Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Garis bilangan, Bilangan bulat, Bilangan bulat positif dan Bilangan bulat negatif





Mariyadi.com. pada Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Garis bilangan, Bilangan bulat, Bilangan bulat positif dan Bilangan bulat negatif ini saya akan membagikan rangkuman Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Garis bilangan, Bilangan bulat, Bilangan bulat positif dan Bilangan bulat negatif yang merupakan materi matematika kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 yang dapat diunduh dalam bentuk materi matematika kelas 6 sd semester 1 pdf, materi matematika kelas 6 semester 2, matematika kelas 6 bilangan bulat dalam bentuk rangkuman materi matematika kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 lengkap dengan soal matematika kelas 6 pada mata pelajaran matematika kelas 6 2020 yang dapat digunakan sebagai rangkuman materi kelas 6 sd maupun matematika kls 6 MI. Bahan ajar matematika sd pdf berisi materi matematika sd kelas 1-6 kurikulum 2013 mulai dari matematika kelas 6 bab 1, matematika kelas 6 bab 2, matematika kelas 6 bab 3, matematika kelas 6 bab 4, matematika kelas 6 bab 5, matematika kelas 6 bab 6, matematika kelas 6 bab 7 dapat anda unduh melalui label download pada situs ini.

Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Garis bilangan, Bilangan bulat, Bilangan bulat positif dan Bilangan bulat negatif
Adapun rangkuman materi Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Garis bilangan, Bilangan bulat, Bilangan bulat positif dan Bilangan bulat negative ini adalah sebagai berikut:

·      KD. 3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
·      TUJUAN 3.1.1 Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat menjelaskan bilangan bulat negatif pada garis bilangan dengan baik.
·      Model  : Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)
·      Metode : Pengamatan, diskusi, penugasan, dan ceramah.

Garis bilangan adalah suatu gambar garis lurus yang setiap titiknya melambangkan suatu bilangan. Bilangan bulat ditunjukkan dengan lambing titik-titik tertentu yang berjarak sama di sepanjang garis ini.




www.mariyadi.com

Bilangan bulat adalah sebuah bilangan yang terdiri dari Bilangan bulat positif, bilangan nol, dan bilangan bulat negatif.

Bilangan bulat Positif
Bilangan bulat positif adalah bilangan yang bernilai positif dan dimulai dari bilangan satu ke atas dan seterusnya. Contoh bilangan bulat positif adalah 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Contoh : 12 dibaca dua belas

Bilangan bulat negative
Bilangan bulat negatif adalah bilangan yang dimulai dari bilangan negatif satu ke bawah dan seterusnya. Contoh bilangan bulat negatif adalah -1, -2, -3, -4, -5, dan seterusnya. Contoh : -23 dibaca negatif dua puluh tiga

Bilangan 0 (Nol)
Nol bukan bilangan positif atau pun bilangan negatif serta Nol.

SOAL EVALUASI:
1.    Gambarlah garis bilangan bulat yang sesuai dengan pernyataan berikut!
a.    Bilangan bulat yang kurang dari 5 dan lebih dari –1.
b.    Bilangan bulat yang lebih dari –3 dan kurang dari 7.
2.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
a.    –13 dibaca ... .
b.    234 dibaca ... .
c.    ...   dibaca negatif enam ribu dua ratus empat.
d.   ...  dibaca tiga ratus dua ribu empat ratus tiga puluh dua.
3.    Pusat gempa di kota Padang terletak 20 meter di bawah permukaan air laut. Pusat gempa di kota Padang adalah ... meter.
4.    Penyelam berenang pada kedalaman 45 meter di bawah permukaan air laut. Kedalaman penyelam adalah ... meter.
5.    Suhu udara puncak Jayawijaya mencapai 8 derajat Celcius di bawah 0 derajat Celcius. Kalimat di atas dapat ditulis …. derajat Celcius. Dibaca … derajat Celcius.

Demikian Materi Matematika Kelas 6 SD/MI tentang Garis bilangan, Bilangan bulat, Bilangan bulat positif dan Bilangan bulat negative ini semoga bermanfaat.





Berlangganan via Email