Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Contoh Materi Ajar PPG 2021 Modul 1 KB 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

Mariyadi.com. Salah satu dari rangkaian kegiatan PPG 2021 Program Profesi Guru pada pendalaman materi adalah menyusun materi ajar berbasis masalah atau Problem Based Learning. Salah satu komponen dari Kumpulan Contoh Materi Ajar PPG 2021 Lengkap Semua Modul PPG 2021 PGSD Modul 1 2 3 4 5 6 PGSD adalah materi ajar PPG 2021 Modul 1 KB 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks berisi contoh Materi Ajar dan Cara Menyusun Materi Ajar Berbasis Masalah pada PPG Daljab 2021 PPG Daring ini saya berikan contoh materi ajar problem based learning atau materi ajar berbasis masalah lengkap teknik menyusun materi ajar, alur menyusun materi ajar dan cara menulis materi ajar termasuk cara mengutip dan menulis daftar pustaka pada penyusunan materi ajar.

Download Contoh Materi Mjar PPG 2021 Modul 1 KB 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks
Download Contoh Materi Mjar PPG 2021 Modul 1 KB 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks


Berikut adalah pratinjau Rangkuman Contoh materi ajar PPG 2021 Modul 1 KB 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks.

Menurut Nurgiyantoro (2014) “ragam teks adalah macam atau tipe teks yang memiliki karakteristik umum.” Hal tersebut sejalan dengan pendapat Mitchel (2003) yang mengemukakan “bahwa ragam teks merupakan kategori pengelompokan teks yamg berdasarkan isi dan bentuk.” Dengan demikian, ragam teks adalah pengelompokkan teks berdasarkan isi dan bentuk teks di antaranya macam-macam atau jenis-jenis teks yang terdiri atas teks faktual, teks cerita, teks tanggapan dan teks normatif. Yang penjelasannya sudah diuraikan pada uraian materi di atas.

Pada modul ini lebih menekankan pada materi yang sulit dan mengalami miskonsepsi yaitu membedakan teks eksposisi dan teks eksplanasi. Dimana teks eksposisi itu adalah tulisan yang bertujuan memberi informasi kepada pembaca mengenai sebuah peristiwa atau suatu obyek. Sedangkan teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan menjelaskan sebuah proses terciptanya sesuatu yang terjadi secara alamiah, atau tentang proses bekerjanya fenomena alam maupun sosial.

Kalimat adalah satuan gramatikal yang disusun oleh konstituen dasar dan intonasi final. Konstituen dasar itu dapat berupa klausa, frase, maupun kata (Keraf, 2000).
Paragraf adalah kumpulan kalimat yang biasanya mempunyai satu ide pokok dan cara penulisannya sedikit menjorok ke bagian dalam atau menggunakan garis baru. Nama lain dari paragraf adalah alinea.

Silakan Download Contoh materi ajar PPG 2021 Modul 1 KB 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Tekspada tautan dibawah ini:

Berlangganan via Email