Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Komponen Portofolio UKMPPG

KOMPONEN PORTOFOLIO UKMPPG

Nama   : NOVITA NURMA SURYA WIJAYA, S.Pd.

NIM          : 4120020333

Prodi   : PGSD

Universitas : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

www.mariyadi.com


1. Deskripsikan kegiatan penelitian dan publikasi yang telah dilakukan.
Kegiatan penelitian yang telah dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yaitu dengan judul “PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD AL ISLAH SURABAYA”. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran educandy yang digunakan  pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar  dengan kenaikan yang signifikan”. Untuk Download PTK silakan Unduh PTK Disini.

2. Deskripsikan kegiatan refleksi diri yang telah dilakukan.
Kegiatan refleksi diri yang dilakukan adalah mengikuti  Peningkatan Kompetensi “Membuat Flipbook Dari Power Point” Tahun 2020 melalui aplikasi zoom meeting tanggal 3-10 November 2020 sebagai peserta. 
Untuk meningkatkan kualitas selama mengabdi menjadi pendidik, upaya perbaikan diri yang  selalu saya lakukan adalah dengan mencermati yang saya hadapi dan menggunakan hasil pelatihan yang saya ikuti, saya melakukan berbagai perbaikan. Ketika melakukan ulangan harian saya selalu melakukan analisis soal terlebih dahulu untuk mengetahui daya serap indikator tiap KD dan daya serap masing-masing siswa. Bagi siswa yang mendapat nilai KKM di bawah rata-rata, saya selalu melakukan remidi dan merefleksi diri, misalnya dengan pembuatan media pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa merasa antusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, dengan demikian mereka akan lebih mampu untuk memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

3. Deskripsikan kegiatan pencarian informasi baru yang telah dilakukan.
Untuk meningkatkan kualitas diri saya serta menambah pengetahuan saya sebagai seorang guru untuk menjadi guru yang lebih professional khususnya diera pandemic ini, maka saya mengikuti beberapa kegiatan webinar. Beberapa kegiatan webinar yang saya ikuti benar-benar memberikan informasi baru bagi saya. Seperti Webinar Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah dan Mendeley yang diadakan oleh Universitas Nahdlatul Ulama kemudian ada pula Webinar membuat Flipbook dari power point yang diadakan oleh Guru Milenial Belajar, adapula webinar Menyusun Media Pembelajaran  Wordwall (Quiz Online) yang diselenggarakan oleh Universitas Dinamika serta beberapa kegiatan webinar lainnya.

4. Deskripsikan kegiatan yang menghasilkan inovasi yang telah dilakukan.
Kegiatan yang menghasilkan inovasi yang telah saya lakukan adalah membuat video tutorial cara menggunakan games educandy sebagai referensi belajar anak-anak berupa media quiz online.  Selain itu juga saya mengemas bahan ajar dan LKPD dalam bentuk flipbook dengan tujuan siswa lebih tertarik untuk belajar karena tampilan yang seperti buku dan mudah diakses di smartphone kapan saja dan dimana saja. Saya juga membuat Microblog berbasis sosial media Instagram agar siswa bisa memanfaatkan sosial media untuk belajar.