Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mitos Gunung Dudo Hargomulyo Ngrambe, Benarkah Pasangan Pengantin Baru Melintas Hubungan Bisa Kandas?

Mariyadi.com. Mitos Gunung Dudo Hargomulyo Ngrambe, Benarkah Pasangan Pengantin Baru Melintas Hubungan Bisa Kandas? Gunung dudo adalah sebuah bukit yang berada di Dusun Kembang, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63263.

www.mariyadi.com


Mengapa dinamakan gunung dudo?

Di puncak Gunung Dudo ini terdapat pemakaman tua yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Di sebelah utara gunung dudo ini terdapat jalan utama yang menjadi akses masyarakat sekitar menuju desa-desa sekitar dan merupakan satu satunya jalan yang menjadi penghubung antara masyarakat dusun kembang desa hargomulyo ke Kecamatan Ngrambe.

Saya belum melakukan kroscek secara menyeluruh mengapa bukit tersebut dinamakan gunung dudo. Apakah ada riwayat tentang seorang duda yang dimakamkan disana? Setahu saya, kata dudo merupakan sebutan bagi seorang lelaki yang berpisah dengan istrinya. Baik berpisah karena perceraian maupun karena ditinggal meninggal dunia.

Menurut informasi yang berkembang di masyarakat sekitar ada sebuah mitos. Barang siapa (pengantin baru) yang melintas di jalan tempat gunung dodo berada, maka hubungannya tidak akan langgeng. Hubungan pernikahan tidak akan berlangsung lama. Entah karena perceraian atau karena kematian.

Secara geografis, gunung dodo Dusun kembang desa hargomulyo berada di perbukitan lereng gunung lawu sebelah utara. Hargomulyo adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Hargomulyo mempunyai beberapa objek wisata potensial misalnya Air Terjun Pengantin, Air Terjun Suwono, Omah watu, Bukit Jabal kadas yang merupakan makam dari bupati Ngawi yang pertama, dan lain lain. Dalam waktu dekat Hargomulyo berencana untuk melabeli desa ini dengan sebutan Desa Wisata Hargomulyo karena berbagai keunggulan di sektor wisatanya yang masih asri khas pedesaan.

Secara administrative desa Hargomulyo memiliki sub-daerah dusun) diantaranya Besek, Ngetrep, Punen, Ngendut, Nglebak,, Kembang, Ngemplak, Semen, Nglorok, Ngroto, Krowe, Tenggir, Mbelok dan Geneng.

Karena lokasinya yang berada di pegunungan, desa hargomulyo memiliki banyak obyek wisata diantaranya Air Terjun Pengantin, Air Terjun Suwono, Kebun Teh Jamus, Omah Watu dan Taman Bunga Ngroto.

Disekitar desa hargomulyo tempat gunung dodo berada, terdapat desa tawangrejo ngrambe, desa wakah ngrambe ngawi dan sejarah desa ngrambe ngawi yang berkembang di masyarakat yang tetap terjaga hingga kini.

Kita kembali ke pembahasan mengenai gunung dodo. Entah apapun mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, namun saya sangat senang pernah berkunjung ke desa hargomulyo dan sekitanya. Karena lokasi di pegunungan, disana udaranya sangat segar dan pemandangan sangat menakjubjan. So, bagi kalian yang suka suasana pegunungan, this place is so nice to explore

Simak selengkapnya perjalanan saya menelusuri Mitos Gunung Dudo Hargomulyo Ngrambe, Benarkah Pasangan Pengantin Baru Melintas Hubungan Bisa Kandas pada video dibawah ini.

Berlangganan via Email