blog juga dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk media pembelajaran, yaitu Blog guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para muridnya bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut. Selain itu blog guru dan murid juga dapat saling berinteraksi. Guru, yang harus memiliki Blog, mengharuskan murid memiliki blognya masing-masing, sebagai sarana mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi yang terbaik.

Keunggulan Blog Sebagai Media Pembelajaran
a.    Siswa dapat mengatur waktunya untuk belajar kapan dan dimana saja mereka punya akses internet.
b.    Efisiensi waktu.
c.    Fleksibilitas untuk bergabung dalam forum diskusi setiap saat, atau menjumpai teman sekelas dan pengajar secara remote melalui ruang chatting.
d.   Mampu memfasilitasi dan menerapkan gaya belajar yang berbeda.
e.    Pengembangan keterampilan TIK yang mampu mendukung aktivitas lain siswa.
f.     Keberhasilan menyelesaikan pembelajaran online mampu membangun kemampuan belajar mandiri dan kepercayaan diri siswa serta mendorong siswa untuk lebih bertanggung jawab dalam studinya.
g.    Mempersingkat waktu pembelajaran.
h.    Mempermudah interaksi antara peserta didik dengan materi, peserta didik dengan guru maupun sesama peserta didik.
i.      Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang.
j.      Kehadiran guru tidak mutlak diperlukan.
k.    Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana saja.
l.      Berubahnya peran siswa dari yang biasanya pasif menjadi aktif.

Manfaat Blog Untuk Sekolah
1.    Menyampaikan rencana dan Pencapaian Program Sekolah Kepada siswa dan wali murid (Contoh)






2.    Mempublikasikan pengumuman terkait kegiatan yang akan dilaksanakan



3.    Menuliskan apapun tentang kegiatan di sekolah seperti; menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama murid-murid, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru-guru yang lain untuk dipraktekkan di kelas mereka, menuliskan uneg-uneg akan protes kebijakan sekolah selain jadi bahan melepas stres juga bisa sebagai ancang-ancang berargumen dengan kepala sekolah/kepala yayasan.





4.    Bisa menjadi cermin evaluasi diri karena tulisan-tulisan kita juga dikomentari oleh berbagai orang dengan berbagai sudut pandang sehingga kita juga belajar memahami berbagai karakter orang dan sudut pandang seseorang menyikapi masalah.
5.    Menguji kualitas tulisan-tulisan. Posting sebuah tulisan di blog. Kalau banyak orang yang menyukainya, maka sukses jadi penulis yang berbakat. Jika tak ada yang suka, berarti harus belajar lebih giat lagi untuk membuat tulisan yang menarik. Intinya, aktivitas blogging bisa menjadi sarana yang sangat jitu untuk mengevaluasi kualitas dan kemampuan.
6.    Bisa menjadi ajang sosialisasi dan menyusun kekuatan opini apalagi dengan teknologi sindikasi berita, link dan mesin pencari sekarang.
7.    Siapa tahu curhat, opini, dan protes-protes selama yang ditulis bisa jadi buku, sekaligus jadi pendapatan sampingan.
8. Menyampaikan Lelucon



Contoh Pemanfaatan Blog Untuk Kepentingan Pendidikan di Sekolah
Berikut adalah contoh Pemanfaatan Blog Untuk Kepentingan Pendidikan di Sekolah yang diterapkan oleh SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kabupaten Ngawi.
Jadwal Penilaian Tengah Semester (PTS) Semester Ganjil Tahun pelajaran 2019/2020
Program Sekolah SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Tahun 2019

Dalam blog sekolah kita juga dapat menyematkan konten video pembelajaran maupun video dokumentasi secara otomatis:

Cara membuat Blog Untuk Kepentingan Pendidikan di Sekolah
Tentunya banyak tutorial tentang Cara membuat Blog Untuk Kepentingan Pendidikan di Sekolah ini baik di blog-blog maupun youtube yang dapat dipeajari. Namun terkadang sekolah maupun guru serta siswa yang tertarik untuk membuat blog atau website ini merasa malas untuk menerapkannya karena untuk pembuatan tersebut memerlukan tenaga dan waktu yang ekstra.

Baca Mengapa Sekolah Membuat Website?

Namun jika anda ingin membuat website atau blog namun terkendala waktu maupun tenaga, anda dapat memesannya kepada creator atau jasa pembuatan blog atau jasa pembuatan website. Dengan mengeluarkan sedikit biaya, anda dapat memikili blog atau website yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang bermanfaat.


Jika anda ingin membuat website atau blog namun terkendala waktu maupun tenaga, anda dapat memesannya kepada creator atau jasa pembuatan blog atau jasa pembuatan website dengan cara Pesan dan Tonton Contoh Website disini.





Baca Juga



Share This :

0 komentar

 Recent

Website ini Dilindungi oleh DMCA