Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Sifat-sifat pada Penjumlahan





Mariyadi.com. pada Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Sifat-sifat pada Penjumlahan ini saya akan membagikan rangkuman Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Sifat-sifat pada Penjumlahan yang merupakan materi matematika kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 yang dapat diunduh dalam bentuk materi matematika kelas 6 sd semester 1 pdf, materi matematika kelas 6 semester 2, matematika kelas 6 bilangan bulat dalam bentuk rangkuman materi matematika kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 lengkap dengan soal matematika kelas 6 pada mata pelajaran matematika kelas 6 2020 yang dapat digunakan sebagai rangkuman materi kelas 6 sd maupun matematika kls 6 MI. Bahan ajar matematika sd pdf berisi materi matematika sd kelas 1-6 kurikulum 2013 mulai dari matematika kelas 6 bab 1, matematika kelas 6 bab 2, matematika kelas 6 bab 3, matematika kelas 6 bab 4, matematika kelas 6 bab 5, matematika kelas 6 bab 6, matematika kelas 6 bab 7 dapat anda unduh melalui label download pada situs ini.
 
MARIYADI.COM
Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Sifat-sifat pada Penjumlahan
Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Sifat-sifat pada Penjumlahan
Adapun rangkuman materi Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Sifat-sifat pada Penjumlahan ini adalah sebagai berikut:

Pembelajaran 4
KD. 3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
TUJUAN
3.2.3 Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat menjelaskan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif menggunakan cara bersusun ke bawah dengan baik
3.2.4 Melalui penugasan peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif menggunakan cara bersusun ke bawah dengan tepat
Model  : Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)
Metode : Pengamatan, diskusi, penugasan, dan ceramah.




Sifat-sifat pada Penjumlahan
Bilangan Bulat Sifat-sifat pada penjumlahan bilangan bulat ada dua (2), yaitu komutatif dan assosiatif.
Sifat komutatif adalah sifat pertukaran dua bilangan pada operasi hitung penjumlahan, dimana pengerjaan operasi hitung dua bilangan yang ditukarkan tempatnya tersebut hasilnya sama. Contoh :
14 + 12 = 12 + 14
10 + (-2) = (-2) + 10

Sifat assosiatif dalam penjumlahan adalah mengelompokkan tiga bilangan atau lebih dengan urutan berbeda. Contoh :
3 + (4 + 5) = (3 + 4) + 5
12 + (9 + (-4)) = (12 + 9) + (-4)

Menjumlahkan bilangan bulat negatif sama seperti mengurangkan bilangan bulat positif. Ini lebih mudah dilakukan dengan garis bilangan yang dijelaskan pembelajaran ketiga, tetapi kamu bisa memikirkannya dalam bentuk kata-kata juga. Bilangan negatif bukanlah bilangan biasa; bilangan ini kurang dari nol dan dapat melambangkan jumlah yang diambil. Jika kamu menambahkan pengambilan ini ke bilangan biasa, hasilnya menjadi lebih kecil.
Contoh: 10 + -3 = 10 - 3 = 7
Contoh: -12 + 18 = 18 + -12 = 18 – 12 = 6.

SOAL EVALUASI:
1.    Tentukan hasil penjumlahan bilangan bulat berikut!
a.    –12 + 7 = ...
b.    10 + (–14) = ...
c.    –25 + (–53) = ...
d.   15 + ...   = –20
e.    ... + (–23) = 50
2.    Pada percobaan fisika, seorang siswa melakukan pengukuran suhu pada sebongkah es. Suhu es tersebut mula-mula –5oC. Setelah dipanaskan, es berubah menjadi air yang bersuhu 3oC. Berapakah kenaikan suhu es tersebut hingga menjadi air?
3.    Sebuah kantor berlantai 20 mempunyai 3 lantai berada di bawah tanah. Seorang karyawan mula-mula berada di lantai 2 kantor itu. Karena ada suatu keperluan, ia turun 4 lantai, kemudian naik 6 lantai. Di lantai berapakah karyawan itu sekarang berada?
4.    Jumlah tiga bilangan bulat berurutan diketahui −12. Tentukan bilangan-bilangan itu.

Demikian Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Sifat-sifat pada Penjumlahan ini semoga bermanfaat.





Berlangganan via Email