Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Dokumen KOSP Kurikulum Merdeka SMA/SMK

 

Kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Penyusunan dokumen kurikulum operasional di satuan pendidikan dari awal, hendaknya dimulai dengan memahami secara utuh kerangka dasar kurikulum pada sekolah tersebut sebelum dilakukan Pengesahan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). 
Contoh Dokumen KOSP Kurikulum Merdeka SMP

Kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.
Prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan adalah:
  1. Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan.
  2. Kontekstual, yaitu menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB).
  3. Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.
  4. Akuntabel, yaitu dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.
  5. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.
Berikut ini Admin mariyadi.com membagikan contoh kosp SMA/SMK. Contoh kosp SMA pdf ini sekaligus menjawab pertanyaan sobat Calon Guru seperti Apa saja isi dokumen 1 KOSP, Lampiran KOSP apa saja, Langkah menyusun KOSP SMA dan KOSP SMA itu apa. Setelah melihat contoh kosp kurikulum merdeka SMA nantinya akan bisa download kosp kurikulum merdeka SMA sebagai contoh kosp SMA pdf yang diunduh pada link download kosp SMA pada akhir postingan ini.

Adapun dokumen kosp kurikulum merdeka pada contoh kosp kurikulum merdeka ini terdiri dari dokumen 1 kurikulum merdeka belajar SMA dan dokumen 2 kurikulum merdeka belajar SMA. Sebagai jawaban atas pertanyaan Bagaimana KOSP dibuat, Lampiran KOSP apa saja, apa saja 5 Langkah Penyusunan KOSP dan Siapa yang harus menyusun KOSP silakan download kosp SMA dibawah ini:

Download Contoh Dokumen KOSP Kurikulum Merdeka SMA/SMK