Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KKM K13 SD (Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel)





Mariyadi.com. Apa yang dimaksud dengan kkm? dan Siapa yang menentukan kkm? Itu adalah pertanyaan yang lazim ditanyakan oleh siswa ketika hendak menerima pelajaran. KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan siswa mencapai ketuntasan dalam belajar. Pada Kurikulum 2013, Guru dapat lebih leluasa menentukan nilai KBM / KKM untuk peserta didiknya. Hal tersebut disesuaikan dengan apa yang diketahui oleh guru tentang sejauh mana kemampuan peserta didiknya tersebut dalam menerima pelajaran yang diberikan. Untuk membantu bapak dan ibu guru SD/MI pada kesempatan ini saya akan membagikan KKM K13 SD (Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel) yang mencakup contoh kkm, format kkm, kkm smp, rentang nilai kkm, komponen kkm, aspek kkm, analisis kkm dan bagaimana jika nilai raport di bawah kkm.
 
KKM K13 SD (Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel)
KKM K13 SD (Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel)
Fungsi KKM
Apa tujuan KKM? Sebelum saya membagikan KKM K13 SD (Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel) marilah kita gali lebih lanjut tentang fungsi dari KKM. Menurut Kemdikbud, KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) berfungsi sebagai berikut:
1.    sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pendidik harus memberikan respon yang tepat terhadap pencapaian kompetensi dasar dalam bentuk pemberian layanan remedial atau layanan pengayaan.
2.    sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran;
3.    dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah;
4.    merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat;
5.    merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.




Prosedur Penentuan KKM
Bagaimana cara menghitung KKM? Secara teknis prosedur penentuan KKM dapat dilakukan dengan cara berikut:
1.    Menghitung jumlah KD setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun pelajaran.
2.    Menentukan nilai aspek karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung). Dengan mencari rata-rata 3 aspek tersebut maka akan menjadi KKM KD pengetahuan dan keterampilan. Adapun yang dimaksud dengan 3 aspek tersebut adalah:
a.    Karakteristik Peserta Didik (Intake) • Karakteristik peserta didik (intake) bagi peserta didik baru (kelas 1 SD) melalui hasil tes awal yang dilakukan oleh sekolah, peserta didik baru (kelas VII) antara lain memperhatikan rata-rata nilai rapor SD, nilai ujian sekolah SD, nilai hasil seleksi masuk peserta didik baru di jenjang SMP. • memperhatikan kualitas peserta didik yang dapat diidentikasi antara lain berdasarkan hasil ujian jenjang sebelumnya, atau nilai rapor sebelumnya.
b.    Karakteristik Mata Pelajaran (Kompleksitas) Karakteristik Mata Pelajaran (kompleksitas) adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran, yang dapat ditetapkan antara lain melalui expert judgment guru mata pelajaran melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah, dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD, kedalaman KD, keluasan KD, dan perlu tidaknya pengetahuan prasyarat.
c.    Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung) Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung) meliputi antara lain (1) kompetensi pendidik (misalnya nilai Uji Kompetensi Guru); (2) jumlah peserta didik dalam satu kelas; (3) predikat akreditasi sekolah; dan (4) kelayakan sarana prasarana sekolah.

Contoh KKM K13 SD (Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel) yang saya bagikan pada kesempatan ini lengkap berisi contoh kkm dengan format kkm sesuai kurikulum 2013 denag rentang nilai kkm, komponen kkm, aspek kkm, analisis kkm, nilai kkm sd 2020 disertai dokumen penetapan kkm sd dalam bentuk Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013 yang tinggal diunduh dan diganti dengan data sekolah masing-masing.

Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel
Untuk Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel ini silakan klik unduh sesuai dengan tingkat kelas yang diinginkan:

Demikian KKM K13 SD dalam link Download KKM SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dalam Bentuk Aplikasi KKM Format Excel berisi Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013, Aplikasi KKM SD Kelas 1 Kurikulum 2013 yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.





Berlangganan via Email