Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru





Mariyadi.com Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Sebagai salah satu bentuk Administrasi guru adalah Perangkat Pembelajaran. Salah satu bagian dari perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar di kelas selain Silabus, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), dan perangkat lainnya adalah RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
 
mariyadi.com
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Sebagai salah satu bentuk dari perangkat pembelajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maka pada kesempatan ini saya akan membagikan RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yaitu RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Tema 6 Kurikulum 2013 Revisi 2020. RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Tema 6 Kurikulum 2013 Revisi 2020 ini terkait dengan RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Tema 6 Kurikulum 2013 Revisi 202, RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Tema 7 Kurikulum 2013 Revisi 2020, RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi 2020 dan RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Tema 9 Kurikulum 2013 Revisi 2020.


Bagian RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi Terbaru memuat 3 komponen utama diantaranya:
A.  Tujuan Pembelajaran
Disini guru menyusun dan menentukan tujuan pembelajaran terkait dengan materi yang akan diajarkan.
B.  Kegiatan Pembelajaran
Meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti meliputi sintaks seperti Mengamati, Berdiskusi, Membaca, Berlatih, Merenungkan dan kegiatan penutup
C.  Penilaian (Assesment)
Penilaian /Assesment terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Pratinjau Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020
 Kegiatan Pembiasaan Literasi


Guru menjelaskan tentang manfaat membaca. Guru menjelaskan alasan
untuk mencintai kegiatan membaca. Alternatif alasan misalnya makin
banyak membaca, makin banyak pula pengetahuan dan tempat yang kita
ketahui. Makin beragam bacaannya, makin beragam pula pengalaman
yang akan kita dapatkan.
Guru menekankan bahwa apa yang kita baca akan membuat kita kaya.
Apa yang kita baca akan mengisi diri kita dengan ilmu, menambah jiwa
kita dengan pengetahuan dan membuka wawasan cakrawala seluas
luasnya.

1.    Cerita Rakyat “Burung Tempua dan Burung Puyuh” dari Riau.
»» Siswa diminta untuk membaca bacaan” Burung Tempua dan Burung Puyuh”.
»» Siswa boleh menggarisbawahi tokoh-tokoh yang ia temukan dalam cerita dan informasi-informasi penting yang ia temukan.
»» Siswa mengisi format ulasan cerita yang disediakan.

2.    Cerita “Cindelaras”
Baca dan cermati bacaan yang berjudul “Cindelaras”. Identifikasikan tokoh dan penokohan dari cerita tersebut. Sajikan gagasan utama dari setiap paragraf dalam bentuk peta konsep.
Cindelaras
Jawa Tengah
Cindelaras adalah seorang pemuda yang tinggal bersama ibunya di sebuah hutan terpencil. Jika melihat perawakannya yang gagah dan parasnya yang tampan, rasanya tak pantas dia tinggal di hutan. Dia lebih cocok tinggal di istana. Sebenarnya, Cindelaras memang seorang pangeran. Ayahnya adalah Raden Putra, Raja Kerajaan Jenggala. Namun, ibu Cindelaras merahasiakan hal ini kepada putranya. Meski tinggal di hutan, Cindelaras tak kesepian. Dia bersahabat dengan semua binatang yang ada.
Suatu hari, seekor burung rajawali menghadiahinya sebutir telur ayam. Cindelaras amat senang dan menghangatkan telur itu supaya bisa menetas dengan baik. Selang beberapa minggu, telur itu pun menetas. Dengan sabar, Cindelaras memelihara anak ayamnya. Dia tak pernah lupa memberi makan dan memandikannya. Sekarang, anak ayam itu telah menjadi ayam jantan yang besar dan kuat. Namun, ada yang aneh pada ayam itu. Saat berkokok, ayam itu mengeluarkan suara, ”kukuruyukk... Tuanku Cindelaras, wajahnya tampan rupawan, rumahnya di hutan rimba, ayahnya Raden Putra.” Rupanya ayam jantan ini adalah ayam jantan ajaib! Karena penasaran, Cindelaras bertanya pada ibunya, ”Benarkah Raden Putra adalah ayahku?” Ibunya akhirnya menceritakan kejadian bertahun-tahun yang lalu. Raden Putra mengusir ibu Cindelaras dari istana karena dituduh telah meracuni adik Raden Putra. Saat itu, Raden Putra tak tahu bahwa ibu Cindelaras sedang mengandung.
Mendengar cerita ibunya, Cindelaras bertekad untuk menemui Raden Putra. Setelah menempuh perjalanan jauh, Cindelaras akhirnya sampai di Kerajaan Jenggala. ”Aku ingin mengadu ayamku dengan ayam Raden Putra,” kata Cindelaras pada para pengawal. Raden Putra pun menemui Cindelaras. Saat melihat Cindelaras, Raden Putra terkesiap. Beliau merasa mengenal wajah itu. ”Siapa kau? Berani sekali menantang ayamku. Apa yang akan kau berikan padaku jika ayammu kalah?” tantang Raden Putra. Cindelaras menunduk hormat, “Hamba akan mengabdikan seluruh hidup hamba pada Kerajaan Jenggala.” Raden Putra setuju. Cindelaras pun mengeluarkan si ayam jantan dari keranjang yang dijinjingnya. Begitu keluar, ayam Cindelaras langsung berkokok seperti biasanya. ”Kukuruyukk...tuanku Cindelaras, wajahnya tampan rupawan, rumahnya di hutan rimba, ayahnya Raden Putra.” semua yang ada di situ terkejut. Wajah Raden Putra memucat. “Siapakah dirimu sebenarnya? Mengapa ayam ini berkata bahwa kau adalah putraku?” Cindelaras pun menjelaskan siapa dirinya dan Raden putra terduduk mendengarnya. “Astaga, aku telah menyia-nyiakan anakku sendiri!” sesalnya.





  • Siswa diminta untuk membaca dan mencermati bacaan yang berjudul “Cindelaras”.
  • Siswa mengidentifikasikan tokoh yang ada dalam cerita.
  • Siswa mengidentifikasikan karakterdari masing-masing tokoh berdasarkan bacaan.
  • Siswa kemudian menyajikan kembali cerita tersebut dalam bentuk peta pikiran yang berisi gagasan utama cerita Cindelaras.

3.    Teks bacaan “Raja Mintin” (Cerita rakyat dari Kalimantan Tengah).

  • Siswa diminta untuk membaca bacaan” Raja Mintin”
  • Siswa boleh menggarisbawahi tokoh-tokoh yang ia temukan dalam cerita dan informasi-informasi penting yang ia temukan
  • Siswa mengisi format ulasan cerita yang disediakan

4.    Mencermati infografis “Peduli Lingkungan”.

  • Siswa mencermati infografis tentang peduli lingkungan.
  • Siswa mengidentifikasikan informasiinformasi penting yang bisa ia dapatkan dari infografis tersebut.
  • Berdasarkan informasi yang ia dapatkan tersebut, siswa menuliskan 6 aksi yang akan ia lakukan untuk menjaga lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggalnya.


5.    Bacalah yang berjudul “Kisah Rusa Muda dan Serigala” dan isilah ulasan ceritanya di format yang telah disediakan!

Kisah Rusa Muda dan Serigala
Pada suatu hari kawanan rusa terlihat merumput di padang yang luas dan subur, padang itu terdapat aliran sungai yang airnya segar dan tidak pernah habis walaupun musim kemarau telah tiba. Beberapa hewan pemakan tumbuhan lainnya seperti kerbau, zebra, gajah, serta hewan lainnya berkumpul di padang rumput yang subur tersebut.
Kawanan rusa selalu mengamati tempat mereka dari ancaman kawanan serigala, setiap kali kawanan rusa merumput maka salah satu dari kawanan rusa tersebut mengamati keadaan sekitar. Rusa penjaga akan terus memperhatikan setiap suara dan gerak gerik yang mencurigakan, dan rusa selalu bersiap untuk lari ketika kawanan serigala datang mengancam.
Pada suatu hari dikala mentari bersinar, gumpalan awan tipis menghiasi langit biru. Dan sejuknya tiupan angin membuat suasana di padang rumput itu sangat menyenangkan, kawanan rusa dan binatang lain sedang memakan rumput dengan tenang, lalu salah satu rusa muda mendapatkan tugas pertamanya mengawasi keadaan padang rumput tersebut. Rusa ini memiliki badan yang besar, lincah serta kuat, tapi dia hanya memiliki satu tanduk, karena satu tanduknya patah ketika dia diserang seekor serigala. Ketika itu tanduknya membentur batu hingga patah, namun hal tersebut merupakan kecerobohannya sendiri karena ketika tanda bahaya datang dari rusa yang lain, dia menghiraukannya dan terus makan rumput dengan rakusnya hingga dia lupa dengan bahaya yang mengancam.

  • Siswa diminta untuk membaca bacaan” Kisah Rusa Muda dan Serigala”.
  • Siswa boleh menggarisbawahi tokohtokoh yang ia temukan dalam cerita dan informasi-informasi penting yang ia temukan.
  • Siswa mengisi format ulasan cerita yang disediakan.


Komponen RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang saya bagikan ini terdiri dari RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013
· RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 1
· RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 2
· RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 3
· RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4
· RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 5
· RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 6

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Untuk unduh RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Tema 6 Kurikulum 2013 Revisi 2020 silakan klik tautan dibawah ini:
Demikian artikel saya yang berjudul Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru lengkap dengan link unduh RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Download Juga




Berlangganan via Email