Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi





Download Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi
Pemerintah kembali membuka penerimaan atau seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru pada tahun ini. Berkaitan dengan santernya informasi CPNS 2019/2020 tersebut, para pencari kerja yang mengidam-idamkan untuk menjadi Abdi Negara atau PNS/ASN pada tahun 2019/2020 giat dan aktif mencari contoh soal CPNS 2019 maupun soal seleksi PPPK baik itu untuk soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) maupun Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKD) berasal dari prediksi soal CPNS 2018 yang keluar sebagai Soal SKD maupun contoh soal SKB CPNS 2018 lalu.
Download Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi
Download Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi

Untuk turut andil membantu para rekan dalam mempersiapkan diri dalam seleksi CPNS 2019/2020 ini kali ini saya akan membagikan secara gratis Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi. Nanti sobat semua dapat unduh atau Download Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi ini untuk digunakan sebagai bahan belajar.

Sekilas tentang ASN, PNS dan PPPK
Peraturan tentang ASN, PNS dan PPPK terdapat pada Pasal 6 Undang-Undang Nomo5 Tahun 2014, dinyatakan bahwa Pegawai ASN terdiri dari :
a) PNS dan
b) PPPK.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.
Pada Pasal 7 UU No 5 Tahun 2014 dinyatakan:
a)   PNS merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional.
b)   PPPK merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-Undang ini.




PPPK berhak menerima :
1.  Gaji dan tunjangan;
2.  Cuti;
3.  perlindungan; dan
4.  pengembangan kompetensi

Tips Seleksi CPNS dan PPPK 2019/2020
Jika anda telah selesai mengikuti Tes CAT, segeralah persiapkan diri untuk tahapan tes berikutnya tanpa menunggu pengumuman hasil tes CAT. Biasanya tahapan tes berikutnya adalah Tes Kompetensi Bidang, psikotes, dan wawancara. Soal-soal tes kompetensi bidang biasanya berbeda-beda, tergantung kementerian lembaga yang ada lamar.

Pratinjau Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi
1.  Divisio tumbuhan paku-pakuan mempunyai ciri-ciri umum antara lain ...
1. Tumbuhan berpembuluh tak berbiji
2. mengalami pergantian generasi antara sporofit dan gametofit
3. memiliki hanya satu tipe spora saja (homospora)
A. Pernyataan 1 dan 2 benar
B. Pernyataan 1 dan 3 benar
C. Pernyataan 2 dan 3 benar
D. Pernyataan 1, 2 dan 3 benar

JAWABAN
D. Pernyataan 1, 2 dan 3 benar
Divisio Psilophyta (paku sapu), Lycophyta (paku lumut), Sphenophyta  (ekor kuda),  dan  Pterophyta  (paku  benar)  adalah  tumbuhan  berpembuluh  tak berbiji, mengalami pergantian generasi antara sporofit dan gametofit, dan memiliki hanya satu tipe spora saja (homospora).

2.  Kelompok hewan yang paling primitif dari kingdom Animalia adalah ...
A. Mollusca
B. Plathyhelminthes
C. Cnidaria
D. Porifera

JAWABAN D. Porifera
Porifera adalah kelompok hewan yang paling primitif.

3.  Gerak   membelok   bagian   tanaman   yang   dipengaruhi   oleh   aliran   listrik disebut...
A. haptotropi
B. termotropi
C. galvanotropi
D. reotropi

JAWABAN

C. galvanotropi
Galvanotropi adalah gerak membelok bagian tanaman yang dipengaruhi oleh aliran listrik.

4.  Tempat penyusunan zat pertumbuhan auksin adalah pada jaringan...
A. parenkim di batang dan buah
B. kolenkim di batang
C. sklerenkim di kulit buah
D. meristem di ujung-ujung tanaman

JAWABAN
D. meristem di ujung-ujung tanaman
Auksin  banyak  disusun  di jaringan-jaringan  meristem  di dalam  ujung-ujung tanaman seperti tunas, kuncup bunga, pucuk daun, dan ujung akar.

5.  Rongga mulut adalah bagian dari sistem pencernaan  yang berfungsi  untuk menghaluskan makanan dan dengan bantuan enzim amilase mencerna ..
A. protein
B. polisakarida
C. lemak
D. asam lemak

JAWABAN
B. polisakarida
Aktivitas pencernaan dimulai pada rongga mulut yang berfungsi untuk menghaluskan makanan dan mencerna polisakarida. Di dalam rongga mulut terdapat kelenjar ludah yang mensekresikan air liur yang berisi enzim-enzim yang dapat menghancurkan makanan secara kimiawi, diantaranya enzim amilase yang disebut juga ptialin akan memecah tepung (amilum)

6.  Hukum Termodinamika kedua pada dasarnya menyatakan bahwa tidak ada energi yang 100% efisien Sebab Setiap pemindahan  energi, sebagian dari energi selalu hilang sebagai panas.
A. Kedua pernyataan benar dan menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Kedua pernyataan benar tapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Salah satu pernyataan salah.
D. Kedua pernyataan salah.

JAWABAN
A. Kedua pernyataan benar dan menunjukkan hubungan sebab akibat.
Tidak ada konversi  energi  yang 100%  efisien.  Sebagian  dari energi selalu hilang sebagai panas. Ini adalah inti dari Hukum Termodinamika kedua.

7.  Organisme ototrof tidak memerlukan energi dari lingkungannya. Sebab Organisme ototrof dapat membuat makanannya sendiri.
A. Kedua pernyataan benar dan menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Kedua pernyataan benar tapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Salah satu pernyataan salah.
D. Kedua pernyataan salah.

JAWABAN
C. Salah satu pernyataan salah.
Organisme ototrof mendapatkan karbon dan energi dari lingkungannya. Organisme ini dapat membuat makanannya  sendiri. Karbon dioksida (CO2) yaitu gas yang terdapat di udara dan terdapat dalam air merupakan sumber karbon bagi ototrof. Matahari adalah sumber energi untuk berfotosintesis bagi ototrof.  Selain  itu,  sumber  energi  lain adalah  senyawa-senyawa  anorganik yang terdapat di lingkungan.


8.  Organisme atau makhluk hidup mempunyai ciri antara lain:
1)  Tubuhnya   terdiri   atas   sel-sel,   tumbuh   dan  berkembang,  melakukan metabolisme dan reproduksi
2)  Tubuhnya terdiri atas sel-sel, melakukan metabolisme, bereaksi terhadap rangsangan, dan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan
3)  Melakukan   metabolisme,   bereaksi   terhadap   rangsangan,   beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, dan melakukan reproduksi
A. Pernyataan 1 dan 2 benar
B. Pernyataan 1 dan 3 benar
C. Pernyataan 2 dan 3 benar
D. Pernyataan 1, 2 dan 3 benar

JAWABAN
D. Pernyataan 1, 2 dan 3 benar.
Ciri organisme atau makhluk hidup adalah: Tubuh organisme terdiri atas sel-sel. Organisme tumbuh dan berkembang. Organisme melakukan metabolisme. Organisme bereaksi terhadap rangsangan Organisme beradaptasi terhadap perubahan lingkungan Organisme melakukan reproduksi

9.  Energi  panas  yang cukup akan membuat  ikatan hidrogen  air terputus  dan tidak terbentuk kembali. Pada kondisi ini bentuk air adalah ...
A. cair
B. uap
C. es
D. mendidih

JAWABAN B. uap
Variabel utama yang mempengaruhi bentuk air adalah suhu. Kenaikan suhu mengakibatkan adanya energi panas yang menyebabkan ikatan hidrogen air terputus terus, sehingga molekul-molekul pada permukaan air akan terlepas ke udara (prose  penguapan).  Dengan  demikian,  dalam  bentuk  uap, ikatan hidrogen air terputus terus tidak terbentuk kembali.

10. Pernyataan yang benar tentang proses difusi adalah peristiwa gerakan ...
A. air karena perbedaan gradien konsentrasi
B. air karena tekanan cairan
C. molekul-molekul karena perbedaan gradien konsentrasi
D. molekul-molekul karena tekanan cairan

JAWABAN
C. molekul-molekul karena perbedaan gradien konsentrasi

Difusi   adalah   peristiwa   bergeraknya   molekul   atau   ion   karena   adanya perbedaan gradien konsentrasi. Molekul atau ion bergerak dari gradien konsentrasi tinggi ke gradien konsentrasi rendah.


Download Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi
Sobat semua dapat Unduh atau Download Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi ini dengan cara klik tautan dibawah ini:

Demikian link Download Contoh Soal CPNS dan PPPK Guru Biologi yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.

Baca Selengkapnya

Artikel Menarik Lainnya