Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi Soal UP PPG PGSD 2021 Per Butir Soal serta Indikator Kisi Kisi UP UKMPPG 2021

Mariyadi.com. Kisi-kisi Soal Pembahasan UP UKMPPG 2021 untuk mahasiswa PPG 2021 PPG daljab 2021 dan mahasiswa PPG Prajabatan / ppg mandiri 2021. Setelah mahasiswa PPG 2021 menyelesaikan pendidikan profesi guru langkah berikutnya adalah mengikuti UKMPPG 2021. UKMPPG 2021 terdiri dari UKIN atau uji kinerja yang dibagi kedalam UKIN Praktik pembelajaran dan UKIN Portofolio. Sedangkan UP atau uji pengetahuan merupakan tahapan ujian UKMPPG yang sangat menentukan kelulusan ppg 2021.


Setelah kita mengetahui jadwal UP UKMPPG 2021: First Taker PPG Daljab dan Prajabatan kita harus memanfaatkan waktu untuk menyiapkan Strategi dan menyiapkan Tips Lulus UKMPPG 2021 dengan bertanya Pengalaman Lulus UP tahun 2020. Berikut adalah kisi kisi up ukmppg 2021 atau kisi kisi up ppg 2021 perbutir soal sesuai indikator kisi kisi up ppg 2021 pgsd atau kisi kisi up pgsd 2021 yang agak berbeda dengan kisi kisi up ppg pgsd 2020 / kisi-kisi soal up ppg pgsd 2020.

Kisi-Kisi Soal UP PPG PGSD 2021 Per Butir Soal serta Indikator Kisi Kisi UP UKMPPG 2021
Kisi-Kisi Soal UP PPG PGSD 2021 Per Butir Soal serta Indikator Kisi Kisi UP UKMPPG 2021



CPBS
Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian, dan kemurahhatian.

CMPK
Membiasakan sikap cinta tanah air sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.

Materi/Topik: Sikap Cinta Tanah Air

Sub Mater/Sub Topik: Sikap nasionalisme.

Indikator
1. Menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan  penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik,  sosial, budaya, ekonomi, dan  politik bangsanya dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
2. Mempertahankan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan  keselamatan bangsa dan  negara sebagai kepentingan bersama di atas  kepentingan pribadi dan  golongan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik

Sub Mater/Sub Topik: Sikap patriotisme.
3. Menjunjung tinggi keunggulan bangsa Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.
4. Mengembangkan sikap rela  berkorban untuk kepentingan negara dan  bangsa dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.

Sub Mater/Sub Topik: Sikap menghargai perbedaan
5. Menciptakan persamaan derajad, persamaan hak  dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis  kelamin, kedudukan sosial, dan  warna kulit dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Sub Mater/Sub Topik: Sikap mengutamakan kepentingan bersama.
6. Mengkarakteristikkan keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa,  menjunjung tinggi harkat dan  martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan  keadilan mengutamakan persatuan dan  kesatuan kepentingan bersama dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Sub Mater/Sub Topik: Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia
7. Mempertahankan kekayaan alam Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.

Sub Mater/Sub Topik: Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia
8. Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Indikator soal lanjutan
9. Menunjukkan keberanian dalam membela kebenaran dan keadilan pada proses mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan  mengevaluasi peserta didik.
10. Mengembangkan pribadi yang taat serta menghormati hukum dan  aturan pada proses mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan
mengevaluasi peserta didik.
11. Mengatakan benar atau salah sesuai dengan yang sebenarnya dalam mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan  mengevaluasi peserta didik.
12. Menampilkan perilaku yang bijaksana meskipun dalam situasi yang sulit pada proses mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.
13. Memberikan penghargaan atau hukuman kepada peserta didik sesuai tata  tertib sekolah dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
14. Menampilkan sikap senang dan  nyaman dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
15. Menunjukkan sikap kesiap-siagaan dalam proses mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.
16. Menampilkan tanggapan sebagaimana yang dihayati peserta didik dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.
17. Merancang berbagai usaha untuk menuntaskan pekerjaan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik
18. Menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap kebutuhan peserta didik dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.
19. Mendeteksi situasi yang membutuhkan bantuan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.
20. Mendemonstrasikan sikap tanggung jawab pribadi terhadap situasi yang membutuhkan bantuan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik.

1. Disajikan narasi tentang teori perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam PBM, peserta dapat menentukan teori perkembangan apa  yang sesuai.
2. Disajikan narasi tentang teori perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam PBM, peserta dapat menganalisis teori perkembangan apa  yang sesuai.
3. Disajikan narasi PBM dengan kegiatan pembelajaran yang terkait dengan teori belajar, peserta dapat menganalisis teori belajar apa  yang sesuai.
4. Disajikan narasi tentang kompetensi dasar Penilaian dan analisis hasil  belajar, peserta dapat menentukan alat penilaian serta analisis hasil  belajar untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi tersebut.
5. Disajikan narasi tentang kompetensi Pedagogik profesi guru, peserta dapat menganalisis teori belajar serta prinsip pembelajaran yang mendidik untuk membantu menguasai kompetensi tersebut
6. Disajikan narasi tentang Karakteristik pembelajaran abad 21,  peserta dapat menganalisis karakteristik guru dan  siswa abad 21  untuk membantu menguasai kompetensi tersebut
7. Disajikan kasus tentang pembelajaran di kelas, peserta dapat mengidentifikasi nilai karakter yang tersirat dalam kegiatan pembelajaran
8. Disajikan narasi tentang kompetensi guru SD yang profesional, peserta dapat menganalisis persyaratan, kualifikasi, dan  kompetensi guru SD yang profesional
9. Disajikan materi tentang regulasi profesi guru, peserta dapat melakukan analisis terhadap kebijakan nasional dan regulasi mengenai guru sebagai jabatan profesional
10. Diberikan sebuah kasus etika profesi guru, peserta dapat mengenali sanksi pelanggaran kode etik  guru
11. Disajikan beberapa ragam teks  peserta dapat menganalisis jenis  teks  yang disajikan
32. Disajikan teks  satuan bahasa tertentu, peserta mampu menganalisis paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik.
33. Disajikan teks  satuan bahasa tertentu, peserta dapat menganalisis satuan bahasa yang tepat.
34. Disajikan teks  satuan bahasa tertentu, peserta mampu menganalisis struktur kalimat yang efektif.
45. Disajikan teks  fiksi peserta dapat menggunakan struktur, jenis, dan  kaidah pada teks fiksi teks fiksi
46. Disajikan teks  puisi/cerita tertentu peserta dapat menganalisis struktur, jenis, dan  kaidah berdasarkan teks nonfiksi yang disajikan.
47. Disajikan teks  cerita peserta dapat menganalisis struktur/unsur dan  makna cerita yang disajikan tersebut;
48. Disajikan narasi tentang kompetensi dasar struktur puisi/cerita dengan karakteristik konteks lingkungan sekolah tertentu, peserta dapat menganalisis tujuan, bahan ajar, sumber belajar, media, dan  perangkat penialaian yang tepat
49. Disajikan teks  puisi  tertentu, peserta dapat menganalisis makna puisi  yang sesuai dengan isi puisi/cerita tersebut.
50. Disajikan narasi tentang kompetensi dasar menulis puisi/cerita dengan tema tertentu berdasarkan konteks lingkungan tertentu (sep sekolah dll),  peserta dapat menganalisis tujuan, bahan ajar,  sumber belajar, media, dan perangkat penilaian yang tepat di
51. Menyelesaikan masalah terkait perbandingan dan  skala dalam kontek bilangan.
52. Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait pecahan dalam soal  cerita.
53. Disajikan narasi pembelajaran tentang bilangan peserta dapat memperbaiki tahap pembelajaran tentang pemecahan masalah bilangan
54. Disajikan masalah kehidupan sehari hari  tentang kesebangunan pada segitiga atau segiempat peserta dapat menerapkan kesebangunan yang ada  pada segitiga atau segiempat yang diberikan
55. Disajikan masalah kehidupan sehari hari  terkait bangun datar dan  bangun ruang peserta dapat membandingkan unsur-unsur matematis tentang segitiga, segi  empat, prisma dan  limas
56. Diberikan paparan pendekatan berbasis konstruktivis dan materi bangun datar serta bangun ruang peserta dapat merancang pembelajarannya
57. Disajikan tabel dan  diagram yang tidak lengkap peserta dapat menganalisis nilai datanya
58. Diberikan paparan data tentang kemampuan membagi bilangan pecahan peserta dapat menyajikan dalam bentuk diagram batang/garis/lingkaran
59. Disajikan masalah tentang gerak alat transportasi yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari hari peserta dapat menentukan jarak, waktu dan  kecepatannya
60. Disajikan barisan bilangan aritmatika peserta dapat menentukan rumus suku dan  jumlah ke n
12. Diberikan langkah metode ilmiah secara acak, peserta dapat mengurutkannya dengan benar.
13. Diberikan suatu gambar model sistem organ pernafasan, peserta dapat menjelaskan proses pernafasan perut.
14. Diberikan beberapa pernyataan tentang pengalaman dan pengetahuan tentang proses makan makanan, peserta dapat memilih rumusan tentang pencernaan yang tepat.
15. Diberikan fenomena tentang tekanan diastole/sistole, peserta dapat menafsirkan hal-hal yang terjadi pada bagian-bagian jantung
16. Diberikan pernyataan tentang rongga dada, peserta dapat mengidentifikasi tulang-tulang yang membentuk rongga dada
17. Disajikan data terkait faktor yang mempengaruhi konduktivitas beberapa benda, peserta dapat menentukan perbedaan konduktivitasnya
18. Disajikan nama beberapa benda, peserta dapat mengelompokkan dengan memberikan alasan/dasar
pengelompokannya
19. Disajikan cerita tentang dua  orang yang menimba air dengan cara yang berbeda, yang satu  menimba langsung dengan menggunakan tali satunya lagi  menggunakan katrol, peserta dapat membandingkan besar keuntungan mekaniknya.
20. Disajikan gambar tentang proses perubahan energi pada pembangkit listrik (angin atau  air atau  matahari atau  uap), peserta dapat menganalisis perubahan energi apa  yang terjadi pada setiap tahapannya.
21. Disajikan grafik hubungan antara waktu pemanasan dan perubahan suhu suatu zat cair yang massanya berbeda, peserta dapat menentukan mana yang memerlukan kalor lebih besar
22. Disajikan data tentang keterkaitan hari  raya  Idul  Fitri  dua tahun berturut-turut (misalnya 1440 H dengan 1441 H) dengan kalender masehi, peserta dapat mengidentifikasi perbedaan kalender Masehi dengan kalender Hijriyah.
23. Disajikan data tentang kasus terjadinya bencana alam dipermukaan bumi, peserta dapat menganalisis proses alam Endogen atau Eksogen keterkaitan dengan bencana alam tersebut.
24. Disajikan kasus tentang kependudukan di wilayah Indonesia, peserta dapat menganalisis persebaran penduduk Indonesia.
25. Disajikan data tentang permasalahan kependudukan di wilayah Indonesia, peserta dapat mengevaluasi kualitas penduduk Indonesia.
26. Disajikan peristiwa sejarah nasional, peserta dapat mengelompokkan peristiwa tersebut berdasarkan metode sejarahnya.
27. Diberikan sebuah kasus tentang sistem sosial pada masyarakat, peserta dapat mengidentifikasi nilai  dan norma pada masyarakat.
28. Disajikan kasus tentang perilaku ekonomi (konsumsi), peserta dapat memberikan contoh perilaku ekonomi (konsumsi) di masyarakat.
29.  Disajikan kasus tentang perilaku ekonomi (produksi), peserta dapat memberikan contoh perilaku ekonomi (produksi) di masyarakat.
30. Diberikan informasi tentang perkembangan IPTEK  yang berkontribusi pada interaksi masyarakat baik  secara lokal, peserta dapat menganalisis fenomena perkembangan IPTEK yang terjadi di masyarakat.
31. Diberikan informasi tentang perkembangan penggunaan IPTEK,  peserta dapat mengidentifikasi dampak positif penggunaan IPTEK  di era  global.
35. Diberikan kasus HAM peserta dapat menelaah pelanggaran HAM berat dan  ringan yang terjadi di Indonesia
36. Diberikan sebuah informasi peserta dapat menentukan upaya pemajuan HAM di Indonesia dalam bidang produk hukum, lembaga negara dan  lembaga swadaya masyarakat
37. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat mengevaluasi penyebab problema yang dihadapi masyarakat multikultur (prasangka, stereotipe, etnosentrisme, rasisme, diskriminasi)
38. Diberikan sebuah contoh kasus peserta didik dapat mengevaluasi penerapan berbagai macam norma di masyarakat
39. Disajikan berbagai kasus tentang macam-macam norma, peserta mampu mengevaluasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.
40. Diberikan informasi, peserta dapat menilai penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan  pandangan hidup bangsa
41. Diberikan sejumlah informasi tentang warga negara global, peserta dapat menyimpulkan permasalahan yang menjadi tanggung jawab warga negara global
42. Diberikan sejumlah kasus peserta didik dapat memberi contoh tantangan yang menjadi tanggung jawab warga negara global
43. Diberikan sebuah infomasi, peserta didik dapat menyimpulkan dampak positif dan  negatif globalisasi
44. Diberikan sebuah infomasi, peserta didik dapat menyimpulkan sikap yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan di era  globalisasi
61. Disajikan satu  KD muatan Bahasa Indonesia peserta dapat merumuskan indikator ketercapaian kompetensi sesuai karakteristik siswa SD
62. Disajikan data dalam pembelajaran muatan IPS, peserta dapat menganalisis manfaat penggunaan teknologi dan informasi dalam pembelajaran muatan IPS SD.
63. Disajikan salah satu  KD muatan Bahasa Indonesia, peserta dapat menganalisis lingkup materi pada KD tersebut.
64. Disajikan salah satu  KD muatan Bahasa Indonesia/Matematika/ IPA/IPS/PKn, peserta dapat menganalisis lingkup materi pada KD tersebut IPA sebagai core.
65. Disajikan salah satu  KD muatan Bahasa Indonesia/Matematika/ IPA/IPS/PKn, peserta dapat merumuskan indikator ketercapaian kompetensi sesuai karakteristik siswa SD
66. Disajikan salah satu  KD muatan Matematika kelas tinggi, peserta dapat merumuskan indikator ketercapaian kompetensi sesuai karakteristik siswa SD
67. Disajikan indikator muatan pembelajaran PPKn, peserta dapat memilih materi pokok dan  bahan ajarnya.
68. Disajikan data tentang merancang muatan IPS SD, peserta dapat menerapkan prinsip pedagogik muatan IPS SD secara baik.
69. Disajikan kompetensi dasar muatan pembelajaran PPKn, peserta dapat merancang media pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah
70. Disajikan salah satu  KD muatan Matematika kelas rendah, peserta dapat menetukan media untuk memfasilitasi siswa menguasai materi
71. Diberikan indikator KD muatan bahasa Indonesia dalam pembelajaran Tematik SD kelas rendah, peserta dapat menentukan kegiatan bermakan yang berkaitan dengan muatan Bahasa Indonesia pada saat membuka pembelajaran
72. Diberikan indikator KD tentang muatan pembelajaran matematika kelas tinggi, peserta dapat menganalisis kegiatan yang termasuk dalam bagian membuka pembelajaran.
73. Diberikan indikator KD tentang muatan PPKn  dalam pembelajaran tematik , peserta dapat menilai model pembelajaran berbasis PPK.
74. Diberikan indikator KD tentang pembelajaran Tematik SD muatan PPKn  , peserta dapat memilih bahan ajar  berbasis ICT yang digunakan.
76. Diberikan indikator KD tentang pembelajaran Tematik SD kelas rendah, peserta dapat menyampaikan motivasi yang cocok ketika membuka pembelajaran.
75. Diberikan indikator KD tentang muatan Bahasa Indonesi dalam pembelajaran Tematik SD kelas rendah, peserta dapat merumuskan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan 4C dan  HOTS pada kegiatan inti pembelajaran.
77. Diberikan indikator KD tentang pembelajaran Tematik SD kelas rendah, pesertwa dapat merumukan kegiatan yang termasuk dalam bagian inti pembelajaran.
78. Diberikan indikator KD tentang pembelajaran Tematik SD kelas tinngi, peserta dapat menentukan kegiatan inti dalam membiasakan siswa berpikir kreatif.
79. Diberikan hasil  evaluasi akhir pembelajaran siswa muatan pembelajaran matematika kelas rendah, peserta dapat merumuskan kegiatan tindak lanjut.
80. Disajikan data tentang permasalahan pembelajaran di SD,  Peserta dapat mengievaluasi permasalahan pembelajaran IPS SD.
81. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) sikap materi PPKn  SD,  peserta dapat merancang alat evaluasi yang tepat.
82. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) materi ke-SDan, peserta dapat merumuskan jenis  instrumen evaluasi muatan IPS SD yang digunakan secara relevan.
83. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) materi tema ke-SDan, peserta dapat merumuskan alat evaluasi yang relevan dengan materi Bahasa Indonesia
84. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) muatan pelajaran matematika, peserta dapat merumuskan alat evaluasi proses pembelajaran yang relevan dengan materi tersebut.
85. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) pengetahuan materi PPKn  SD,  peserta dapat memilih alat evaluasi yang tepat.
86. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) materi tema ke-SDan, peserta dapat merumuskan alat evaluasi keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran
untuk materi IPA
87. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) materi tema ke-SDan, peserta dapat merumuskan alat evaluasi HOTS sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk materi IPA.
88. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD)
materi tema ke-SDan, peserta dapat merumuskan alat evaluasi yang relevan dengan materi tersebut.
89. Diberikan indikator pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) materi tema ke-SDan, peserta dapat merumuskan instrumen evaluasi psikomotor dan  pengetahuan pada muatan IPS secara relevan.
90. Diberikan materi tentang kelipatan, faktor, FPB dan  KPK pada muatan pembelajaran Matematika, peserta dapat merumuskan alat evaluasi hasil  pembelajaran yang relevan dengan materi dan  berbasis HOTs.
91. Disajikan suatu kasus pembelajaran di SD,  peserta mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran di kelas.
92. Disajikan suatu kasus pembelajaran matematika pada materi geometri, peserta mampu mendiagnosis permasalahan pembelajaran di kelas
93. Berdasarkan suatu kasus pembelajaran dalam muatan Bahasa Indonesia , peserta mampu merencanakan tindakan yang tepat berdasarkan identifikasi masalah penelitian
94. Berdasarkan suatu kasus pembelajaran IPA,  peserta mampu merencanakan tindakan berdasarkan identifikasi masalah penelitian.
95. Disajikan suatu kasus pembelajaran PPKn  , peserta mampu merencanakan penelitian tindakan berdasarkan identifikasi masalah penelitian.
96. Disajikan data permasalahan pembelajaran muatan IPS SD,  peserta mampu merencanakan tindakan berdasarkan identifikasi masalah penelitian yang terjadi didalam kelasnya pada mata pelajaran muatan IPS SD.
97. Berdasarkan tindakan kelas, peserta mampu merumuskan ke dalam bentuk hipotesis tindakan dalam arti dugaan mengenai perubahan yang akan terjadi jika suatu tindakan dilakukan.
98. Diberikan data hasil  observasi pembelajaran, peserta dapat menentukan refleksi PTK mencakup analisis, sintesis, dan  penilaian terhadap hasil  pengamatan atas  tindakan yang dilakukan
99. Peserta mampu membuat/menyajikan hasil  penelitian dalam jurnal ilmiah berdasarkan hasil  PTK
100.Diberikan informasi cara mendesiminasikan hasil  PTK peserta dapat menentukan tempat untuk mendesiminasikan hasil  PTK