Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 Pembelajaran di SD Berbasis TIK KB 1, 2, 3, 4 sebagai Contoh LK 1 Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021

Mariyadi.com. Berikut adalah Contoh LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 sebagai Contoh LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 berisi LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 Pembelajaran di SD Berbasis TIK KB 1, 2, 3, 4 terdiri dari LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 Pembelajaran di SD Berbasis TIK KB 1, LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 Pembelajaran di SD Berbasis TIK KB 2, LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 Pembelajaran di SD Berbasis TIK KB 3 dan LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 Pembelajaran di SD Berbasis TIK KB 4 untuk Contoh LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 dan bahan refrensi LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri dari Materi PPG 2021.
LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 Pembelajaran di SD Berbasis TIK KB 1, 2, 3, 4 sebagai Contoh LK 1 Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021
LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 Pembelajaran di SD Berbasis TIK KB 1, 2, 3, 4 sebagai Contoh LK 1 Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 6 ini adalah bagian dari Kumpulan Contoh LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 yang sebelumnya saya bagikan sebagai contoh LK PPG 2021 dalam pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Tahun 2021. LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 adalah lembar kerja mandiri yang dibuat oleh mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 setelah melakukan Pembelajaran Mandiri Modul PPG 2021 baik Modul Profesional maupun modul pedagogi. 

LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 ini memuat komponen dibawah ini:
1. Judul Modul
2. Judul Kegiatan Belajar (KB)
3. Butir Refleksi dan respon jawaban pada komponen dibawah ini:
  • Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini
  • Daftar materi yang sulit dPEMBELAJARAN DI SD BERBASIS TIKhami di modul ini
  • Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi
Berikut adalah Contoh LK 1.1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 Pembelajaran di SD Berbasis TIK PGSD LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Pendalaman Materi profesional 6
Judul Modul: Pembelajaran di SD Berbasis TIK
Judul Kegiatan Belajar (KB)
  1. Kegiatan Belajar 1 Bahan Ajar Pokok, Remedial dan Pengayaan Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
  2. Kegiatan Belajar 2 Media Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
  3. Kegiatan Belajar 3 LKPD Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
  4. Kegiatan Belajar 4 Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
Butir Refleksi dan Respon/Jawaban
1. Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini
  • Karakteristik bahan ajar
  • Tujuan bahan ajar
  • Keunggulan bahan ajar
  • Pengelompokkan bahan ajar
  • Kriteria media pembelajaran
  • Fungsi media pembelajaran 
  • Keuntungan media pembelajaran 
  • Hakikat LKPD
  • Jenis-jenis LKPD
  • Keuntungan LKPD tematik berbasis TIK 
  • Prosedur penyusunan LKPD
  • Jenis jenis aplikasi pembelajaran berbasis TIK
  • Karakteristik aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK
  • Prosedur penyusunan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK
KB 1
  • Pembelajaran Tematik Berbasis TIK di SD
  • Holistik, Gejala atau peristiwa dalam pembelajaran tematik memungkinkan peserta didik untuk memahami suatu fenomena dari segala sisi.
  • Berpusat pada peserta didik, Pembelajaran tematik berpusat pada peserta didik (student centered), hal ini sesuai dengan pendekatan pembelajaran kontemporer yang lebih 9 banyak menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar sedangkan guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator.
  • Fleksibel, Pembelajaran tematik bersifat luwes, artinya guru dapat mengaitkan materi dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan keadaan lingkungan di mana sekolah dan peserta didik berada.
  • Sesuai minat dan kebutuhan peserta didik
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
  • Menyenangkan, Menyenangkan Suasana dalam pembelajaran diupayakan berlangsung secara menyenangkan baik secara mental maupun fisik.
  • Bermakna, Kegiatan belajar melibatkan peserta didik untuk menerapkan informasi dan pengetahuan yang didapatkannya untuk memecahkan masalah-masalah nyata di dalam kehidupannya.
  • Autentik, Pembelajaran tematik melibatkan aktivitas peserta didik secara langsung sehingga peserta didik dapat memaknai proses dan hasil belajarnya sendiri, hasil dari interaksinya dengan fakta dan peristiwa secara langsung, bukan sekedar hasil belajar yang didapatkannya secara pasif dan reseptif.
  • Aktif, Pembelajaran tematik melibatkan peserta didik untuk aktif selama proses pembelajaran berlangsung baik secara fisik maupun mental.
  • Pembelajaran Remedial Berbasis TIK di SD
  • Adaptif, Pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan daya tangkap, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing
  • Interaktif, Pembelajaran remedial hendaknya melibatkan keaktifan guru untuk secara intensif berinteraksi dengan peserta didik dan selalu memantau kemajuan belajar peserta didik.
  • Fleksibel, Pembelajaran remedial perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran dan metode penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
  • Umpan balik, Umpan balik berupa informasi yang diberikan kepada peserta didik mengenai kemajuan belajarnya perlu diberikan sesegera mungkin agar dapat menghindari kekeliruan belajar yang berlarut-larut.
  • Pelayanan sepanjang waktu, Pembelajaran remedial harus berkesinambungan dan programnya selalu tersedia agar setiap saat peserta didik dapat mengaksesnya sesuai dengan kesempatan masing-masing.
  • Pembelajaran Pengayaan Berbasis TIK di SD
  • Bahan Ajar Tematik Berbasis TIK
  • Prosedur Penyusunan Bahan Ajar Tematik Berbasis TIK
  • Penggunaan Bahan Ajar Tematik Berbasis TIK dalam Pembelajaran di SD

KB 2
Hakikat Media Pembelajaran, Hakikat media pembelajaran tidak terlepas dari fungsinya ketika digunakan selama pembelajaran berlangsung. Fungsi media pembelajaran menurut Levie dan Lents (1982) adalah:
1. Fungsi atensi
Media pembelajaran berfungsi untuk menarik dan mengarahkan perhatian peserta didik untuk belajar. Media yang dikemas dengan sangat etis dan estetis dapat membangkitkan semangat dan motivasi peserta didik untuk belajar.
2. Fungsi afeksi
Media pembelajaran berfungsi untuk menggugah emosi dan sikap peserta didik sehingga peserta didik dapat menikmati aktivitas belajarnya. Sikap positif peserta didik terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung dapat dibangkitkan melalui media pembelajaran yang dikemas sesuai dengan karakteristik peserta didik.
4. Fungsi kognisi
Media pembelajaran berfungsi untuk memperlancar atau mempercepat tersampaikannya informasi atau pesan berupa materi pembelajaran kedalam benak peserta didik sehingga peserta didik mudah mengingat dan memahami informasi atau pesan tersebut serta tujuan pembelajaran tercapai dan kompetensi terkuasai.
5. Fungsi kompensatoris
Media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi peserta didik yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami materi pembelajaran jika disajikan sesuai dengan karakteristik dan minat peserta didik tersebut.

Jenis-jenis Media Pembelajaran
1. Alat Peraga
Menurut Estiningsih (1994), alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari materi pembelajaran dengan dimensi pengetahuan yang abstrak berfungsi untuk menurunkan keabstrakan materi pembelajaran agar peserta didik mampu menangkap arti dan makna dari materi pembelajaran tersebut.
2. Sarana atau alat bantu
Sarana atau alat bantu merupakan media pembelajaran yang berfungsi teknis sebagai alat pendukung pembelajaran untuk memperlancar kegiatan belajar (Estiningsih, 1994).

Media Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
1. Media Visual
Media visual merupakan media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indera penglihatan yang terdiri atas media yang dapat diproyeksikan baik diam maupun gerak dan media yang tidak dapat diproyeksikan.
2. Media Audio
Media audio merupakan media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif atau hanya dapat didengar yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik untuk mempelajari materi pembelajaran. Contoh media audio ini adalah program kaset suara, CD audio, dan program radio.
3. Media Audio-Visual
Media audio-visual merupakan media kombinasi audio dan visual atau biasa disebut media pandang-dengar. Media ini lebih kompleks dibanding jenis media visual dan media audio karena keberadaan visual dan audio dapat saling melengkapi untuk memudahkan peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran.

Prosedur Pembuatan Media Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
1. Seleksi sumber-sumber belajar
Mengumpulkan sumber-sumber belajar yang memuat materi pembelajaran sesuai dengan topik-topik yang akan diajarkan berdasarkan kurikulum atau kompetensi yang ingin dicapai. Sumber-sumber ini dapat berupa buku guru, buku siswa, buku teks pelajaran, jurnal, atau sumber- sumber di internet.
2. Strukturisasi
Membuat struktur isi (outline) media pembelajaran dan urutan penyajian materi serta bentuk interaksi sesuai dengan alur pembelajaran yang diharapkan. Bentuk interaksi yang dapat dipilih terdiri atas drill, latihan, tutorial, permainan (game), simulasi, eksplorasi, penemuan, atau pemecahan masalah.
3. Seleksi materi pembelajaran
Memilih materi-materi pembelajaran yang sesuai dengan sumber-sumber yang ada dan menyajikannya secara singkat dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif dilengkapi dengan ilustrasi atau visualisasi dalam bentuk gambar, grafik, diagram, foto, animasi, atau audio-video dengan memperhatikan kriteria media pembelajaran tematik berbasis TIK
  • Penggunaan Media Pembelajaran Tematik Berbasis TIK dalam Pembelajaran di SD
  • Penggunaan media pembelajaran tidak menggantikan peran guru secara keseluruhan
  • Penggunaan media pembelajaran sebagai bagian integral dari pembelajaran
  • Penggunaan media pembelajaran harus dikuasai oleh guru
  • Penggunaan media pembelajaran terorganisasi dengan baik
  • Penggunaan media pembelajaran tidak berlebihan disesuaikan dengan kedalaman dan keluasan pokok bahasan

KB 3
  • Hakikat LKPD
  • Jenis-jenis LKPD
  • LKPD Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
  • Prosedur Penyusunan LKPD Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
  • Penggunaan LKPD Pembelajaran Tematik Berbasis TIK dalam Pembelajaran di SD
KB 4
  • Hakikat Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK
  • Jenis-jenis Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK
  • Karakteristik Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis  TIK
  • Prosedur Penyusunan Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK
  • Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK dalam Pembelajaran di SD
2. Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini
  • Penyusunan bahan ajar
  • Pembuatan media pembelajaran
  • Prosedur penyusunan LKPD
  • Penggunaan aplikasi dalam menyusun LKPD berbasis TIK
3. Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi
  • Remidial 
  • Pengayaan
  • Membedakan antara karakteristik dan prinsip bahan ajar 

Berlangganan via Email