Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tips Atasi Kesalahan Mendidik Anak

Mariyadi.com. 3 Tips Atasi Kesalahan Mendidik Anak. Menjadi orang tua ternyata bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal ini karena karena orang tua bertanggung jawab atas pendidikan terhadap anak-anaknya. Tentu setiap orang tua akan berusaha semaksimal mungkin dalam mendidik anak-anaknya. Namun demikian karena orang tua hanya manusia biasa, mereka bisa berbuat kesalahan dalam hal mendidik anak.

Dalam artikel Psychology Today dengan headline 'Three Common Misrakes in Parenting' di mana penulisnya adalah Thomas Lickona Ph.D menyatakan bahwa dalam mendidik anak, bisa jadi orang tua melakukan kesalahan. Namun kesalahan-kesalahan tersebut kadang kurang disadari oleh para orang tua itu sendiri. 

Sebaiknya orang tua jangan terlalu egois dalam meyakinkan diri sendiri bahwa cara mendidik anak yang sudah dilakukannya adalah sudah benar dan efektif. Namun perlu diingat bahwa dalam mendidik anak orang tua bisa melakukan kesalahan. Oleh karenanya orang tua perlu mengevaluasi cara mendidik anak. 

3 Tips Atasi Kesalahan Mendidik Anak
3 Tips Atasi Kesalahan Mendidik Anak


Selanjutnya jika memang orang tua sudah sadar ada yang salah dalam mendidik anak, maka orang tua perlu untuk melakukan 3 tips berikut. 

3 Tips untuk mengatasi kesalahan dalam mendidik anak
1. Orang tua melakukan komunikasi yang baik dengan anak.
Rasa-rasanya tak perlu menjadi teman yang sangat akrab untuk menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Akan tetapi menjadi orang tua dalam mendidik anak memiliki porsinya masing-masing. Karena tiap anak juga memiliki karakternya masing-masing.

2. Buatlah peraturan yang telah disepakati bersama dengan anak
Cara ini adalah efektif dan wajib dilakukan oleh orang tua. Yaitu membuat peraturan dengan anak harus disepakati bersama. Peraturan harus bersifat tegas, agar anak berlatih bertanggung jawab dan orang tua pun juga memberikan contoh arti dari bertanggung jawab atau mentaati peraturan yang telah dibuat.

Cukup sepakat mentaati peraturan. Seperti tentang peraturan tegas orang tua dan anak dalam penggunaan gadget ataupun media elektronik. Baik anak maupun orang tua harus memiliki pedoman waktu atau membatasi penggunaan gadget. Berapa lama penggunaan televisi, ponsel, ataupun laptop. Hal ini tentu akan melatih disiplin bagi anak ke depannya, sehingga anak tidak akan menjadi pribadi yang kurang bertanggung jawab.

3. Hidupkan suasana rumah dengan menjalin kebersamaan dengan anak
Menghidupkan suasana rumah yang rukun harus dilakukan bersama-sama, yaitu antara orang tua dan anak. Kegiatan bersama-sama ini akan menjadikan anak merasa dihargai keberadaannya, juga menjadikan rasa kasih sayang yang terjalin semakin kuat. Para orang tua bisa mengajak anaknya untuk melakukan kegiatan rumah bersama. Seperti mengepel bersama, menyapu bersama, atau memasak bersama. Kemudian bisa makan bersama, melakukan aktivitas rohani bersama, hingga liburan bersama.

Peralihan zaman dan terpaparnya media sosial yang begitu mudah memang memiliki pengaruh besar dalam menciptakan karakter anak, sehingga menciptakan keluarga yang sehat atau rukun bersama anak akan sangat berpengaruh dalam keberhasilan mendidik anak.

Kesalahan yang dilakukan orang tua biasanya adalah membiarkan anak mengenal dunia tanpa batasan dan orangtua tidak melakukan pengawasan. Padahal anak adalah tanggung jawab yang dimiliki orang tua. Sebaiknya orang tua mengajarkan anak tentang nilai-nilai kehidupan. Nilai yang baik dan buruk, salah dan benar.