Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambaran Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Sekarjati 1 Karanganyar pada Era New Normal





Mariyadi.com. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa beberapa bulan terakhir seluruh sekolah di Indonesia diberlakukan kegiatan belajar dirumah. Hal tersebut sesuai dengan arahan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk meminimalisir adanya kontak fisik dan kerumunan diantara peserta didik untuk menghindari penularan Coronavirus disease atau Covid-19. Tentunya tindakan belajar dirumah ini adalah tindakan terbaik untuk menyelamatkan peserta didik kita di masa pandemic ini. Gambaran Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Sekarjati 1 Karanganyar pada Era New Normal ini baru sebatas rencana. Untuk pelaksanaan menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi.
www.mariyadi.com
Gambaran Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Sekarjati 1 Karanganyar pada Era New Normal

Jika kita telaah lebih mendalam kami menyadari pastinya hal ini tidak dapat dilakukan dalam waktu yang lama, mengingat akan kebermaknaan belajar mengajar itu terletak antara interaksi antara guru dan siswa. Dari survey berdasarkan pesan yang masuk ke bapak dan ibu guru baik dari siswa maupun orang tua siswa tenyata banyak siswa kita yang merindukan suasana sekolah, merindukan bertemu dengan teman-temannya di sekolah, merindukan mengikuti upacara bendera, bersenda gurau, menerima pelajaran dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan bapak dan ibu guru. Rasanya begitu hampa mengajar tapi tanpa tatap muka, sehari hari hanya berada di depan laptop sambil memainkan ponsel untuk membuat soal, kirim soal dan menerima feedback pekerjaan siswa secara daring. Bapak dan ibu guru juga merindukan suasana kegiatan belajar mengajar di dalam kelas secara kondusif, menerima aduan siswa akan kenakalan siswa lainnya, menjelaskan pelajaran dengan diperhatikan secara seksama oleh seluruh siswanya, menerima laporan nilai perolehan siswa akan keberhasilan belajarnya dan masih banyak lagi.

Namun mau dikata apa. Kesehatan dan keselamatan adalah yang utama. Memang ini ujian yang tidak ringan. Kita harus senantiasa menerima takdir ini demi kebaikan bersama. Hanyalah doa yang dapat kita panjatkan supaya cobaan ini segera berlalu. Kita ambil sisi positifnya saja, mungkin dengan ujian seperti ini kita kelak akan naik kelas dan lulus ujian. Karena pada dasarnya taka da tingkatan diraih jika kita tidak menjalani ujian dan cobaan.

Di media santer diberitakan bahwa sekolah akan segera dibuka pada pertengahan bulan juli nanti. Rencana akan dibukanya kembali sekolah oleh pemerintah pada tahun ajaran baru pada bulan juli nanti bukan berarti Negara kita sudah terbebas dari pandemic coronavirus disease ini. Maka dari itu, begitu sekolah dibuka kita (guru, siswa, orang tua siswa) tetap harus melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan menerapkan protocol kesehatan.


Sambil menunggu mekanisme dan ketentuan dari pemerintah terkait kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan kembagi berlaku dibulan juli nanti pada kesempatan ini saya akan memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar atau gambaran Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Sekarjati 1 Karanganyar pada Era New Normal yang akan kami terapkan jika ternyata pemerintah tidak menentukan peraturan lanjutan.




Berikut adalah Gambaran Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Sekarjati 1 Karanganyar pada Era New Normal.
Plan A
1.    Sekolah buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-13.00
2.    Guru kelas 1 2 3 4 5 6 dan Kepala Sekolah masuk setiap hari
3.    Siswa masuk setiap hari sesuai sesi yang ditentukan (jika dalam satu kelas terdapat lebih dari 10 siswa).
4.    Siswa masuk secara bergilir masing-masing memiliki durasi belajar di sekolah selama 2,5 jam dan dibagi kedalam 2 sesi.
a.    Sesi pertama adalah jam 07.00-09.30
b.    Sesi kedua adalah jam 09.30-12.00 (hari jum’at menyesuaikan).
5.    Guru, siswa dan orang tua siswa tetap mematuhi protocol kesehatan.
6.    Tidak ada jam istirahat yang memungkinkan adanya kerumunan.
7.    Sekolah di desain / dilengkapi property mengacu pada protocol kesehatan.
8.    Aturan lain menyusul.

Plan B
1.    Sekolah buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-13.00
2.    Guru kelas 1 2 3 4 5 6 dan Kepala Sekolah masuk setiap hari
3.    Siswa masuk 2 hari sekali denga jadwal yang ditentukan. Misalnya
a.    Senin : (kelas 1, 3, 5)
b.    Selasa : (kelas 2, 4, 6)
c.    Rabu : (kelas 1, 3, 5)
d.   Kamis : (kelas 2, 4, 6)
e.    Jumat : (kelas 1, 3, 5)
f.     Sabtu : (kelas 2, 4, 6)
4.    Siswa masuk secara bersamaan pada tiap tingkatan kelasnya namun menempati ruangan yang berbeda (untuk siswa yang berjumlah lebih dari 10 siswa). Misalkan kelas 2 berjumlah 16 anak, 8 anak dimasukkan di ruang kelas 1 dan sisanya dimasukkan di ruang kelas 2. Begitu juga seterusnya.
5.    Guru kelas dapat mengerjakan secara parallel dan team teaching untuk mengkondisikan siswa.
6.    Durasi jam belajar pada plan B ini adalah selama 4 jam. Mulai pukul 07.00-11.00
7.    Tidak ada jam istirahat yang memungkinkan adanya kerumunan.
8.    Guru, siswa dan orang tua siswa tetap mematuhi protocol kesehatan.
9.    Sekolah di desain / dilengkapi property mengacu pada protocol kesehatan.
10.    Aturan lain menyusul.

Demikian Gambaran Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Sekarjati 1 Karanganyar pada Era New Normal yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.




Berlangganan via Email