Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh dan Cara Membuat RTL (Rencana Tindak Lanjut) setelah Pendalaman materi dan Perancangan Pembelajaran PPG 2021

Mariyadi.com. Berikut ini saya sajikan Contoh RTL (Rencana Tindak Lanjut) dan Cara Membuat RTL (Rencana Tindak Lanjut) setelah Pendalaman materi dan Perancangan Pembelajaran PPG 2021. Untuk mahasiswa ppg daljab 2021 di elearning ppg daljab simpkb id atau LMS PPG Daljab 2021 pada tahapan Refleksi dan RTL, setelah Refleksi Kegiatan Perancangan, Refleksi Pembelajaran dan Upload Hasil Reviu dan Validasi Desain Pembelajaran maka kita mengerjakan rencana tindak lanjut atau RTL. RTL ini kita isikan di LMS PPG Daljab 2021 pada poin 3.d.5. Rencana Tindak Lanjut.

www.mariyadi.com
Contoh dan Cara Membuat RTL (Rencana Tindak Lanjut) setelah Pendalaman materi dan Perancangan Pembelajaran PPG 2021

Pada artikel ini admin Mariyadi.com menyajikan Cara Mengisi RTL (Rencana Tindak Lanjut)atau Cara Mengerjakan RTL (Rencana Tindak Lanjut) atau Cara Membuat RTL (Rencana Tindak Lanjut) setelah Pendalaman materi dan Perancangan Pembelajaran PPG 2021. Membuat RTL ini kita isi setelah kita membuat Identifikasi Masalah dan Rencana Aksi, Penyusunan Dokumen Rancangan Pembelajaran dan mengikuti Peerteaching. Pada tahap ini kita mengisi quesioner sebagai berikut:
  1. Apa rencana tindak lanjut yang akan Saudara lakukan setelah menyelesaikan kegiatan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran?
  2. Apa rencana tindak lanjut yang akan Saudara lakukan terkait dengan jadwal pelaksanaan PPL di sekolah Saudara?
Berikut adalah Contoh Rencana Tindak Lanjut setelah Pendalaman materi dan Perancangan Pembelajaran PPG 2021 yang diisikan di LMS PPG Daljab 2021:

1. Apa rencana tindak lanjut yang akan Saudara lakukan setelah menyelesaikan kegiatan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran?
Pada kegiatan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran saya mendapatkan banyak tambahan Ilmu dan pengetahuan baru tentang materi yang harus saya kuasai mulai materi professional maupun pedagogic serta cara menyusun perancangan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kertampilan pembelajaran abad 21, pembelajaran berbasis HOTS, pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berbasis platform revolusi industri 4.0. 
Setelah menyelesaikan kegiatan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran saya sangat tergugah untuk memperbaiki pembelajaran saya mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian yang saya sesuaikan dengan ilmu yang saya peroleh dari kegiatan setelah pendalaman materi dan perancangan pembelajaran ini termasuk memperhatikan arahan, kritik dan saran dari teman sejawat sesame mahasiswa ppg , guru pamong serta dosen pembimbing untuk tahapan PPG dalam jabatan berikutnya yaitu PPL pada khususnya dan memperbaiki kinerja saya sebagai seorang guru ideal seperti yang diatur dalam Undang-undang.

2. Apa rencana tindak lanjut yang akan Saudara lakukan terkait dengan jadwal pelaksanaan PPL di sekolah Saudara?
Terkait dengan jadwal PPL di Sekolah saya berencana untuk segera berkoordinasi dengan piha sekolah, wali murid dan siswa untuk melaksanakan PPL secara luring (sesuai dengan rancangan pembelajaran saya) dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat.
Dalam PPL di sekolah saya nanti saya akan menyiapkan rancangan pembelajaran terbaik sesuai dengan rancangan pembelajaran yang sudah saya buat ketika tahapan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran yang telah disempurnakan. Maksud dari rancangan pembelajaran yang sudah saya sempurnakan maksudnya adalah rancangan pembelajaran yang telah disesuaikan berdasarkan pada komentar, kritik, masukan dan saran penyempurnaan dari Dosen Pembimbing, Guru Pamong dan teman sejawat (sesama mahasiswa PPG) dalam kegiatan perancangan pembelajaran maupun peerteaching. 

Demikian Contoh dan Cara Membuat RTL (Rencana Tindak Lanjut) setelah Pendalaman materi dan Perancangan Pembelajaran PPG 2021 semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email