Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020





Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020
Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020

Setelah beberapa saat yang lalu pemerintah telah mengumumkan tentang Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTs, SMA/MA/SMK maka informasi yang sangat ditunggu-tunggu adalah Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 atau Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Tahun Pelajaran 2019/2020. Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 ini nanti juga akan dilakasanakan menggunakan system UNBK 2019 atau UNBK 2020.


Berdasarkan pada Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 yang telah dirilis oleh pemerintah dapat diketahui bahwa untuk UN 2019/2020 tingkat SMP/MTs akan mengujikan 4 mata ujian utama yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).




Dari Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat kita ketahui bahwa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dinilai adalah Level Kognitif yang menilai Pengetahuan dan pemahaman meliputi Mengidentifikasi, Menentukan Memaknai dengan Aplikasi Menunjukkan bukti, Menyimpulkan, Menemukan ide, Menginterpretasi dan Menggunakan Menyusun. Untuk Penalaran meliputi Mengevaluasi, Membandingkan pola (menganalisis), Menanggapi dan Memvariasikan dengan Lingkup Materi, Membaca Nonsastr, Membaca Satra, Menulis Terbatas, Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf, Menyunting Ejaan dan Tanda Baca, Menulis Terbatas, Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf dan Menyunting Ejaan dan Tanda Baca.

Sedangkan pada pelajaran Bahasa Inggris menguji Pengetahuan dan Pemahaman tentang Mengidentifikasi sedangkan pada Aplikasi adalah Membandingkan, Mengklasifikasi dan Menjelaskan. Pada Penalaran meliputi Menyimpulkan, Merinci perbedaan/ persamaan dan Menganalisis Dengan lingkup materi Fungsi Sosial, Struktur Teks dan Unsur Kebahasaan
Jenis teks-teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks adalah Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan), Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label), Descriptive, recount, narrative, procedure, report.

Untuk pelajaran Matematika, lingkup materi yang perlu dipelajari lagi adalah Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran serta Statistika dan Peluang karena yang akan dinilai adan diujikan adalah Pengetahuan dan Pemahaman (Mengidentifikasi, Mendeskripsikan, Membuat tabulasi, Menentukan dan Menyebutkan). Aplikasi (Mengkonstruksi, Menyelesaikan masalah, Menghitung, Menginterpretasi, Menerapkan, Membandingkan, Memodifikasi), Penalaran (Menganalisis, Mengevaluasi, Mensintesis/Mengkreasi)

Untuk lingkup materi Ilmu Pengetahuan Alam adalah Pengukuran, Zat, dan Sifatnya, Mekanika dan Tata Surya, Gelombang, Listrik, dan Magnet, Makhluk hidup dan lingkungannya, Struktur dan fungsi makhluk hidup.

Selengkapnya Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat anda download dengan cara klik Download Kisi-kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun 2019/2020


Demikian informasi terkait Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 semoga dapat membantu dan adik-adik kelas 9 SMP/MTs dapat mempersiapkan diri mulai dari sekarang untuk belajar dan berlatih soal supaya dalam menghadapi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 ini dapat berjalan lancar. Tidak ada salahnya juga jika adik-adik mempersiapkan diri denga cara belajar dari Bank Soal yang disediakan penulis dan mempelajari lagi Materi Pelajaran yang sudah diajarkan oleh Bapak Ibu Guru.


Download Juga






Berlangganan via Email