Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemerintah Membuka Seleksi PPPK / Seleksi P3K pada Tahun 2021 Untuk Jalur Honorer, Berikut adalah Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021

Kabar gembira untuk rekan-rekan Guru Honorer dan Tenaga Honorer bahwa pada tahun 2021 Pemerintah Membuka Seleksi PPPK / Seleksi P3K pada Tahun 2021 Untuk Jalur Honorer. Pada artikel Pemerintah Membuka Seleksi PPPK / Seleksi P3K pada Tahun 2021 Untuk Jalur Honorer ini saya berikan informasi akurat tentang kepastian PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang mana untuk Perpres tentang PPPK ini telah terbit termasuk perpres penggajian pppk yang membahas berapa gaji pppk, bagaimana status SK PPPK, sk pppk tahap 1, perpres gaji pppk maupun sk pppk tahap 1 2020 kapan.

Pemerintah Membuka Seleksi PPPK / Seleksi P3K pada Tahun 2021 Untuk Jalur Honorer, Berikut adalah Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021


Pada artikel Pemerintah Membuka Seleksi PPPK / Seleksi P3K pada Tahun 2021 Untuk Jalur Honorer ini saya bagikan juga Paparan Mendikbud Nadiem Makarim tentang Seleksi PPPK Tahun 2021. Salah satu syarat untuk dapat terjaring dalam seleksi PPPK tahun 2021 adalah teman-teman guru dan tenaga honorer harus melakukan Verval Ijazah di Info GTK Untuk Seleksi PPPK Tahun 2020 Bagi Guru Non PNS. Adapun bagaimana cara melakukan Verval Ijazah di Info GTK Untuk Seleksi PPPK Tahun 2020 Bagi Guru Non PNS silakan simak video Simulasi Cara Melakukan Verval Ijazah di Info GTK Untuk Seleksi PPPK Tahun 2020 Bagi Guru Non PNS dibawah ini:


Adapun informasi lengkap tentang Pemerintah Membuka Seleksi PPPK / Seleksi P3K pada Tahun 2021 Untuk Jalur Honorer ini tertuang dalam Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021 berikut ini.

Mengapa seleksi guru PPPK dibuka?

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan, Kemendikbud mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). Pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak.

Siapa yang dapat mendaftar dan mengikuti seleksi?

Pemerintah membuka kesempatan bagi:

1. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya.);

2. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

Apa yang membuat seleksi guru PPPK kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya?

Seleksi PPPK Tahun-tahun sebelumnya:

1. Formasi guru PPPK terbatas

2. Setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sebanyak satu kali per tahun

3. Tidak ada materi persiapan untuk pendaftar

4. Pemerintah daerah harus menyiapkan anggaran gaji peserta yang lulus seleksi guru PPPK

5. Biaya penyelenggaraan ujian ditanggung oleh pemerintah daerah

Seleksi PPPK Tahun 2021:

1. Semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar dan mengikuti seleksi, dan semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPPK hingga batas satu juta guru. Agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan

2. Setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi (di tahun yang sama atau berikutnya)

3. Kemendikbud akan menyediakan materi pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi.

4. Pemerintah pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK

5. Biaya penyelenggaraan ujian ditanggung oleh Kemendikbud


Selengkapnya sebagai pelengkap informasi bahwa Pemerintah Membuka Seleksi PPPK / Seleksi P3K pada Tahun 2021 Untuk Jalur Honorer ini silakan unduh paparan Mendikbud berisi Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021 pada tautan dibawah ini:

Download Paparan Mendikbud Seleksi Guru PPPK Tahun 2021