Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal P3K / PPPK Honorer Materi Wawancara untuk Seleksi PPPK Tahun 2021 dan Kunci Jawaban

 

Mariyadi.com. Contoh Soal P3K / PPPK Honorer Materi Wawancara untuk Seleksi PPPK Tahun 2021 lengkap dengan Link Download Soal P3K / PPPK Honorer Materi Kemampuan Manajerial untuk Seleksi PPPK Tahun 2021 ini saya bagikan kepada rekan-rekan guru honorer maupun fresh graduate yang akan mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) Tahun 2021 mendatang.

Seperti yang kita ketahui bahwa Pemerintah berencana membuka pendaftaran pppk 2020 atau pendaftaran pppk 2021. Untuk sk pppk tahap 1 2020 sudah akan terbit karena peserta lolos PPPK sudah ada perintah untuk pemberkasan NI PPPK. Gaji pppk diatur dalam perpres tentang pppk dan perpres gaji pppk. Pada artikel Contoh Soal P3K / PPPK Honorer Materi Wawancara untuk Seleksi PPPK Tahun 2021 ini saya update informasi syarat pppk yaitu mengerjakan soal dengan mendapatkan nilai passing grade yang tinggi.

www.mariyadi.com
Contoh Soal P3K / PPPK Honorer Materi Wawancara untuk Seleksi PPPK Tahun 2021 dan Kunci Jawaban


Dalam seleksi PPPK 2021 peserta harus mengerjakan soal sebagai berikut:

1.    Soal Kompetensi Teknis (sesuai mata pelajaran)

2.    Soal Tes Bakat Skolastik (penalaran)

3.    Soal Kemampuan Manajerial

4.    Soal Kemampuan Sosio-Kultural

5.    Menjawab Pertanyaan Wawancara

Contoh Soal P3K / PPPK Honorer Materi Wawancara untuk Seleksi PPPK Tahun 2021 ini nanti dapat diunduh melalui link download soal P3K Pdf pada akhir postingan ini. Untuk download soal pppk 2019 dan kunci jawaban yang berisi contoh soal p3k pilihan ganda dan jawabannya mencakup contoh soal tes pppk guru sd 2019 beserta jawabannya, soal pedagogik p3k, contoh soal wawancara pppk 2019, contoh soal p3k kesehatan, contoh soal p3k honorer berisi 100 soal p3k lebih silakan simak artikel yang sudah saya bagikan sebelumnya.

Berikut adalah Contoh Soal P3K / PPPK Honorer Materi Wawancara untuk Seleksi PPPK Tahun 2021

Soal Nomor 1

Anda ditunjuk sebagai Ketua Rapat dan ketika rapat sedang berlangsung ada salah seorang peserta rapat yang menerima telepon. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan ?

a.    Membiarkannya 

b.    Menegurnya supaya keluar dari rapat

c.    Membiarkannya menerima telepon

d.   Berbisik kepadanya supaya berhenti menerima telepon

Jawaban

Bila kita analisis soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai ketua rapat. Seorang ketua rapat harus mempunyai wibawa, tegas, tanggung jawab dan bijaksana dalam mengatur jalannya rapat.

Kemudian, bila kita lihat pilihan jawaban a yaitu membiarkannya, jawaban kurang tepat karena tindakan seperti itu memiliki kesan bahwa Anda sebagai ketua rapat tidak tegas serta tidak peduli dengan bagaimana seharusnya rapat berjalan.

Adapun bila kita melihat pilihan jawaban b yaitu menegurnya supaya keluar dari rapat, jawaban juga kurang tepat. Alasannya meskipun tindakan seperti itu tegas namun tidak bijaksana karena mungkin saja peserta rapat tersebut menerima telepon yang sangat penting dan mendesak.

Selanjutnya, pilihan jawaban c yaitu membiarkannya menerima telepon merupakan jawaban yang paling tepat, karena tindakan tersebut merupakan tindakan bijaksana serta dapat dimaklumi karena peserta rapat tersebut bisa saja menerima telepon yang sangat penting penting dari keluarga, rekan kerja atau pihak lain. Berbeda dengan pilihan jawaban a yang tidak spesifik, pada pilihan jawaban c ada keterangan spesifik tentang tindakan yang dilakukan.

Terakhir bila kita melihat pilihan jawaban d, yaitu berbisik kepadanya supaya berhenti menerima telepon juga merupakan tindakan yang kurang tepat. Alasannya meskipun terlihat sopan tapi ada kesan kita tidak menghargai kepentingan orang lain juga yang bisa saja peserta rapat tersebut menerima telepon yang sangat penting dan mendesak.

Soal Nomor 2

Anda merupakan seorang asisten yang bertugas membantu dokter dalam proses operasi bedah. Saat itu Anda ditugaskan untuk membantu dokter yang akan melaksanakan operasi bedah, namun Anda mengetahui bahwa dokter tersebut dalam keadaan mabuk minuman alkohol. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan ?

a.    Menegur dokter tersebut

b.    Melaporkan kepada atasan bahwa dokter dalam keadaan mabuk

c.    Membiarkannya yang penting pelaksanaan tercapai

d.   Tetap membantu dokter tersebut dan bila terjadi apa-apa Anda punya alasan supaya tidak disalahkan

Jawaban

Bila kita analisis bahwa posisi Anda pada soal ini yaitu sebagai seorang Asisten yang harus profesional dan berdedikasi dalam membantu tugas dokter. Namun disisi lain, posisi Anda sebagai pelayan kesehatan juga harus memperhatikan betul-betul kesehatan dan keselamatan pasien serta SOP (Standar Operasional Prosedur).

Pilihan jawaban a, kurang tepat karena posisi dokter dalam keadaan mabuk. Dalam keadaan mabuk akal sehat dan nalarnya kurang jalan, sehingga meski Anda menegurnya kemungkinan besar akan dihiraukan.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat karena pada posisi mabuk, biasanya akal sehat dan nalar seseorang kurang jalan dan berpotensi membahayakan orang lain sehingga untuk mencegah tindakan malapraktik melaporkan kepada atasan merupakan tindakan yang tepat.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat karena membiarkannya berarti Anda juga ikut terlibat dalam tindakan malapraktik yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan pasien.

Pilihan jawaban d juga merupakan pilihan yang kurang tepat karena Anda telah membantu seseorang yang bisa saja mencelakakan pasien dan berbuat malapraktik dan tidak mencerminkan sikap sebagai seorang pelayan kesehatan yang profesional.

Demikian Contoh Soal P3K / PPPK Honorer Materi Wawancara untuk Seleksi PPPK Tahun 2021 dan Kunci Jawaban semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email