Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Video Pembelajaran dan Latihan Soal Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4





Halo adik-adik kelas 6 SD/MI, pada kesempatan ini saya akan memberikan Video Pembelajaran dan Latihan Soal Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 yang terdiri dari Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 dan latihan soal kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4. Dalam penjelasan saya di Video Pembelajaran dan Latihan Soal Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 berisi penjelasan yang berasal dari Rangkuman materi pembelajaran 4 tema 1 subtema 2 Hewan Sahabatku Kelas 6 SD dan kunci jawabannya. Dalam video tersebut kita bahas kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 5, kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 2, kunci jawaban tema 1 kelas 6 halaman 100, kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 3, kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 6, kunci jawaban tema 1 kelas 6 halaman 92, kunci jawaban tema 1 kelas 6 pembelajaran 2, kunci jawaban tema 1 kelas 6 halaman 96dan materi terkait tematik kelas 6 SD/MI.

Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas VI tentang “Selamatkan Makhluk Hidup” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Hewan Sahabatku. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran keempat. Silakan kalian simak Video Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 dibawah ini.



Ringkasan materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4
Ayo Berdiskusi
ikan bandeng asap merupakan salah satu oleh-oleh yang dapat ditemui di Sidoarjo, Jawa Timur. Banyak orang menyukai produk jenis ikan ini.
Edo membawa oleh-oleh ikan bandeng asap dari Sidoarjo. Ia membawa satu ikan ke sekolah untuk dibagikan kepada temannya saat makan siang. Potongan ikan hanya cukup untuk enam orang.
Saat makan siang tiba, selain sahabatnya, tiga orang temannya yang lain ikut bergabung. Semuanya ada sekitar Sembilan orang mengelilingi meja kantin. Edo bingung.

Jawablah Pertanyaan Berikut ini:
1.    Apa yang harus dilakukan Edo saat ketiga teman lainnya datang?
2.    Apa yang harus dilakukan ketiga teman Edo saat tahu bahwa jumlah potongan ikan tidak cukup untuk semua orang?
3.    Apa yang sebaiknya dilakukan oleh Edo, Dayu, Beni, Udin, Siti, dan Lani agar semua mendapat bagian ikan yang sama?




Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.
1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Perhatikan jawabanmu. Apakah sudah sesuai dengan penerapan sila keempat? Perbaiki jawabanmu apabila dibutuhkan, kemudian diskusikan hasilnya dengan teman sekelasmu.
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai sila keempat Pancasila. Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
Sampaikan hasilnya kepada teman di kelompokmu dan serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Ayo Menulis
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mendengarkan teks laporan yang dibacakan oleh gurumu dan membuat catatan pada diagram. Kamu juga sudah mengumpulkan fakta-fakta yang ada dalam bentuk tulisan.

Simaklah kembali gurumu yang akan membacakan teks laporan yang berbeda (Pembacaan teks ada dalam video diatas). Catat ide pokoknya pada diagram berikut.

Tulislah kesimpulan pada tempat yang disediakan
www.mariyadi.com

Diskusikan hasilnya dengan teman sekelasmu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Ayo Berlatih
Keragaman hewan Indonesia sangat mengagumkan. Banyak jenis ikan yang harus kita manfaatkan karena mengonsumsinya sangat baik bagi kesehatan. Ikan bandeng asap merupakan salah satu pengolahan ikan yang berasal dari laut Indonesia.

Edo membawa kardus Ikan Bandeng Asap untuk dibagikan kepada Beni, Siti, Lani, Udin, dan Dayu. Ia membawa 4 kardus berisi 2 ikan dan 4 kardus berisi 3 ikan. Teman–teman Edo membaginya sehingga setiap orang mendapatkan jumlah yang sama. Berapa Ikan Bandeng Asap yang akan dibawa pulang mereka?

A. Tulislah jawabanmu pada tempat yang tersedia.

B. Jawablah soal berikut.
1. 245 - (3 × 63) =
2. (56 + 24) : 8 =
3. 90 × (6 : 3 ) =
4. (300 + 60 ) × (12 : 4 ) =

C. Perhatikan soal berikut. Tuliskan jawabanmu pada tempat yang disediakan.
1. 1000 + 3000 × 2 =
2. 50 × 3 : 2 =
3. 200 − 200 : 2 =
4. 9 × 10 − 20 + 10 =

Demikian Video Pembelajaran dan Latihan Soal Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.