Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020





Mariyadi.com. Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020. Salah satu bentuk Administrasi guru dalam melakukan pembelajaran adalah Perangkat Pembelajaran. Salah satu bagian dari perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar di kelas selain Silabus, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), dan perangkat lainnya adalah RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai rambu-rambu teknis pengajaran di kelasnya.
 
www.mariyadi.com
Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Sebagai salah satu bentuk dari perangkat pembelajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maka pada kesempatan ini saya akan membagikan RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 yaitu RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020. RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 ini terdiri dari RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2020, RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020, RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2020 dan RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020.

Bagian RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020
Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020 memuat 3 komponen utama diantaranya:
A.  Tujuan Pembelajaran
Disini guru menyusun dan menentukan tujuan pembelajaran terkait dengan materi yang akan diajarkan.
B.  Kegiatan Pembelajaran
Meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti meliputi sintaks seperti Mengamati, Berdiskusi, Membaca, Berlatih, Merenungkan dan kegiatan penutup
C.  Penilaian (Assesment)
Penilaian /Assesment terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.

Berikut adalah Contoh Format RPP 1 Lembar sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019.  Pada pembelajaran di Kelas 3 SD/MI Semester 1 ada 4 Tema yang harus diselesaikan yaitu Tema 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Tema 2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Tema 3. Benda di Sekitarku, dan Tema 4. Kewajiban dan Hakku. Masing-masing tema terdiri dari 4 Sub Tema, dan masing-masing Sub Tema terdiri dari 6 pembelajaran.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan      : SDN Sekarjati 1 Karanganyar Kab. Ngawi 
Kelas / Semester        :  3 /1
Tema                           :  Benda di Sekitarku (Tema 3)
Sub Tema                   :  Aneka Benda di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke        :  3
Alokasi waktu             :  1 hari

A.   TUJUAN
1.   Dengan membaca teks mengenai benda yang terbuat dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks dengan tepat.
2.   Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan tepat.
3.   Dengan kegiatan berdiskusi dalam kelompok, siswa dapat memaparkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan dengan terstruktur.
4.   Dengan mencari arti kata dari kosakata yang diberikan, siswa dapat memahami arti kata baru dengan tepat.
5.   Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.
6.   Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.
7.   Dengan melakukan praktik pengukuran tinggi badan teman, siswa dapat melakukan pengukuran dengan satuan yang tepat.


B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit

Ayo Mengamati
·         Siswa diberi kesempatan untuk memberikan contoh-contoh benda yang terbuat dari kertas
·         Siswa membaca wacana di Buku Siswa yang berjudul Kertas di Sekitar Kita.
·         Siswa diberi kesempatan memberikan pertanyaan jika ada hal yang tidak dipahami kepada guru.
·         Siswa diminta untuk menandai kata-kata yang kurang dipahami pada wacana tersebut.
·         Siswa diminta untuk mengamati benda-benda di sekitar mereka dan mendata benda-benda di sekitar mereka yang terbuat dari kertas.

Ayo Berdiskusi
·         Kegiatan dilanjutkan dengan guru mengarahkan siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa tentang bagaimana cara menghemat kertas?
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara pembuatan kertas memerlukan banyak kayu, sehingga penebangan terus menerus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kertas di dunia.
·         Siswa berdiskusi dalam kelompok tentang upaya menghemat kertas. Setiap siswa harus memberikan pendapatnya masing-masing.
·         Setelah itu siswa menuliskan hasil diskusi pada kotak yang telah disediakan di Buku Siswa.
·         Siswa diingatkan untuk memerhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca.
(Critical Thinking and Problem Formulation)


Ayo Mencoba
·         Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi benda terbuat dari kertas.
·         Siswa mendiskusikan pertanyaan yang muncul, mengajak siswa lain memberikan pendapatnya.
·         Siswa menuliskan kata-kata yang baru dikenalnya di Buku Siswa. (Mandiri)
·         Siswa mencari arti dari kata-kata tersebut, dapat mencarinya melalui kamus.
·         Setelah itu siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata tersebut
(Creativity and Innovation)

Ayo Bernyanyi
·         Setelah itu kegiatan beralih kepada kegiatan bermusik. Bersama-sama menyanyikan lagu Teka-Teki.
·         Setelah itu siswa mengingat kembali, alat musik apa yang biasa digunakan untuk mengiringi lagu, khususnya alat musik ritmis.
·         Siswa membentuk kelompok (kelompok yang sama dengan pembelajaran sebelumnya). Dalam kelompok siswa berlatih untuk mengiringi lagu Teka-Teki dengan tepukan mengikuti pola irama lagu. Setiap kelompok menggunakan media yang sama dengan pertemuan sebelumnya.
·         Setelah diberi kesempatan latihan, setiap kelompok maju ke depan kelas untuk mempraktikkan mengiringi lagu dengan alat musik ritmis/tepukan sesuai pola irama lagu.
·         Setelah itu semua siswa bernyanyi bersama lagu teka-teki dengan diiringi tepukan pola irama lagu.
(Creativity and Innovation)

Ayo Berdiskusi
·         Selanjutnya, siswa diminta untuk mengamati pohon di sekeliling sekolah. Sampaikah apakah siswa mengenali jenis pohon yang ditampilkan di buku? Apakah siswa pernah melihat pohon tersebut sebelumnya?
·         Sampaikan informasi bahwa pohon-pohon tersebut adalah pohon yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan kertas, yaitu Pohon Pinus, Akasia, dan Pohon Jati. Berdasarkan gambar, pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana mengukur tinggi batang batang pohon tersebut?
·         Siswa mengemukakan beberapa alternarif jawabannya.
·         Siswa memerhatikan alat ukur yang ada di Buku Siswa. Memilih mana yang paling tepat untuk mengukur batang pohon.
·         Siswa mengerjakan tugas di Buku Siswa, tentang alat ukur apa yang paling cocok untuk mengukur benda yang dimaksud.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Mencoba
·         Setelah menyelesaikan tugas memilih alat ukur yang cocok, siswa diminta untuk berkelompok, satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
·         Siswa diminta untuk mengukur tinggi badan dari setiap anggota kelompoknya, siswa dalam kelompok harus berkesempatan untuk mengukur tinggi badan temannya.
·         Hasil dari pengukuran dituliskan pada kolom yang tersedia.
·         Setelah selesai pengukuran, siswa mengurutkan ukuran tinggi badan mulai dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah.

Kegiatan
Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
    15
    menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



…………….
NIP. …………………………..
……….., Juli 2020
Guru Kelas 3 



……………..
NIP. ……………………….



LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.    Penilaian Sikap
Penilaian sikap sesuai dengan petunjuk pemakaian Buku Guru.
2.    Penilaian Pengetahuan
1.    Latihan soal mencari arti kata.
Banyak arti kata yang dicari: 10
Benar semua (jumlah benar/10 x 100) = 100
2.    Membuat kalimat dari kata baru.
Banyak isian: 5
Benar semua (jumlah benar/5 x 100) = 100
3.    Latihan mengidentifikasi satuan panjang dan alat ukur.
Penilaian Keterampilan
1.    Rubrik menulis hasil diskusi “Cara Penghematan Kertas”.
  No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian isi.
Termuat lebih
dari 4 saran
melakukan
penghematan
kertas.
Termuat 3-4
saran mela  kukan
penghe  matan
kertas.
Termuat 1-2
saran melaku  kan
penghe  matan
kertas.
Tidak termuat saran
melaku  kan penghe-
matan kertas.
2
Penggunaan
huruf besar
dan tanda
baca.
Mengguna  kan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama orang,
serta mengguna-
kan tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
mengguna  kan
huruf besar dan
tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam mengguna  kan huruf besar dan
tanda titik.
Tidak satupun
kalimat yang
menggunakan huruf besar dan tanda titik.
3
Penggunaan
kalimat
efektif.
Semua kata
mengguna  kan
kalimat yang
efektif.
Terdapat 1-2
kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif.
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kali  mat
kurang efektif.
semua kalimat
menggunakan
kalimat kurang
efektif.

2.    Rubrik mempraktikkan pukulan pola irama.
  No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan
gerakan me-
mukul meja
dan bertepuk
tangan.
Konsisten dalam
pergantian.
Cukup konsisten,
lebih banyak
gerakan yang
benar.
Cukup
konsisten,
lebih banyak
kegiatan tertukar
Tidak konsisten
dalam pergantian.
2
Kestabilan
tempo irama
enam.
Tempo kon-
sisten dan stabil (tempo tetap tidak berubah se-
panjang lagu).
Tempo stabil
(tempo tetap/
tidak berubah
sepanjang
waktu).
Tempo kurang stabil (tempo agak berubah di
beberapa bagian lagu).
Tempo tidak stabil (tempo berubah-ubah sepanjang
lagu).

3.    Daftar periksa mengukur tinggi badan.
No
Nama Siswa
Kemampuan memilih
alat ukur yang tepat
Kemampuan
menggunakan alat
ukur
Kemampuan
mengurutkan tinggi
badan berdasarkan
ukuran
T
T
T
BT
BT
BT
1







2







3







4







5









C.   SUMBER DAN  MEDIA
1.    Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 3  (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.    Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 3
3.    Alat musik ritmis


Refleksi Guru

Prinsip RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Sesuai Surat Edaran Mendikbud  Nadiem Makarim  No 14 Tahun 2019, maka RPP satu Halaman/Lembar Kelas 3 Semester 1 ini bertujuan agar  para Guru dapat memilih Kompetensi Dasar (KD) dan muatan mata pelajaran. RPP satu lembar  disusun dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid karena mengacu pada Silabus.
Dalam Surat Edaran Mendikbud tersebut penyusunan RPP  Revisi 2020 memiliki  empat prinsip Yaitu :
1.    RPP yang dibuat guru / pendidik harus berprinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid.
2.    Peraturan Menteri Pendidikan No 22 Tahun 2016 standar Penyusunan RPP ada 13 komponen,  sekarang disederhanakan menjadi tiga poin pokok yaitu tujuan Pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan Assesment / penilaian.
3.    Semua kelompok  kerja guru seperti KKG, MGMP dan lain-lain  diberi kebebasan memilih, membuat dan menyusun RPP  sesuai dengan kebutuhan.
4.    Untuk RPP yang telah dibuat sebelumnya masih bisa dipakai atau disesuiakan dengan kondisi satuan pendidikan.

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Untuk unduh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 silakan klik tautan dibawah ini:

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 (TEMA 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup)
SUB TEMA 1. Ciri-ciri Makhluk Hidup

SUB TEMA 2. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

SUB TEMA 3. Pertumbuhan Hewan 
Sub Tema 3 Pembelajaran 1




SUB TEMA 4. Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 (TEMA 2: Menyayangi Tumbuhan dan Hewan)
SUB TEMA 1. Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

SUB TEMA 2. Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia

SUB TEMA 3. Menyayangi Tumbuhan

SUB TEMA 4. Menyayangi Hewan

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 (TEMA 3: Benda di Sekitarku)
SUB TEMA 1. Aneka Benda di Sekitarku

SUB TEMA 2. Wujud Benda





SUB TEMA 3. Perubahan Wujud Benda

SUB TEMA 4. Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 (TEMA 4: Kewajiban dan Hakku)
SUB TEMA 1. Kewajiban dan Hakku di Rumah

SUB TEMA 2. Kewajiban dan Hakku di Sekolah

SUB TEMA 3. Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

SUB TEMA 4. Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Demikian artikel saya yang berjudul Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 lengkap dengan link unduh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 yang terdiri dari Contoh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2020, Contoh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020, Contoh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2020, Contoh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020. Semoga bermanfaat.




Berlangganan via Email