Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unduh Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah




Pada saat orang tua menginginkan untuk memindahkan anaknya dari suatu sekolah ke sekolah lain yang dharapkan, maka langkah pertama yang dilakukan sebelum mengurus berkas kepindahan ke Diknas Pendidikan setempat adalah membuat Surat Permohonan Pindah Sekolah yang ditujukan kepada kepala sekolah asal.
Unduh Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah


Surat Permohonan Pindah Sekolah merupakan sebuah surat yang dibuat oleh orangtua / wali atau murid untuk memohon kepada pihak sekolah asal agar mengizinkan atas kepindahan siswa tersebut ke sekolah lain yang diharapkan. Hal seperti ini sebenarnya menjadi hal yang lumrah terjadi di lingkungan sekolah. Alasannya juga bisa beragam, misalnya mengikuti orang tua yang pindah tugas bekerja atau karena alasan lainnya.



Format penulisan surat pindah sekolah sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan surat permohonan resmi lainnya. Yang membedakan adalah hanya pada isinya yang berkaitan dengan permohonan pindah sekolah. Untuk bahasa tentu saja mengikuti penulisan pada terhadap surat resmi, sehingga bahasa yang digunakan haruslah bahasa resmi yang baik, benar, tidak bertele-tele dan sopan.

Di dalam format Surat Permohonan Pindah Sekolah seperti biasa diawali dengan menulis tempat dan tanggal pembuatan surat, kemudian dilanjutkan dengan mencantumkan pihak penerima surat. Bagian isi dicantumkan identitas singkat siswa yang ingin pindah dari sekolah tersebut. Berikutnya isi pokok dari surat meliputi permohonan kepada pihak sekolah supaya bersedia memberikan izin untuk pindah sekolah. Kemudian di bagian akhir surat, kata-kata penutup serta harapan agar pihak sekolah mau memberikan izin atas permohonan tersebut. Selanjutnya tuliskan nama pemohon yang dibubuhi tanda tangan di atas materai 6000.


Berikut ini adalah Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah yang lazim digunakan pada umumnya





Hal : Permohonan Orang Tua                                                               ....................., .. ................. 2019



                                                                                                                 Kepada Yth,
                                                                                                                 Kepala Sekolah .......................
                                                                                                                 Jl. .......................
                                                                                                                     .......................


Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini kami orang tua siswa dari,

Nama                     :
Tempat Tgl. Lahir :
Sekolah Asal         :
Kelas                     :
No. Induk              :
Alamat Rumah      :


Dengan ini mengajukan permohonan pindah sekolah dari .......................(nama sekolah)....................... untuk diterima di .......................(nama sekolah) ....................... Dengan alasan : agar dekat dengan domisili keluarga/ rumah tinggal.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, kiranya dapat diterima di sekolah yang Bapak/ Ibu Pimpin dan atas perhatiannya kami ucapakan terima kasih.


                                                                                                                            Hormat kami,
                                                                                                                     Orang tua/ wali siswa,



                                                                                                                   ( .................................)




Unduh Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah
Jika anda menginginkan untuk mendownload atau Unduh Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah dalam bentuk file dalam format Microsoft Word, silakan bisa di unduh dengan mengklik link download di bawah ini.

Demikian untuk Unduh Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah dengan format penulisan surat permohonan pindah sekolah di atas Anda bisa tulis tangan langsung di kertas HVS atau bisa juga dengan di ketik menggunakan komputer. Semoga artikel Unduh Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah ini membantu

Mungkin Anda Suka: