Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat





Mariyadi.com. pada Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat ini saya akan membagikan rangkuman Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat yang merupakan materi matematika kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 yang dapat diunduh dalam bentuk materi matematika kelas 6 sd semester 1 pdf, materi matematika kelas 6 semester 2, matematika kelas 6 bilangan bulat dalam bentuk rangkuman materi matematika kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 lengkap dengan soal matematika kelas 6 pada mata pelajaran matematika kelas 6 2020 yang dapat digunakan sebagai rangkuman materi kelas 6 sd maupun matematika kls 6 MI. Bahan ajar matematika sd pdf berisi materi matematika sd kelas 1-6 kurikulum 2013 mulai dari matematika kelas 6 bab 1, matematika kelas 6 bab 2, matematika kelas 6 bab 3, matematika kelas 6 bab 4, matematika kelas 6 bab 5, matematika kelas 6 bab 6, matematika kelas 6 bab 7 dapat anda unduh melalui label download pada situs ini.

Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat
Adapun rangkuman materi Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat ini adalah sebagai berikut:

Pembelajaran 2
KD. 3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
TUJUAN 3.1.2 Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat negatif dengan menggunakan garis bilangan dengan benar.
Model  : Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)
Metode : Pengamatan, diskusi, penugasan, dan ceramah.

Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat
Urutan naik berarti urutan dari kecil ke besar.Urutan turun berarti urutan dari besar ke kecil. Pada garis bilangan, nilai bilangan bulat semakin ke kanan semakin besar. Sedangkan semakin ke kiri nilai bilangan bulat, semakin kecil.

www.mariyadi.com

Bagaimana membandingkan dua bilangan bulat positif ? Coba kamu perhatikan bilangan 3 dan 5 pada garis bilangan di atas! Bilangan mana yang berjarak lebih panjang dari titik 0? Bilangan mana yang berjarak lebih pendek?




Tentunya 5 berjarak lebih panjang dari titik 0. Pada suatu garis bilangan, bilangan yang terletak di sebelah kiri selalu kurang dari bilangan yang terletak di sebelah kanannya. Karena 3 di sebelah kiri 5, 3 kurang dari 5, dilambangkan dengan 3 < 5. Atau, karena 5 di sebelah kanan 3, 5 lebih dari 3, dilambangkan 5 > 3.

>” artinya lebih dari          < artinya kurang dari           = artinya sama besar

Cara mengurutkan atau membandingkan bilangan bulat :

1.    Jika yang dibandingkan sama-sama positif, maka langsung dapat dibandingkan mana yang lebih besar dan yang lebih kecil.
2.    Jika yang dibandingkan berlawanan tanda, maka bilangan bertanda positif lebih besar dari bilangan yang bertanda negatif (tanpa menghiraukan nilai bilangannya).
3.    Jika yang dibandingkan sama-sama negatif, maka semakin besar bilangannya, nilainya semakin kecil.

SOAL EVALUASI :
1.    Urutkan bilangan bulat berikut dari yang terkecil hingga terbesar.
a. –13, 6, 10, 0,7, 2, 5, 4
b. 6, –4, –8, –10, 0, 2, 1, 4
2.    Urutkan bilangan berikut dari terbesar hingga terkecil.
a. 12,10, 6, 0, –4, 4, 2
b. –7,4, 0, –2, 9, 10, 5
3.    Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar hingga terkecil menggunakan garis bilangannya.
a. –10, 2, 6, 0, 2, 1 , 5
b. 15,3,6, 0, 4, 2, 7
4.    Bandingkan bilangan bulat berikut! Beri tanda < atau > “!
a.  –16 ... 20                          
c. 6 ...6 b.    –23 ... 0                              
d. 6 ... 7

Demikian Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat ini semoga bermanfaat.





Berlangganan via Email