Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Peran Guru Masa Kini Menurut Kemendikbud





5 Peran Guru Masa Kini Menurut Kemendikbud

5 Peran Guru Masa Kini Menurut Kemendikbud. Peran guru kini dituntut lebih dari sekadar sumber informasi maupun pentrasfer Ilmu Pengetahuan kepada peserta didik. Karena, di era digital sekarang ini para siswa telah memiliki akses informasi yang sangat luas. Peran pendidik seperti yang pernah disampaikan oleh Ki Hadjar Dewantara masih sangat relevan dalam menghadapi era industri 4.0 ini.




Bagaimana transformasi peran guru di sekolah dapat dilakukan? Setidaknya ada 5 peran guru yang harus dikuatkan dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Seperti yang penulis kutip dari akun resmi instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), inilah 5 Peran Guru Masa Kini Menurut Kemendikbud yaitu:




1.    Pengajar Guru mampu menyampaikan mata pelajaran agar dimengerti dan di dipahami oleh siswa.
2. Katalisator Guru diharapkan mampu untuk mengindentifikasi, menggali dan mengoptimalkan potensi anak didik.
3.   'Penjaga gawang' Guru membantu anak didik untuk mampu menyaring pengaruh-pengaruh negatif yang ada di lingkungan, termasuk di dunia maya.
4. Fasilitator Guru membantu siswa menjadi subyek dalam proses pembelajaran, menjadi teman diskusi dan juga bertukar pikiran.
5.  Penghubung Guru mampu menghubungkan anak didik dengan sumber-sumber yang beragam, baik di dalam maupun di luar sekolah. Dengan peran ini, diharapkan nantinya guru mampu menyiapkan anak didik untuk memiliki kecakapan abad 21, yakni 4C:
a.    Critical Thinking (berpikir kritis dan analitis),
b.    Creative and Innovative (kreatif dan inovatif),
c.    Communicative (komunikatif), dan

d.   Collaborative (kolaboratif).

Mungkin Anda Suka:



Berlangganan via Email