Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Strategi Belajar Bahasa Inggris

6 Strategi Belajar Bahasa Inggris
6 Strategi Belajar Bahasa Inggris
(Picture by Pixaby Free Image)





6 Strategi Belajar Bahasa Inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa Internasional. Maka dari itu, sebaiknya kita belajar mulai dari sekarang. Selama masih ada kesempatan. Bahasa inggris juga merupakan ketrampilan bahasa yang penting untuk menyiapkan diri kita untuk keperluan pembelajaran maupun ketrampilan berbahasa. Setiap orang jika suka dengan pelajaran bahasa inggris dan ingin pandai berbahasa inggris, maka harus belajar dan mempraktekkan secara teratur atau melakukan aksi, karena tanp aksi mustahil kita bisa cepat menguasai bahasa asing ini. Segala sesuatu membutuhkan proses, dan membutuhkan beberapa strategi untuk meraihnya. Berikut penulis akan memberikan 6 Strategi Belajar Bahasa Inggris.




1.    Mencapai Target
a.   Pelajarilah 10 kata-kata yang baru dalam bahasa inggris atau frase, setiap hari . Dari hari senin sampai jum’at ( ulangi kembali pada hari sabtu, kemudian hari minggu untuk beristirahat ), minimal 1 minggu kita dapat menghafal 10 kata-kata .
b. Sebelum melanjutkan tahap selanjutnya, untuk menghindari beberapa kesalahan, kita harus membacanya minimal 15 menit setiap hari.
c.    Bacalah lirik lagu bahasa inggris setiap minggu dan cobalah pahami kata-katanya .


Meraih target harus dilakukan tahap demi tahap, dari pada merencana target banyak tapi tidak dapat di raih, dan kita harus mulai mencoba dari sekarang dan tetap menjaga motivasi  itu.




2.    Motivasi Adalah Sebagian Dari Usaha
Bosan adalah salah satu kendala dalam belajar, maka kita harus mencoba  untuk menemukan  aspek positif dalam belajar .Seperti ;
a.    Ketika kita melihat film favorit dalam bahasa inggris, tulislah beberapa kata yang berguna dan frase yang mudah dan ingin kita ingat.
b.    Kamu juga bisa membaca lirik lagu dan cobalah memahami tentang apa itu.
c. Kamu juga bisa melihat acara TV (yang menggunakan bahasa inggris) dan cobalah mempelajarinya .


Segala sesuatu ,setiap tempat dapat menjadi perantara untuk  belajar bahasa inggris . Jika kita suka (dengan pelajaran itu ) ,kita bisa mendapat motivasi yang besar,dan kita harus ingat “selalu melihat sisi yang cerah dalam hidup.”




3.    Jangan berlebihan

Belajar 15 menit setiap hari ,itu lebih efektifdari pada belajar 2 jam sekali setiap minggu. Kita harus bisa mengatur waktu dengan baik, antara belajar dan bermain . Tapi faktanya, kamu akan melihat bahwa yang terjadi adalah waktu  belajar itu lebih banyak untuk bermain.


4.    Senangkanlah Dirimu Untuk Melakukan Sesuatu Yang Baik
Setiap orang pasti tahu apa ke”GAGAL”anmu, tapi tidak setiap orang yang  mengetahui apa ke”SUKSES”anmu. KEGAGALAN Itu cukup mengecewakan ,tapi kita harus mengambil hikmah darinya. dan  PENGHARGAAN selalu memberi motivasi yang baik , jika datang dari usaha yang kuat. 




5.    Belajar bahasa inggris dengan teman-teman .
Bertemu dengan teman-teman ,belajar bersama, kamu dapat mengulang kosa katamu , mengerjakan PR bersama dan di bantu dengan grammarnya .Belajar dengan teman-teman itu lebih menyenangkan dan juga sebagai kesempatan untuk bertukar ide dalam pelajaran umum. Mungkin temanmu akan banyak menemukan hal-hal tentang  metode yang bagus agar belajar bisa lebih efektif .

6.    Bermimpilah Sudah Mahir Berbahasa Inggris

Rata-rata orang yang menguasai bahasa inggris, sebelumnya (pada saat mereka sedang keras-kerasnya belajar berbahasa inggris) mereka bermimpi sudah mahir berbahasa inggris. Entah itu pandai nganyi, dialog, berdebat dengan native speaker dan lain-lain.




Demikian 6 Strategi Belajar Bahasa Inggris. Semoga 6 Strategi Belajar Bahasa Inggris ini dapat mengembangkan motivasi kita untuk lebih  menyukai belajar bahasa inggris dan bisa berbahasa inggris. Karena bahasa inggris sangatlah penting di era globalisasi seperti ini.

Berlangganan via Email