Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Pedagogik Modul 1 KB 1 dan 2 dari Materi PPG 2021

Mariyadi.com. Berikut adalah LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Pedagogik Modul 1 KB 1 dan 2 bagian dari Pada Kumpulan Contoh LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 ini saya bagikan contoh LK PPG 2021 dalam pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Tahun 2021 yang dipersembahkan oleh Mas Mariyadi Ngawi. LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Mahasiswa PPG Daljab 2021 adalah lembar kerja mandiri yang dibuat oleh mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 setelah melakukan Pembelajaran Mandiri Modul PPG 2021 baik Modul Profesional maupun modul pedagogi. 
www.mariyadi.com
LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Pegagogik Modul 1 KB 1 dan 2 dari Materi PPG 2021


Judul Modul 1: Konsep Dasar Ilmu Pendidikan
Judul Kegiatan Belajar (KB):
Kegiatan Belajar 1 Konsep Dasar, Rasional, dan Landasan Ilmu Pendidikan
Kegiatan Belajar 2 Karakteristik Peserta Didik
Butir Refleksi
Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini:
  1. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya
  2. Landasan material lebih bersifat fisik atau berwujud seperti sarana prasarana, peserta didik, dan lingkungan, sedangkan landasan konseptual lebih bersifat asumsi atau teori-teori, contohnya adalah UUD 1945 dan teori pendidikan
  3. Landasan filosofis pendidikan adalah pandangan-pandangan yang bersumber dari filsafat pendidikan mengenai hakikat manusia, hakikat ilmu, nilai serta perilaku yang dinilai baik dan dijalankan setiap lembaga pendidikan.
  4. Landasan yuridis pendidikan adalah aspek-aspek hukum yang mendasari dan melandasi penyelenggaraan pendidikan (Arif Rohman, 2013)
  5. Landasan empiris terdiri dari landasan psikologis, historis, dan sosiologis
  6. Landasan psikologi dalam pendidikan adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari studi ilmiah tentang kehidupan manusia pada umumnya serta gejala-gejala yang berkaitan dengan aspek pribadi manusia pada setiap tahapan usia perkembangan tertentu untuk mengenali dan menyikapi manusia yang bertujuan untuk memudahkan proses pendidikan (Robandi, 2005:25)
  7. Landasan historis pendidikan nasional di Indonesia tidak terlepas dari sejarah bangsa indonesia yang memiliki enam fase
  8. Landasan sosiologis adalah landasan bersumber pada norma kehidupan masyarakat yang dianut oleh suatu bangsa sehingga tercipta nilai-nilai sosial yang dalam perkembangannya menjadi norma-norma sosial yang mengikat kehidupan bermasyarakat dan harus dipatuhi oleh masing-masing anggota masyarakat (Robandi, 2005: 26).
  9. Landasan religi adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari religi atau agama yang menjadi titik tolak dalam rangka praktik pendidikan dan atau studi pendidikan (Hasubllah, 2008).
  10. Karakteristik peserta didik dapat diartikan keseluruhan pola kelakukan atau kemampuan yang dimiliki peserta didik sebagai hasil dari pembawaan dan lingkungan, sehingga menentukan aktivitasnya dalam mencapai cita-cita atau tujuannya
  11. Etnik adalah suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama.
  12. Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik gambar, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
  13. Perkembangan Kognitif adalah suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa.
  14. Asimilasi adalah penyesuaian atau peleburan sifat asli yang dimiliki dengan sifat lingkungan sekitar. Sementara itu, menurut Koentjara Ningrat (1996: 160).
  15. Akomodasi adalah langkah yang ditempuh untuk mengatasi konflik atau masalah antar dua pihak.
  16. Motivasi adalah suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu, dan yang memberi arah dan ketahanan (persistence) pada tingkah laku tersebut.
  17. Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Pada dasarnya, perkembangan ini berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot anak.
Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini
  1. Landasan filosofis dalam pendidikan 
  2. Perkembangan moral dan spiritual 
Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi
  1. Konsep dasar dan rasional ilmu pendidikan
  2. Tahap-tahap perkembangan moral dan spiritual

Berlangganan via Email