Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 4





Mariyadi.com. Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 4. Salah satu dari muatan postingan saya sebelumnya yang berjudul Kumpulan Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 1 2 3 4 5 6 adalah Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 4. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri PANRB tentang Perubahan Atas Surat edaran Menteri PANRB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah, ASN atau PNS yang bekerja di rumah wajib menyampaikan hasil kerja hariannya setiap bulan, kemudian memberikan posisi atau lokasi dan ada tanggung jawab kepada atasan langsung.
 
www.mariyadi.com
Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 4
Contoh Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 4 ini saya bagikan kepada rekan-rekan sesama ASN yang sedang mencari contoh laporan wfh, laporan wfh guru, laporan, wfh esdm, bitly laporan wfh esdm, laporan wfh sipeg esdm, contoh laporan wfh guru, laporan wfh guru sd, contoh laporan wfh guru sd, laporan wfh dosen, contoh laporan wfh kemenag, laporan kinerja harian guru, contoh surat wfh dari perusahaan, tugas kepala sekolah selama wfh maupun contoh laporan pembelajaran daring covid-19.

Berikut ini adalah Contoh Laporan WFH Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar untuk guru Kelas 4


LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR)
DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19





DISUSUN OLEH :

NAMA                       : www.mariyadi.com
NIP                             : ……..
TEMPAT TUGAS   : SDN Sekarjati 1 Karanganyar
KELAS                      :



SEKOLAH DASAR NEGERI  SEKARJATI 1 KARANGANYAR
KABUPATEN NGAWI
JAWA TIMUR
2020

……………………………………………………………………………..

DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL            
DAFTAR ISI             

A.  Pendahuluan        
B.  Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah       
C.  Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah        
D.  Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
A.   Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Daring
B.   Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Luring       
E.  Sasaran Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
F.   Ruang Lingkup   
1.    Perencanaan    
2.    Pemetaan dan Analisis Kegiatan          
3.    Materi Ajar       
4.    Pelaksanaan Pembelajaran      
5.    Penilaian (Evaluasi)     
G. Hasil Laporan Kegiatan 

LAMPIRAN             

A.  Pendahuluan
Sukses dan keberhasilan dalam belajar mengajar peran guru sangat menunjang dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Untuk memperbaiki strategi belajar, guru perlu menentukan dan membuat perencanaan pengajaran secara seksama.

Apalagi ditengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini dimana guru harus memiliki strategi belajar mengajar, penggunaan metode pengajaran maupun perilaku dan sikap guru dalam mengelola proses belajar mengajar sangat dibutuhkan dalam pembelajaran selama program belajar di rumah. Semua ini dilakukan untuk mempermudah siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2019/2020. 

Telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan; dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana.

Salah satu kewajiban guru selama melaksanakan tugas dinas di rumah/tempat tinggal adalah menyusun Laporan Pembelajaran Jarak Jauh sebagai bukti administratif. Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan guru ini untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat COVID-19.

Dalam rangka pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19 ) melalui penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19 ), dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1.    Belajar dari Rumah selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19 ) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penanganan COVID-19 ; dan
2.    Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh daring dan/atau luring dilaksanakan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum dalam Lampiran Surat Edaran.

Pembelajaran jarak jauh tersebut dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat. Kegiatan pembelajaran secara daring ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran materi kepada peserta didik.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi.

B.  Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19  secara umum bertujuan untuk:
1.    Memastikan pemenuhan hak peserta didik SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19 ;
2.    Melindungi warga satuan pendidikan SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  dari dampak buruk COVID-19 ;
3.    Mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  ; dan
4.    Memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur

Dan pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19  secara khusus bertujuan untuk:

1.    Memberikan wadah bagi peserta didik Kelas 4 SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  untuk dapat mempertajam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..
2.    Memudahkan peserta didik Kelas 4 SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa terbatas ruang dan waktu.
3.    Menyediakan bahan ajar dan aktiItas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan menggunakan artikel terkait materi yang diajarkan.
4.    Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terjadap materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk kuis.

C.  Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
BDR (Belajar Dari Rumah) di SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COID 19), yaitu:
1.    Keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR;
2.    Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum;
3.    BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi COVID-19 ;
4.    Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik;
5.    AktiItas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR;
6.    Hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif; dan
7.    Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua/wali.

D.  Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Dalam pelaksanaan kegiatan BDR SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2 (dua) pendekatan:  pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring)  dan pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring)

1.    Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Daring
Pembelajaran di rumah yang dilakukan secara daring /online menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui group Whatsap dan Aplikasi Google Drive Forms.

2.    Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Luring
Pembelajaran di rumah secara luring dalam masa BDR dapat dilaksanakan melalui:
a.    teleIsi, contohnya Program Belajar dari Rumah melalui TVRI;
b.    radio;
c.    modul belajar mandiri dan lembar kerja;
d.   bahan ajar cetak; dan
e.    alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar.

E.  Sasaran Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Pembelajaran Jarak Jauh ini diterapkan pada semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Saaran pengguna pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah peserta didik Kelas 4  SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  Jumlah target peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah sebanyak 19 peserta didik.

F.   Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut.

1.    Perencanaan
Guru merancang pembelajaran jarak jauh secara daring, meliputi pengembangan materi/bahan ajar dan penyusunan kuis.

2.    Pemetaan dan Analisis Kegiatan
Fungsi pemetaan dan analisis rencana kegiatan pembelajaran Daring adalah untuk menentukan metode dan jenis aplikasi apa yang paling cocok digunakan untuk pembelajaran daring di SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Karena tidak semua jaringan internet memadai di semua siswa SDN Sonorejo.

1.    Materi Ajar
Untuk materi ajar yang kami berikan pada Kelas 4 SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  meliputi :
a.    Penuntasan materi pelajaran tema 8 dan tema 9
b.    Materi persiapan evalauasi / Ujian Online
c.    Materi belajar TVRI
d.   Kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan membantu orang tua
e.    Kegiatan yang berkaitan dengan religius / keagamaan
f.     Kegiatan yang berkaiatan dengan kesehatan

2.    Pelaksanaan Pembelajaran
Guru membagikan materi/bahan ajar dan tugas (kuis) melalui aplikasi pembelajaran kepada peserta didik Kelas 4 SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  dengan target 15 peserta didik. Peserta didik membaca materi dan mengerjakan tugas (kuis) dari rumah dengan alokasi waktu yang disepakati.

3.    Penilaian (Evaluasi)
Guru memberikan nilai dari beberapa foto kegiatan dan penginputan nilai tugas (kuis) dari hasil pekerjaan peserta didik yang dikirimkan melalui email masing-masing.

G. Hasil Laporan Kegiatan
1.    Laporan Pembelajaran Daring tanggal 11 Maret s/d 31 Maret
Berikut ini langkah kegiatan pembelajaran daring untuk tahap awal
Jadwal kegiatan
a.    Hari Senin
·  Pembelajaran materi tema
·  Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah, khususnya sholat shubuh.
b.      Hari Selasa
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan guru
c.       Hari Rabu
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan membantu orang tua dirumah (mencucu, menyapu, dan kegitan yang bersifat membantu orang tua)
d.      Hari Kamis
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan guru
e.       Hari Jumat
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah dan kegiatan baca Al’Quran
f.       Hari Sabtu
·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan olah raga (senam, bulu tangkis atau olah raga yang dilakukan dirumah)

Laporan kegiatan
Tabel 1.1 Kegiatan Harian
NO
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
KET.
1
11 Maret 2020
Ø  Perencanaan Kegiatan Belajar Daring

2
12 Maret 2020
Ø  Pemetaan dan analisis Persiapan kegiatan Daring

3
13 Maret 2020
Ø  Pembentukan Group belajar Whatsap

4
16 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 1
Ø  Dan foto kegiatan

5
17 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 1
Ø  Soal daring dari google forms

6
18 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 1
Ø  Foto kegiatan
Ø  Materi MTK

7
19 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 1
Ø  Soal daring dari google forms

8
20 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 2
Ø  Foto kegiatan

9
21 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 2
Ø  Foto kegiatan olahraga

10
23 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 2
Ø  Pemberian materi MTK

11
24 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 2

12
25 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 3
Ø  Soal google forms

13
26 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 3
Ø  Foto kegiatan

14
27 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 3
Ø  Soal google froms





15
28 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 8 Subtema 3
Ø  Foto kegiatan

16
30 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 1
Ø  Materi MTK
Ø  Foto kegiatan

17
31 Maret 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9  Subtema 1
Ø  Soal google froms


Tabel 1.2 Partisipasi Kegiatan Harian
No
Nama Siswa
Partisipasi Siswa
Tanggal
16
17
18
19
20
21
23
24
26
27
28
30
31
1

V
V
V
V
V
V
V
V

V
V
V
V
2

V
V

V
V
V
V
V
V
V

V
V
3

V
V

V
V
V
V
V




V
4



V
V
V
V
V
V
V
V



5


V

V
V
V
V
V
V
V
V

V
6




V
V
V
V
V
V

V
V

7


V

V
V
V
V
V
V



V
8






V
V
V
V


V

9

V

V
V
V

V
V
V
V


V
10






V
V
V




V
11




V
V
V
V
V
V




12

V
V

V
V
V
V
V

V


V
13

V
V
V


V
V
V
V

V


14



V
V
V

V
V
V
V



15



V


V
V
V




V

Catatan kegiatan :
Selama kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret ada beberapa kendala dan hambatan diantaranya :
a.    Ada beberapa siswa yang belum memiliki HP / Android
b.    Kendala sinyal siswa
c.    Banyak siswa dan orang tua mengeluh mengenai paket internet
d.   Siswa belum terbiasa dengan metode daring / online
Hasil output kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret diantaranya :
a.    Ada beberapa siswa yang antusias dan konsisten terhadap materi yang diberikan
b.    Beberapa orang tua ikut mananyakan perkembangan anak – anaknya
c.    Siswa melaporkan memjadi lebih sering membantu orang tua




2.    Laporan Pembelajaran Daring tanggal 1 April s/d 18 April
Berikut ini langkah kegiatan pembelajaran daring untuk tahap bulan ke-2
Jadwal kegiatan
a.      Hari Senin
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah, khususnya sholat shubuh.
b.      Hari Selasa
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan guru
c.       Hari Rabu
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan membantu orang tua dirumah (mencucu, menyapu, dan kegitan yang bersifat membantu orang tua)
d.      Hari Kamis
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa mengerjakan soal – soal Online yang diberikan guru
e.       Hari Jumat
·         Pembelajaran materi tema
·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan sholat dirumah dan kegiatan baca Al’Quran
f.       Hari Sabtu
·         Setiap siswa menyetor foto kegiatan olah raga (senam, bulu tangkis atau olah raga yang dilakukan dirumah)
g.      Mulai tanggal 13 Mei 2020 dilaksanakan ujian online / daring


Tabel 1.3 Kegiatan Harian
NO
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
KET.
1
1 Mei 2020
Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 1
Ø  Dan foto kegiatan

2
2 Mei 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 2
Ø  Pemberian soal online
Ø  Dan foto kegiatan

3
3 Mei 2020
Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 2
Ø  Dan foto kegiatan

4
4 Mei 2020
Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 2
Ø  Dan foto kegiatan

5
6  Mei 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 2
Ø  Pemberian materi MTK
Ø  Dan foto kegiatan

6
7 Mei 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 3
Ø  Pemberian soal online
Ø  Dan foto kegiatan

7
8 Mei 2020
Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 3
Ø  Dan foto kegiatan

8
9 Mei 2020
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 3
Ø  Pemberian soal online
Ø  Dan foto kegiatan

9
11 Mei 2020
Ø  Melihat tayangan TVRI untuk kelas tinggi
Ø  Memberikan Tugas Belajar Tema 9 Subtema 3
Ø  Dan foto kegiatan

10
13 Mei 2020
Ø  Pemberian Soal Ujian Online Bahasa Indonesia

11
14 Mei 2020
Ø  Pemberian Soal Ujian Online MTK

12
15 Mei 2020
Ø  Pemberian Soal Ujian Online IPA

13
16 Mei 2020
Ø  Pemberian Soal Ujian Online PKN

14
17 Mei 2020
Ø  Pemberian Soal Ujian Online IPS

15
18 Mei 2020
Ø  Pemberian Soal Ujian Online SBK




Tabel 1.4 Partisipasi Kegiatan Harian
No
Nama Siswa
Partisipasi Siswa
Tanggal
1
2
3
4
6
7
8
9
11
13
14
15
16
17
18
1

V
V
V
V
V
V

V

V
V
V
V
V
V
2

V
V
V
V
V

V
V

V
V
V
V
V
V
3

V
V
V






V
V
V
V
V
V
4

V
V
V
V
V



V
V
V
V
V
V
V
5


V
V
V
V




V


V
V
V
V
V
V
6

V
V
V
V
V


V

V
V
V
V
V
V
7


V
V


V



V
V
V
V
V
V
8

V
V
V





V
V
V
V
V
V
V
9


V
V
V
V




V
V
V
V
V
V
10


V
V



V

V
V
V
V
V
V
V
11


V
V
V
V
V



V
V
V
V
V
V
12

V
V
V




V

V
V
V
V
V
V
13

V
V
V
V
V




V
V
V
V
V
V
14

V
V
V


V


V
V
V
V
V
V
V
15


V
V




V

V
V
V
V
V
V

Catatan kegiatan :
Selama kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret ada beberapa kendala dan hambatan diantaranya :
a.    Semua siswa telah memiliki HP / Android
b.    Kendala sinyal siswa
c.    Banyak siswa dan orang tua mengeluh mengenai paket internet
d.   Siswa mulai jenuh dengan metode belajar online
Hasil output kegiatan pembelajaran di rumah bulan Maret diantaranya :
a.    Ada beberapa siswa yang antusias dan konsisten terhadap materi yang diberikan
b.    Beberapa orang tua ikut mananyakan perkembangan anak – anaknya
c.    Siswa melaporkan memjadi lebih sering membantu orang tua
d.   Siswa menjadi banyak tau referensi materi – materi dari situs daring/online

H. Penutup
Demikian Laporan Pembelajaran Jarak Jauh I SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Jawa Timur  dengan Sistem Daring kami susun. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis kepada Kepala Sekolah dan Dinas Terkait atas pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.
LAMPIRAN……

Download Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 4
Untuk Download Download Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 4 dengan pratinjau diatas silakan unduh dengan cara klik tautan dibawah ini:

Demikian contoh Laporan WFH (Work from Home) Guru SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kelas 4 yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.

Baca Selengkapnya